8 Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Umat Muslim

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah – Islam mengharuskan kita sebagai umatnya untuk bisa melakukan sholat 5 waktu sebagai bentuk dari kewajiban yang harus selalu kita jalankan baik dalam keadaan sehat ataupun sedang sakit. Karena apabila kita selalu menjalankannya dengan baik, tepat waktu, dan benar maka ingsaallah akan di berik segala kelancara dunia dan akhirat. Selain itu, sholat juga menjadi pondasi akhlak manusia yang akan terukir didalam hati sehingga dengna mengerjakannya keimanan pun akan jauh lebih kuat yang akan besar dampak yang bisa dirasakan dalam kehidupan ini.

Dari kelima sholat wajib yang ada salah satunya adalah Subuh, dimana sholat wajib yang mungkin dilakukan paling awal dalam setiap harinya. Kenapa demikian, karena sholat subuh sendiri di lakukan ketika masih pagi buta dimana kita di haruskan untuk bagun pagi untuk mengerjakannya. Hal tersebut bisa dibilang menjadi tantangan bagi setiap orang untuk bisa mengerjakannya secara rutin. Meski begitu banyak muslim dan muslimah yang justru lebih senang mengerjakan sholat subuh dengan berjamaah karena mereka tahu betapa besarnya keutamaan sholat subuh berjamaah.

Maka dari itu, pada kesempatan yang baik ini, niatpuasa.com akan membahas mengenai pentingnya mengenal dan mengetahui keutamaan sholat subuh berjamaah, sehingga ketika kita sudah mengetahuinya maka besar harapan kita bersama agar bisa selalu mengerjakan sholat wajib yang satu ini dengan berjamaah baik itu di masjid, mushola, atau bahkan bisa di kerjakan berjamaan bersama keluarga tercinta di rumah. Apapun yang di kerjakan secara berjamaah memang memiliki kandungan yang begitu besar.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Umat Muslim

Keutamaan Sholat SUbuh Berjamaah

Keutamaan Sholat SUbuh Berjamaah

Seperti diatas kami katakan, sholat subuh merupakan sholat yang mau tidak mau harus di kerjakan dipagi hari yang mengharuskan kita untuk bagun dari tidur kita. Maka bisa dibilang ini merupakan sholat paling berat untuk dilaksanakan bagi sebagaian besar kaum muslim, terutama bagi kaum laki-laki dewasa. Namun dengan menyimak pembahasan terbaru niatpuasa.com kali ini seputar keutamaan sholat subuh berjamaah, semoga saja kalian bisa jauh lebih bisa mengambil hikmah dari apa yang akan kami sampaikan berikut ini.

1. Berada dalam Jaminan Allah

Sudah merupakan suatu kewajiban yang mau tidak mau harus di lakukan, solat subuh yang merupakan satu dari 5 sholat wajib tentunya mempunyai begitu besar manfaatnya dalam kehidupan kita di dunia ataupun di akhirat. Salah satu keutamaan sholat subuh berjamaah adalah mampu menempatkan kita untuk berada dalam jaminan Allah tentunya ketika kita berada di dunia yang fana ini ataupun ketika sudah berada di akhirat untuk menjalani kehidupan yang abadi kelak. Hal ini jelas sudah tertulis pada sebuah hadits yang berbunyi

Baca :  Tuntunan Shalat Istikharah Dalil dan Keutamaannya

Berada dalam Jaminan Allah

Artinya:
“Barang siapa yang melaksanakan shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka”. (HR. Muslim)

2. Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat

Siapa yang tidak mau kelak diakhirat berada di dekapan Allah SWT yang maha mulia, pastinya hampir semua orang muslim ingin berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan dan memperoleh kesempatan tersebut. Maka dari hadits yang akan kami sampaikan berikut ini, dijelaskan bahwa ketika kita selalu mengerjakan sholat wajib (subuh) maka niscaya Allah akan senantiasa memberikan limpahan cahaya di hari kiamat kelak. Dan dalam konteks yang satu ini bisa dibilang merupakan suatu keutamaan sholat subuh berjamaah.

