Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya Sesuai Islam

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya – Bulan rajab adalah satu dari sekian banyaknya bulan yang sangat di muliakan oleh Allah SWT selain dari bulan puasa ramadhan. Yang mana ketika bulan ini datang maka banyak sekali amalan-amalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pundi-pundi pahala sebagai bekal kelak di akhirat. Bulan rajab juga sering disebut sebagai bulan “haram” (dalam artian yang bagus dan mulia). Kenapa disebut begitu? karena pada saat bulan mulia ini datang, semua orang muslim dilarang untuk melakukan peperangan.

Selain itu, bulan rajab juga dikenal dengan sebutan “Al-Ashom” yang mempunyai arti bulan yang tuli karena didalamnya tidak terdengar sama sekali adanya suara peperangan, bulan Rajam karena didalamnya Allah telah merajam musuh-musuhNya dan para syaiton, oleh karena itu mereka tidah apat mengganggu para aulia dan solihin. Selain Al-Ashom, bulan rajab juga dikenal dengan sebutan “bulan Ashab”, yaitu bulan yang penuh dengna kucuran rahmat dari Allah bagi orang-orang yang bertaubat nasuha.

Sementara itu kata rajab merupakan sebuah kata yang tersusun dari tiga huruf yaitu “Ra, Jim, dan Ba”. Yang mana ketiga huruf tersebut mempunyai arti Rahmatullah, Jirmil abdi dan Birullah Ta’aalaa, yang mana seolah-olah dikatakan sebagai berikut: “Hai hamba-Ku, Kujadikan dosa-dosa dan kebaikanmu diliput dengan rahmat-Ku, maka tidak tetap dosa-dosamu berkat kemulian bulan Rajab”. (Majalisul Anwar)

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya

Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya

Tentunya banyak sekali keutamaan bulan rajab dan amalannya yang bisa kita peroleh ketika kita sebagai umat muslim melakukan beberapa sunnah yang memang sudah di contohkan oleh para pendahulu kita. Dan salah satu amalan bulan rajab yang mungkin sering kita dengar di telinga adalah berupa amalan puasa rajab. Meski begitu ada pula beberapa amalan lain yang bisa kita lakukan pada saat bulan yang begitu mulia ini datang, seperti halnya kita melakukukan shodaqoh, berdoa, dan memperbanyak shalawat atau hal-hal positif lainnya.

Bahkan dikatakan pula bahwa ketika nanti setelah bulan rajab habis, maka ia akan naik keatas langit dan Allah SWT berfirman:

“Hai bulan-Ku, apakah mereka mencintai dan memuliakanmu? Diamlah Rajab, hingga ditanya dua sampai tiga kali, barulah rajab menjawab: “Ya Tuhan, Engkaulah yang pandai merahasiakan segala cacad dan cela, dan Engkau pula yang menyuruh makhluk-Mu supaya merahasiakannya pada orang lain. Itulah sebabnya Rasulullah SAW menyebutku “pekak”, aku semata hanya mendengar kebaktian mereka, ketaatan, dan kebaikan mereka, lain tidak”.

Jika kita bicara tentang keutamaan bulan rajab dan amalannya, tentu saja akan sangat banyak sekali yang bisa kita peroleh. Karena selain mengacu pada firman Allah SWT diats, ada pula firman Allah SWT lain yang merupakan pedoman bagi umat muslim terkait datangnya bulan rajab, bulan yang sangat di muliakan oleh Allah. Dan berikut adalah firman Allah yang lainnya:

“Engkau bulan-Ku yang pandai menyimpan cacad dan pekak, hamba – hambaKu yang beraib, Aku terima mereka berikut aib atau cacadnya karena kehormatanmu seperti halnya Aku terima kamu berikut aib atau cacadmu. Aku mengampuni mereka karena mereka telah menyesali dosa mereka satu kali dalam bulan Rajab, dan dalam bulan itu pula, Aku tiada mencatat kemaksiatan mereka”. (Misyakatul Anwar)

