Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab : Doa & Artinya

Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab – Sebagai umat muslim, kita tentu sudah mengetahui bahwa Rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Dalam sebagian hadits riwayat Ad-Dailami juga disebutkan bahwa Rajab adalah bulannya Allah (Syahrullah).

Pada suatu ketika Rasulullah SAW melihat hilal bulan Rajab, beliau kemudian berdoa kepada Allah  SWT , “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan juga pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan” (HR Ahmad, Al-Muttaqi Al-Hindi dan lainnya).

Lalu Rasulullah SAW juga memerintahkan salah seorang sahabatnya untuk berpuasa di bulan Rajab dan bulan mulia lainnya (HR Abu Daud, Ibnu Majah dan lainnya). Di bulan ini juga banyak sekali amalan-amalan yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah amalan dan keutamaan bulan Rajab.

Banyak habib dan para ulama yang mengijazahkan amalan ini. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai amalan jumat terakhir bulan Rajab yang telah kami siapkan berikut ini.

Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab : Doa & Artinya

Amalan Jumat Terakhir bulan Rajab

Amalan Bulan Rajab

Dalam suatu pengajian yang dibawakan oleh Almarhum KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul pernah mengajarkan amalan sebagai berikut;

أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah

Artinya : “Ahmad utusan Allah Muhammad utusan Allah”

Amalan ini dibaca pada saat khatib menyampaikan khutbah kedua, dan dibaca sebanyak 35 kali. Boleh dibaca laki-laki dan juga perempan. Guru Sekumpul mengajarkan dibaca saat khatib duduk diantara dua khutbah (saat bilal membaca shalawat).

Diantara keutamaannya adalah agar disepanjang tahun uang yang ada ditangan kita tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Amalan ini juga telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil. Al-Habib Ali bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya, Al-Habib Zain bin Ibrahin bin Smith sebagai berikut:

Baca :  43 Amalan Ringan Berpahala Besar yang Dianjurkan

فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ (x 35) فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ

“Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh’. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil.” (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, hal. 445)

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai amalan jumat terakhir bulan Rajab yang dapat kalian simak diatas. Selain itu kami juga memberikan beberapa keutamaan yang ada di bulan Rajab. Jangan lupa baca juga artikel lain mengenai keutamaan bulan Muharram. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.