3 Keutamaan Bulan Muharram Menurut Ajaran Islam

Keutamaan Bulan Muharram – Sama seperti kalender pada umumnya, dalam ajaran agama islam juga memiliki istilah bulan yang di sebut dengan Hijriyah. Dan perlu untuk anda ketahui perhitungan tahun baru islam selalu di awali dengan bulan Muharram atau yang lebih banyak di kenal sebagai bulan suro oleh masyrakat Jawa dan sekitaranya.

Dalam kalender hijriyah sendiri, bulan Muharram termasuk dalam salah satu dari empat bulan yang mulia. Adapun ketiga bulan lainnya adalah Dzulqa’dahm Dzulhijjah, dan bulan Rajab. Dan pada bulan-bulan tersebut di anjurkan oleh Allah SWT untuk para umatnya untuk tidak menzalimi diri sendiri serta melakukan perbuatan yang di larang atau perbuatan dosa.

Justru ketika bulan Muharram ataupun bulan mulia lainnya datang menghampiri, sebaiknya perbanyaknya perbuatan-perbuatan baik karena pada dasarnya banyak sekali keutamaan bulan muharram ataupun bulan mulia lainnya yang akan bisa anda peroleh untuk meningkatkan ketaqwaan anda kepada Allah SWT.

Nah bicara mengenai keutamaan bulan Muharram sebenarnya ada banyak sekali keutamaan yang akan kita peroleh. Sama seperti keutamaan bulan ramadhan ataupun keutamaan bulan rajab yang pernah kita bahas bersama. Dan tentunya untuk anda yang saat ini sedang mencari-cari info tentang keutaam dari bulan Muharram pas sekali rasanya berada pada artikel ini karena kita akan membahasnya secara lengkap.

Keutamaan Bulan Muharram Menurut Ajaran Islam

Keutamaan Bulan Muharram

Keutamaan Bulan Muharram

Untuk itu tidak ada salahnya apabila anda menyimak artikel terbaru niatpuasa.com ini hingga selesai untuk bisa mengetahui apa-apa saja keutaman bulan Muharram yang bisa kita peroleh. Jadi tidak usah berlama-lama berikut adalah beberapa keutamaan yang akan anda peroleh ketika bulan Muharram datang.

1. Termasuk Empat Bulan Haram (suci)

Allah SWT berfirman :

Baca :  Niat Puasa Tahun Baru Islam 1 Muharam Terlengkap

Firman Allah Tentang Keutamaan Bulan Muharram

Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus.” (QS. At-Taubah: 36)

Dari firman Allah SWT diatas, di jelaskan bahwasannya setelah di ciptakannya langit dan bumi oleh Allah SWT, kemudian di ciptakanlah bulan yang berjumlah 12 yang di mana bulan-bulan tersebut adalah bulan yang berada pada tahun hijriyah. Dimana dalam kalender hijriyah tersebut di jelaskan ada 4 bulan yang paling istimewa diantara bulan-bulan lainnya.

Salah satunya adalah bulan Muharram ini. Jadi bila anda di tanya apa saja keutamaan bulan Muharram, mungkin ini menjadi salah satu jawaban yang begitu meyakinkan. Adapun pada bulan Muharram ini, seperti di atas kami sampaikan Allah mengharamkan seluruh umat islam untuk melakukan perbuatan yang di larang oleh agama namun juga di jelaskan bahwa orang muslim juga harus memerangi orang kafir.

2. Dinamakan Syahrullah (Bulan Allah)

Disamping merupakan satu dari empat bulan yang mulia, bulan Muharram ini juga di sebut sebagai salah satu Bulan Allah atau Bulan Syahrullah. Karena seperti di ketahui bersama, bahwasannya Allah memberikan keistimewaan khusus pada bulan ini sehingga tidak heran apabila ini menjadi bulan yang paling berkesan. Keutamaan bulan Muharram ini juga sudah tercantum pada sabdar Rasulullah SAW yang berbunyi :

Sabda Rasulullah Tentang Bulan Muharram

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah (yaitu) Muharram. Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR. Muslim (11630) dari sahabat Abu Hurairah radhiyallohu anhu)”

3. Bulan Paling Mulia setelah Ramadhan

Selain itu, ada pula keutamaan bulan Muharram yang juga perlu untuk anda ketahui yang di mana keutaman tersebut adalah Bulan Muharram ialah bulan yang paling mulia setelah bulan Ramadhan. Dengan begitu hal yang perlu di lakukan masyarakat khususnya umat islam adalah memperbanyak ibadah dan memperkuat ketaqwaannya kepada Allah SWT. Hal ini pun juga sudah tersirat pada perkataan Hasan Al-Bashri yang berbunyi :

Ucapan Hasan Al-Bashri

“Allah membuka awal tahun dengan bulan haram (Muharram) dan menjadikan akhir tahun dengan bulan haram (Dzulhijjah). Tidak ada bulan dalam setahun, setelah bulan Ramadhan, yang lebih mulia di sisi Allah dari pada bulan Muharram. Dulu bulan ini dinamakan Syahrullah Al-Asham (bulan Allah yang sunyi), karena sangat mulianya bulan ini. (Lathaiful Ma’arif, Hal. 34)”

Itu dia setidaknya keutamaan bulan Muharram yang perlu dan harus anda ketahui selain juga harus mengetahui apa saja amalan-amalan bulan Muharram. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa menjadsi pembelajaran yang cukup untuk menambah wawasan anda terhadap keutamaan-keutamaan yang harus anda ketahui di balik bulan Muharram ini.