Selain itu, ada juga sabda Rasulullah SAW terkait datangnya bulan rajab yang membahas mengenai keutamaan bulan rajab dan amalannya. Dan berikut Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwa Rajab itu bulan Allah, Sya’ban bulanKu dan Ramadhan adalah bulan Ummat-Ku”. Oleh karena itu, tidak heran apabila ketika bulan penuh rahmat ini datang banyak sekali para umat muslim melakukan berbagai macam kebaikan karena mereka sudah mengetahui beberapa keutamaan bulan rajab dan amalannya.

Dan bagi kalian yang masih belum memahaminya, berikut akan kami sampaikan beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk menghormati bulan rajab, dan yang perlu kalian ketahui tetang keutamaan bulan rajab, serta amalan-amalan apa saja yang bisa dilakukan oleh umat muslim ketika bulan rajab ini datang. Dan berikut pembahasannya.

Baca :  Pengertian Puasa Ramadhan dan Syariatnya

Cara Menghormati Bulan Rajab

Selain keutamaan bulan rajab dan amalannya yang harus kita ketahui, sebagai umat muslim yang taat kita juga setidaknya harus mengetahui bagaimana cara menghormati bulan rajab ketika ia datang. Dan salah satu anjuran yang telah di contohkan Rosulullah SAW ketika bulan rajab datang adalah melakukan dan memeprbanyak doa dimalam pertama bula rajab. Karena pada saat itulah, doa yang kita ucapkan akan di ijabah oleh Allah SWT. Sebagaimana sabda Nabi Muhammah SAW:

Terdapat setidaknya 5 malam yang tidak akan ditolak doa setiap hamba didalamnya, diantaranya adalah:

  1. Dimalam pertama bulan Rajab
  2. Dimalam Nishfu Sya’ban atau malam pertengahan yaitu malam ke 15 bulan Sya’ban
  3. Disetiap malam Jum’at
  4. Dimalam Hari Raya Idul Fitri
  5. Dan dimalam Hari Raya Idul Adha (Qurban)

Itulah setidaknya bagaimana cara kita untuk bisa menghormati datangnya bulan rajab yang kita tahu merupakan salah satu bulan yang penuh amalan dan berkah di dalamnya.

Amalan Amalan Bulan Rajab

Amalan Amalan Bulan Rajab

Amalan-Amalan Bulan Rajab

Seperti judul diatas, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai keutamaan bulan rajab dan amalannya. Namun sebelum melangkah pada ketutamaan bulan rajab, berikut ada beberpa amalam-amalan bulan rajab yang bisa kalian kerjakan mulai dari malam pertama bulan rajab hingga akhir bulan rajab. Dan berikut adalan daftar amalan bulan rajab:

1. Melakukan puasa 10 hari awal bulan rajab yakni tanggal 1 sampai dengan 10 rajab, terutama pada 3 hari pertama bulan rajab dengan membaca niat puasa rajab yang bisa kalian lihat pada artikel sebelumnya.

