Berapa Besarnya Zakat Fitrah yang Harus Dibayar?

Besarnya Zakat Fitrah – Bagi kita semua umat muslim pastinya sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan zakat dan juga berapa besarnya zakat fitrah yang harus dibayarkan. Zakat sendiri terbagi menjadi 2, yakni zakat fitrah dan juga zakat mal, akan tetapi yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah mengenai zakat fitrah. Zakat fitrah sendiri memiliki pengertian zakat yang dikeluarkan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan dan juga hari raya idul fitri, yang wajib dibayarkan oleh orang Islam kepada sesama muslim baik anak kecil, dewasa, lelaki atau perempuan, miskin atau kaya dan juga merdeka atau hamba sahaya.

Membayar zakat termasuk dalam rukun Islam yang keempat, dan salah satu zakat yang wajib dibayarkan sebagai seorang muslim adalah zakat fitrah di bulan suci Ramadhan seperti yang sempat kita singgung di paragraf atas. Membayar zakat fitrah ini dimaksudkan untuk membantu mereka yang kurang mampu, selain itu zakat fitrah yang wajib dibayarkan oleh indvidu memiliki filosofi agar kita nantinya menjadi bersih/suci seperti pertama kali kita lahir ke dunia. Zakat fitrah juga sering dinamakan dengan Zakat Al-Abdan dan Ar-Ru’us (Zakat badan dan Kepala).

Berapa Besarnya Zakat Fitrah yang Harus Dibayar

Berapa Besarnya Zakat Fitrah yang Harus Dibayar

Berapa Besarnya Zakat Fitrah yang Harus Dibayar

Disamping itu Zakat fitrah juga dapat menjadi penyempurna dari puasa di bulan puasa Ramadhan, maka dari itu jangan sesekali kita melewatkan kewajiban yang satu ini. Kalian juga perlu mengetahui beberapa syarat dan ketentuan membayar zakat hingga siapa saja yang berhak menerima zakat. Untuk lebih lengkapnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai berapa besarnya Zakat Fitrah yang barus dibayar oleh setiap umat muslim di dunia. Daripada penasaran yuk kita simak berikut ini.

Baca :  Cara Menghitung Zakat Mal yang Benar dan Contohnya

1. Syarat Wajib/Utama untuk Membayar Zakat Fitrah

Tidak setiap orang harus membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan dan juga tidak setiap zakat dapat dibayarkan. Dibawah ini ada beberapa syarat tertentu yang wajib dipenuhi untuk kita dapat membayar zakat fitrah:

  • Beragama Islam
  • Memiliki harta lebih untuk diri sendiri dan juga keluarga
  • Yang wajib dibayarkan zakat fitrahnya adalah semua anggota keluarga dan juga orang-orang yang telah menjadi tanggungan anda
  • Bayi yang lahir sebelum waktu maghrib pada tanggal 1 syawal dan istri yang dinikahi sebelum maghrib tanggal 1 syawal sudah wajib dibayarkan zakatnya

2. Berapa Besar Zakat Fitrah yang Harus Dibayarkan?

Zakat fitrah memang memiliki ketentuan yang harus kita patuhi seperti dengan mengetahui berapa besar zakat fitrah yang harus dibayarkan. Dan zakat fitrah yang harus dibayarkan oleh umat muslim adalah 3,2 liter atau 2,5 kg. Zakat itu dapat berupa bahan makanan pokok sesuai dengan daerah tempat anda tinggal, seperti contohnya beras, gandum, tepung dan juga kurma.

3. Waktu untuk Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat juga memiliki aturan dalam waktu, dimana ada waktu-waktu yang telah ditentukan dalam melakukan pembayaran zakat fitrah. Jika kalian membayar zakat diluar dari waktu yang telah ditetapkan maka zakat yang telah dibayarkan akan dianggap shodaqoh biasa, bukanlah zakat fitrah. Nah ketentuan waktu untuk membayar zakat fitrah adalah sebagai berikut:

  • Dari awal bulan ramadhan hingga akhir bulan ramadhan ketika malam takbir
  • Zakat fitrah juga dapat dibayar setelah shalat subuh sebelum shalat idul fitri, akan tetapi hukumnya sunnah
  • Dan jika dibayarkan setelah shalat idul fitri hukumnya makruh
  • Dan haram hukumnya jika zakat fitrah dibayarkan pada saat hari raya idul fitri ketika matahari sudah terbenam
Baca :  3 Syarat Wajib Zakat Fitrah yang Wajib di Ketahui

4. Orang yang Wajib Menerima Zakat Fitrah

Orang yang Wajib Menerima Zakat Fitrah

Orang yang Wajib Menerima Zakat Fitrah

Ada 8 golongan yang berhak mendapat atau menerima zakat fitrah, dimana 8 golongan tersebut adalah fakir, miskin, amil zakat, muallaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan yang terakhir adalah ibnu sabil. Namun zakat fitrah lebih diutamakan dan diberikan pada dua golongan utama, yakni fakir dan miskin. Hal ini karena golongan fakir dan miskin dianggap golongan yang sangat tidak mampu sehingga dengan mereka menerima zakat fitrah mereka nantinya dapat ikut serta merayakan hari raya idul fitri.

5. Sangsi Bagi Mereka (umat muslim) yang Tidak Membayar Zakat Fitrah

Kita sebagai umat Islam sangatlah wajib untuk membayar zakat fitrah, terlebih jika kita termasuk dalam golongan orang yang mampu. Akan tetapi jika kewajiban membayar zakat fitrah tidak kita laksanakan pastinya ada hukuman atau sangsi yang harus kita tanggung. Dimana sangsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Akan mendapatkan dosa
  • Puasa Ramadhan yang kita jalani dalam sebulan menjadi tidak sempurna
  • Terbentuk sifat kikir dan juga egois dalam diri sendiri
  • Rezeki akan menjadi sempit

Nah itulah beberapa ketentuan untuk membayar zakat mulai dari berapa besarnya zakat fitrah yang harus dibayarkan, sangsi jika tidak membayar zakat, waktu yang tepat untuk membayar zakat dan juga orang-orang atau golongan yang wajib mendapatkan zakat fitrah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan semoga artikel mengenai berapa besarnya zakat fitrah yang harus dibayarkan? dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya para umat muslim di Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.