Doa Ketika Turun Hujan Arab, Latin & Artinya : Keutamaan dan Manfaat

Doa Ketika Turun Hujan –  Hujan yang turun merupakan sebuah anugerah yang melimpah dari Allah SWT. Maka sudah menjadi hal wajar jika ketika turun hujan, kita wajib untuk bersyukur. Tidak lupa juga membaca doa ketika turun hujan, agar hujan ini menjadi berkah dalam kehidupan kita sebagai umat manusia.

Nabi Muhammad SAW sangat bergembira sekali ketika turun hujan. Karena datangnya hujan berarti datangnya berkah dari Allah SWT. Pada suatu masa, saat Nabi Muhammad SAW kehujanan, maka beliau menyingkapkan baju beliau sampai terkena air hujan. Ketika itu para sabahat bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, mengapa engkau melakukan hal demikian ?”.

Lalu Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebab, hujan baru saja diciptakan oleh Allah SWT” (HR. Muslim). Selain di sunnahkan untuk bertabarruk atau mengambil berkah ketika hujan. Kita juga disunnahkan untuk membaca doa ketika turun hujan.

Dimana Nabi Muhammad SAW sudah mengajarkan kita bagaimana doa ketika turun hujan. Untuk lebih jelasnya mengenai doa ketika turun hujan sesuai sunnah. Silahkan anda simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Doa Ketika Turun Hujan Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Doa Ketika Turun Hujan Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Tujuan kita mengucapkan doa ketika turun hujan adalah untuk meminta kepada Allah SWT. Supaya kita diberikan manfaat terhadap hujan yang turun. Dan bisa menggembirakan serta memberikan berkah kepada semua makhluk-makhluk yang ada di bumi. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan kita untuk berdoa ketika terjadi gempa bumi.

Doa Ketika Turun Hujan

Doa Ketika Turun Hujan

Latin : Allahumma shoyyibian naafi’an

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan yang bermanfaat.” (HR.Bukhari).

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Latin : Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.(HR. Bukhari no. 1014)

Doa Setelah Turun Hujan

Doa Setelah Turun Hujan

Latin : Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih

Artinya : Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah

Hadistnya : “Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan ’Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih’ (Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), makadialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan ‘Muthirna binnau kadza wa kadza’ (Kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari no. 846 dan Muslim no. 71).

Keutamaan dan Manfaat Saat Turun Hujan

1. Bersyukur atas nikmat saat turunnya hujan

2. Jangan mencela hujan

3. Berdoa ketika hujan dan setelah hujan

4. Berwudhu dengan air hujan

5. Mengambil berkah dari air hujan

Dalam beberapa riwayah hadist shahih, ketika turun hujan maka waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk meminta kepada Allah SWT. Karena saat hujan turun maka saat itulah waktu yang mustajab untuk berdoa. Jadi jika turun hujan, anda manfaatkanlah waktu tersebut untuk berdoa dan melakukan dzikir kepada Allah SWT.

Demikian informasi mengenai doa ketika turun hujan yang lengkap dengan doa setelah turun hujan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW. Semoga informasi yang kami beritahukan disini bermanfaat dan silahkan amalkan doa yang kami informasikan diatas.

Baca :  Doa Puasa Ramadhan Hari Ke 8 Serta Keutamaannya