Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah, Awal Tahun : Arab dan Latin

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah – Seperti kami jelaskan sebelumnya pada artikel tentan keutamaan bulan muharram, bahwasannya bulan muharram merupakan bulan yang sangat di muliakan oleh Allah SWT sekaligus menjadi awal perhitungan tahun di dalam kalender Hijriyah dan tentunya akan segera berakhirnya bulan Dzulhijjah yang banyak memiliki keutamaan dan juga amalan.

Dan tentunya selaras dengan hal tersebut, tentu saja kita juga di haruskan untuk berintrospeksi diri terhadap kekurangan yang ada pada kita terutama yang masih berkaitan dengan urusan agama yakni ibadah dan ketaqwaan kita kepada sang Maha Pencipta yakni Allah SWT beserta para nabi dan rosulnya.

Oleh karena itu mungkin tidak ada salahnya apabila di akhir tahun Hijriyah ini kita memanjatkan bacaan doa akhir tahun Hijriyah dan juga nantinya di lanjutkan dengan membaca doa awal tahun Hijriyah. Untuk bacaan doa akhir tahun Hijriyah sendiri tentu saja bisa kita panjatkan ketika hari akhir pada bulan Dzulhijah datang.

Adapun untuk pelaksanaan doa tersebut akan lebih baik jika di baca ketika anda selesai melaksanakan shalat Ashar atau sebelum shalat Maghrib. Dalam doa yang kita panjatkan ini intinya kita memohon kepada Allah SWT untuk mendapatkan ampunan dari semua perbuatan dan juga tindakan yang mungkin tidak baik yang di lakukan pada tahun tersebut.

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah Arab dan Latin

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah

Selain itu juga dari doa tersebut kita pun memohon agar semua kebaikan yang dilakukan pada tahun tersebut bisa di terima oleh Allah SWT. Maka dari itu sebelum hari terakhir di bulan Dzulhijjah datang, mungkin akan lebih baik apabila anda mengetahui bacaan doa akhir tahun Hijriyan dan juga doa awal tahun Hijriyah untuk bisa anda panjatkan ketika nanti hari tersebut datang. Dan berikut adalah bacaan yang bisa anda hafalkan.

Baca :  Doa Buka Puasa Qadha dan Niat Puasa Qadha Ramadhan

Bacaan Doa Akhir Tahun Hijriyah

Doa Akhir Tahun Hijriyah

ALLOHUMMA MA AMILTU MIN AMALIN FI HADZIHIS SANATI MA NAHAITANI ANHU, WA LAM ATUB MINHU, WA HAMALTA FIHA ALAYYA BI FADHLIKA BA’DA QUDRATIKA ALA UQUBATI, WA DA’AUTANI ILAT TAUBATI MIN BA’DI JARÂ’ATI ALA MA SHIYATIK. FA INNI ASTAGHFIRUKA, FAGHFIRLI WA MA AMILTU FÎHA MIMMA TARDHA, WA WA’ATTANI ALAIHITS TSAWABA, FA AS’ALUKA AN TATAQABBALA MINNI WA LA TAQTHA RAJA MINKA YA KARIM.

Artinya : 
“Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.”

Silahkan anda hafalkan bacaan doa akhir tahun Hijriyah diatas untuk kedepannya anda bisa panjatkan ketika memang sudah waktunya datang. Sebagai info saja, diatas juga kami tuliskan doa akhir tahun hijriyah ini dalam bahasa latin atau bahasa Indonesia sehingga anda akan lebih mudah menghafalnya. Dan berikut adalah bacaan doa awal tahun Hijriyah yang nantinya bisa anda panjatkan pula ketika awal tahun Hijriyah datang.

Bacaan Doa Awal Tahun Hijriyah

Bacaan Doa Awal Tahun Hijriyah

ALLAHUMMA ANTAL ABADIYYUL QAD’MUL AWWAL. WA ‘ALA FADHLIKAL ‘AZHIMI WA KARIMI JUDIKAL MU’AWWAL. HADZA ‘AMUN JADIDUN QAD AQBAL. AS’ALUKAL ‘ISHMATA FÎHI MINAS SYAITHANI WA AULIYA’IH, WAL ‘AUNA ‘ALA HADZIHIN NAFSIL AMMARATI BIS SU’I, WAL ISYTIGHALA BIMA YUQARRIBUNI ILAIKA ZULFA, YA DZAL JALALI WAL IKRAM.

Artinya :
“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan, Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini, Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Itulah kiranya lafadz bacaan doa akhir tahun Hijriyah dan awal tahun Hijriyah yang dapat kami sampaikan. Dengan menyimak artikel ini semgoa saja anda dapat mempelajari dan menghafalkannya untuk kedepannya dapat anda gunakan setiap tahunnya. Semoga apa yang kami tuliskan diatas bisa bermanfaat dan berguna. Terimakasih

Baca :  Doa Al Makhturat Arab, Latin & Artinya : Keutamaan & Manfaat