Doa Sujud Sahwi Beserta Tata Cara Mengerjakannya

Doa Sujud Sahwi – Salah satu sifat manusia adalah Lupa. Ini menjadi sebuah sifat yang memang sudah begitu melekat pada manusia di muka bumi ini. Bahkan dalam segala aktifitas yang kita lakukan setiap saat, mungkin ada saja hal yang lupa atau terlewat sehingga membuat aktifitas tersebut sedikit terganggu. Dan hal tersebut juga tidak bisa kita hindari ketika kita sedang melakukan shalat sekalipun yang mana merupakan sebuah kegitan wajib yang harus di lakukan setiap umat muslim yang sudah baligh dan berakal.

Untuk hal tersebut, dalam islam kita kenal yang namanya Sujud Sahwi bukan? yang dimana sujud yang umumnya di lakukan dua kali setelah tasyahud akhir karena kita lupa tidak mengerjakan salah satu rukun sholat ataupun sunahnya ini merupakan sebuah penebusan kesalahan yang sudah kita lakukan ketika sedang malaksanakan shalat wajib ataupun shalat sunnah yang banyak di ajarkan oleh para pendahulu kita seperti shalat gerhana atau juga shalat tarawih.

Sama seperti sujud dalam sholat wajib atau sholat sunnah, kita juga harus membaca doa sujud sahwi agar apa yang akan kita lakukan ini bisa di terima oleh Allah SWT. Lalu sudahkah anda tahu seperti apa bacaan doa sujud sahwi ini dan bagaimana cara melakukannya? Untuk anda yang memang belum tahu atau belum hafal, tenang saja karena di kesempatan kali ini akan kita bagikan secara lengkap bagaimana bacaan doa sujud sahwi ini lengkap dengan tata cara mengerjakannya.

Dalam pelaksanannya sendiri melakukan sujud sahwi ini dapat di lakukan kapan saja selama masih dalam proses sholat yang mana apabila anda teringat ketika sebelum salam maka sebaiknya sujud sahwi dilaksanakan sebelum salam, namun apabila anda teringat setengah salam maka sujud sahwi dilaksanakan setelah salam tersebut. Diajarkannya sujud sahwi ini tentu saja memberikan toleransi pada setiap umat muslim karena sebenarnya islam tidak memberatkan kepada umatnya mengulangi sholatnya secara total, tetapi cukup anda lakukan sujud sahwi ini.

Baca :  Doa Sahur dan Buka Puasa Ramadhan Beserta Artinya

Bacaan Doa Sujud Sahwi dan Tata Cara Mengerjakannya

Tata Cara dan Doa Sujud Sahwi

Tata Cara dan Doa Sujud Sahwi

Namun sebelum melangkah pada hal yang akan kita bahas seperti diatas kami sampaikan. Mungkin perlu juga untuk anda ketahui bahwa ada beberapa sebab yang membuat anda harus mengerjakan sujud sahwi ini. Apa saja itu? silahkan anda simak berikut penjelasan lengkap tentang sebab mengerjakan sujud sahwi dan juga bacaan doa sujud sahwi itu sendiri.

Sebab-Sebab Sujud Sahwi Dikerjakan

  1. Disaat lupa membaca tasyahud awal
  2. Disaat lupa melaksanakan duduk tasyahud awal
  3. Disaat lupa membaca syalawat dalam tasyahud awal
  4. Apabila kita melakukan salam sebelum sempurna shalat kita
  5. Disaat lupa membaca doa Qunut (seperti pendapat dari madzhab Syafi’iyah)
  6. Disaat kita meyakini jumlah rakaat shalat yang kita kerjakan itu ternyata kurang
  7. Disaat lupa salah satu rukun shalat dan teringat sebelum mengerjakan rukun seperti itu pada rakaat berikutnya
  8. Terakhir ketika ada seseorang yang memberi tahu bahwa shalat yang sudah kita kerjakan ada yang kurang atau ada yang terlupa
  9. Ketika lupa mengerjakan salah satu rukun shalat dan ingatnya pada saat atau setelah mengerjakan rukun yang sama pada rakaat shalat

Bacaan Doa Sujud Sahwi

Arab :

Bacan Doa Sujud Sahwi

Latin :

SUBHAANA MAL-LAA YANAAMU WA-LAA YASHUU

Artinya :

Mahasuci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa

Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi

Setelah anda mengetahui bacaan doa sujud sahwi seperti kami tulis diatas, mungkin perlu juga untuk anda ketahui bagaimana cara mengerjakan sujud sahwi tersebut bukan. Untuk itu berikut kami sampaikan secara lengkap panduan cara melakukan sujud sahwi yang perlu untuk anda ikuti agar sesuai dengan anjuran yang sudah ada.

  1. Pertama dalam pelaksanannya sujud sahwi ini sama seperti sujud pada umumnya
  2. Dilakukan sebanyak dua kali yang harus anda pisah dengan duduk sejenak atau duduk diantara dua sujud
  3. Disunnahkan untuk selalu membaca takbir disaat setiap kali turun sujud atau bangkit dari sujud
  4. Lakukan salam dan tidak diiringi dengan tasyahud
Baca :  Doa Ketika Menjenguk Orang Sakit, Adab & Anjurannya

Dan itulah kiranya info yang bisa kami sampaikan untuk kesempatan kali ini mengenai tata cara sujud sahwi dan juga bacaan doa sujud sahwi yang harus anda hafalkan. Dengan anda mengetahui hal tersebut, tentu saja anda kini sudah tidak lagi perlu melakukan sholat ulang mulai dari rakaat pertama jika memang anda merasa bahwa ada yang salah atau kurang ataupun ada yang mengingatkan anda bahwa shalat yang anda lakukan ada yang kurang.