Mendapatkan Cahaya di Hari Kiamat

Artinya:
“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

3. Mendapatkan Berkah dari Allah SWT

Salah satu keutamaan sholat subuh berjamaah yang akan bisa kita rasakan adalah akan memperoleh atau mendapatkan berkah dari Allah SWT. Hal ini jelas menjadi imbalan yang paling besar bagi setiap umat muslim yang selalu rajin dan taat mengejakan sholat subuh. Namun hal yang sama juga akan tetap diberikan oleh Allah ketika kita juga selalu rutin melaksanakan sholat wajib lainnya atau bahkan menambahnya dengan mengerjakan sholat sunnah seperti sholat duha ataupun sholat tahajud dimalam hari. Berkaitan tentang hal ini, ada sebuah hadis yang berbunyi

Mendapatkan berkah dari Allah swt

Artinya:
“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya”. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

4. Shalat Subuh adalah Penyelamat dari Neraka

Jika diatas kami sampaikan kenikmatan atau keutamaan sholat subuh berjamaah yang akan bisa kalian raih ketika mengejakan sholat tersebut rutin dan berjamaah, maka hal lain yang juga akan kalian peroleh ketika mengerjakannya pun adalah bisa terhidar dari bahaya api Neraka yang merupakan tempat bagi orang-orang yang jauh dari Allah SWT dalam kehidupan di dunia ini. Seperti halnya tertulis pada sebuah hadits yang berbunyi

Baca :  Tata Cara Sholat Mayit, Niat, Doa, dan Bacaannya

Shalat Subuh adalah Penyelamat dari Neraka

Artinya:
“Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan sholat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya”. (H.R. Muslim).

5. Mendapatkan Keutamaan Shalat Sepanjang Malam

Siapa sih di dunia ini yang tidak menginginkan sebuah pahala dalam kehidupan mereka untuk menjadi bekal kelak di akhirat agar bisa di tempatkan di sisi tuhan yang maha Esa. Oleh sebab itu bagi mereka umat muslim banyak sekali yang berlomba-lomba untuk bisa meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan mereka kepada Rasulullah SAW dan juga kepada Allah SWT dengan mengerjakan apa yang telah di perintahkan dan menjauhi segala larangan-larangannya. Dan salah satu keutamaan sholat subuh berjamaah sendiri adalah akan mendatangkan pahala berupa keutamaan sholat sepnjang malam yang akan bisa kalian dapat.

Mendapatkan Keutamaan Shalat Sepanjang Malam

Artinya:
“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim)

6. Disaksikan Oleh Para Malaikat

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diutus untuk selalu bisa mendampingi manusia ketika berada di dunia ini. Segala amal perbuatan baik maupun buruk akan selalu dicatat oleh para malaikat. Oleh sebab itulah, ketika kita sedang mengerjakan sholat maka malaikat pun akan menyaksikan dan mereka akan silih berganti untuk melaporkan apa yang telah kita perbuat kepada Allah SWT tentunya disaat kita sedang melakukan sholat tersebut. Begitu juga dengan ketika kita menjalankan sholat subuh berjamaah. Hal ini jelas tertulis dalam sebuah hadits yang berbunyi

Disaksikan Oleh Para Malaikat

Artinya:
“Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat”. (HR. Bukhari-Muslim)

7. Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Dikatakan dengan jelas bahwa mengerjakan sholat subuh yang memiliki tantangan cukup besar bagi sebagian besar umat muslim karena harus melawan rasa kantuk dipagi hari, merupakan bagian dari suatu bentuk bagaimana kita mencintai Allah SWT. Bahkan tidak hanya sampai disitu, dalam konteks pembahasan keutamaan sholat subuh berjamaah,  dengan mengerjakan sholat 2 rakaat ini juga disebutkan merupakan suatu kegiatan yang lebih baik dari pada dunia dan seisinya. Sebagaimana hal ini tertulis dalam sebuah hadits yang berbunyi

Baca :  Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Lengkap

Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Artinya:
“Dua rakaat shalat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim )

8. Dijauhkan dari Sifat Munafik

Manuasia merupakan tempatnya salah dan dosa tak terkecuali mereka yang memiliki sifat munafik. Maka kita sebagai umat muslim sebenarnya bisa menghindari sifat tercela tersebut dari kehidupan kita. Salah satu caraya adalah dengan kita selalu mengejakan sholat subuh baik itu secara pribadi ataupun berjamaah. Namun ketika kalian menginginkan pahala yang lebih serta mengindarkan diri dari sifat munafik, maka bisa kalian kerjakan sholat subuh tersebut secara berjamaah. Karena ini juga menjadi salah satu keutamaan sholat subuh berjamaah.

Dijauhkan dari Sifat Munafik

Artinya:
“Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim)

Dan itulah setidaknya 8 keutamaan sholat subuh berjamaah yang bisa anda rasakan dan bisa kalian peroleh. Semoga dengan menyimak dan mengetahui apa-apa saja yang akan kalian peroleh ketika mengejakan sholat subuh berjamaah seperti diatas sudah kami sampaikan, mulai saat ini bisa kalian kerjakan secara baik dan rutin. Dan jangan lupa untuk menyimak informasi mengenai tata cara sholat mayit yang sudah kami sampaikan sebelumnya, semoga bisa bermanfaat.