Doa Sayyidul Istighfar Lengkap : Arab, Latin dan Artinya

Doa Sayyidul Istighfar – Menjadi seorang muslim tentunya membaca ataupun mengucapkan kalimat istighfar sudah merupakan hal yang baik. Bahkan mengucapkan bacaan istighfar sendiri bisa dilakukan setiap mulsim tidak hanya saat mereka ingin memohon ampunan dari Allah.

Melainkan juga bisa di ucapkan disaat kita sedang melakukan komunikasi dengan saudara muslim kita yang lain, atau ketika terjadi sesuatu disaat mengerjakan pekerjaan. Bahkan ketika anda mendapati sebuah ajakan atau perbuatan yang tidak baik. Anda pun bisa mengucapkan bacaan istighfar baik didalam hati ataupun dengan suara.

Tidak hanya sampai disitu, dengan melafadzkan bacaan doa sayyidul Istighfar, kita juga bisa selalu dalam lindungan Allah SWT. Hal tersebut karena setiap langkah perbuatan yang akan kita lakukan baik itu benar atau tidak kita masih terus mengingat Allah SWT.

Oleh karena itu, menghafal atau mengerti bacaan doa Sayyidul Istighfar atau Penghantar Istighfar amat sangat perlu. Terlebih lagi, doa ini juga memiliki cakupan yang cukup banyak mengenai makna taubat kepada Allah SWT dan juga merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Terlengkap

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

 

Selain itu Rasulullah SAW memberi nama “Sayyidul Istighfar” juga karena adanya sebuah alasan. Yang mana alasan utama beliau adalah karena doa ini melebihi dari seluruh bentuk doa istighfar didalam hal keutamaan yang dilakukan setiap muslim di seluruh dunia.

Bahkan doa ini juga memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi. Tidak heran apabila banyak sekali orang yang mungkin belum menghafal atau belum memahami makna dari bacaan doa ini mencari-cari informasi di internet. Oleh karena itu tidak ada salahnya kali ini niatpuasa.com membagikan secara rinci doa ini dalam bahasa arab, latin serta artinya.

Baca :  13 Adab Bertetangga Menurut Islam yang Dianjurkan

Bacaan Sayyidul Istighfar Arab

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Arab

Bacaan Sayyidul Istighfar Latin

ALLAHUMMA ANTA RABBII LAA ILAAHA ILLAA ANTA KHALAQTNII WA ANNA ‘ABDUKA WA ANAA ‘ALAA ‘AHDIKA WA WA’DIKA. MASTATHA’TU A’UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHANA’TU ABUU U LAKA BINI’ MATIKA ‘ALAYYA WA ABUU-UBIDZANBII FAGHFIR LII FA INNAHU LAA YAGFIRUDZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Artinya

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu”

“Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku, Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat”

“Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

Silahkan anda hafalkan atau anda pelajari doa diatas agar anda bisa mengamalkannya secara terus menerus. Adapun makna utama dari sayyid sendiri adalah orang yang mempunyai kebaikan serta mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dibadingkan dengan orang di kalangan mereka.

Dengan penjelasan diatas, secara tegas bisa di katakan bahwa doa Sayyidul Istighfar merupakan bacaan yang memiliki kedudukan paling tinggi sama seperti ketua ataupun terdepan dari semua istighfar. Atau bisa di sebut juga dengan istighfar yang paling, paling dan paling utama.