  • Barang siapa melakukan puasa 1 hari (hari pertama bulan rajab) karena Allah SWT dan Iman, maka engkau sudah menebus dosa atau kafaroh selama 3 tahun dan semua itu akan dipastikan dengan adanya keridhoan dari Allah SWT serta akan di beri pahala setara dengan orang yang melakukan ibadah selama seumur hidup berupa pagi puasa dan malamnya ibadah.
  • Barang siapa melakukan puasa 2 hari di bulan rajab maka, dapat menebus dosa yang telah dieprbuat selam 2 tahun. Hal ini sama seperti ketika kalian melakukan puasa arofah atau puasa 9 dzulhijjah. Bedanya justru ketika kita melakukan puasa ini, kita juga akan mendapatkan pahala yang sangat besar dan banyak sampai mereka para ahli langit dan bumi pun tidak bisa menghitungnya.
  • Dan jika melakukan puasa rajab selama 3 hari, mak akalian akan menebus dosa selama 1 tahun serta akan diselamatkannya kalian dari malapetaka dunia dan siksa akhirat. Selain itu juga kalian akan di bebeaskan dari penyakit gila, ancaman dajal, serta kustra dan sejenisnya. Maka tidak heran banya sekali orang yang mencari tahu tentang keutamaan bulan rajab dan amalannya untuk mereka bisa melakukannya.
  • Dan jika kalian melaksanakan puasa rajab selama 4 hingga seterusnya, maka kalian akan mendapatkan tebusan dosa selama 1 bulan.
  • Dan apabila kalian melaksanakan puasa rajab selama 7 hari maka tertutuplan baginya (orang yang melakukan) 7 pintu neraka jahanam, sehingga mereka tidak akan masuk kedalamnya.
  • Kemudian bila puasa selam 8 hari, maka kalian akan mendapatkan keberkahan berupa terbukanya pintu surga sehingga dapat masuk kedalamnya.
  • Dan jika kalian melakukan puasa rajab ini selama 10 hari mala segala macam permohonan akan segera di kabulkan dan di ijabah oleh Allah SWT.
  • Sementara ketika kalian melakukan puasa rajab selama setengah bulan, maka kalian akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT dan alam buruk yang telah kalian perbuat di ganti dengan amal baik.
  • Apabila kalian melakukan puasa rajab ini selama 27 hari maka kalian akan mendapatkan sebuah pahala seperti pahala 5 tahun berpuasa.
  • Terakhir jika kalian mengingatkan mulsim lain tentang amalan ini, mala kalian akan samahalnya sudah melakukan ibadah selama 80 tahun.
Baca :  Bacaan Niat Puasa Rajab Bahasa Arab dan Latin

2. Membaca Surat AL-IkhLas sebanyak 11x

3. Membaca kalimat SubhaanaLLahiL HayyiL Qoyyum sebanyak 100x di tanggal 1 sampai dengan 10 Rajab

4. Membaca kalimat SubhaanaLLahiL Ahadish’Shomad sebanyak 100x di tanggal 11 sampai dengan 20 Rajab

5. Membaca kalimat SubhaanaLLahir Rouuf sebanyak 100x di tanggal 21 sampai dengan 30 Rajab

6. Membaca kalimat Ahmadu Rasulullah wa’Muhammadu Rasulullah sebanyak 35x di hari Jumat terakhir bulan rajab

7. Membaca Kalimat

Bacaan Doa Bulan Rajab

Sebaiknya di baca sebanyak 70 kali setelah kalian melakukan sholat subuh ataupun sholat maghrib dan ketika masih dalam posisi duduk takhiyat akhir.

8. Memperbanyak membaca Istighfar, terutama membaca Sayyidul Istighfar

Sayyidul Istighfar

Dimana barang siapa memabcakan sayyidul istighfar diwaktu sore lalu ia wafat dimalam itu, maka dipasatikan ia akan masuk surga, begitu juga ketika ia membacanya di pagi hari lalu hari itu ia wafat, maka ia juga akan dimasukan kedalam surga Allah SWT.

9. Memperbanyak Membaca Doa Berikut ini

Doa Bulan Rajab

Barang siapa yang mau membada doa diatas, maka mereka akan di beri barokah rizki, umur, anak keturunan, serta akan di ampuni dosa-dosanya dan akan di terima amal ibadahnya serta akan mendapatkan sebuah rahmat dan keridhoan dari allah SWT. Maka tidak heran jika banyak sekali umat muslim yang melakukan atau mencari tahu tentang keutamaan bulan rajab dan amalannya termasuk bacaan doa yang satu ini.

Keutamaan Bulan Rajab

  1. Sebagaimana telah kami sampaikan diatas, banyak sekali keutamaan bulan rajab dan amalannya yang bisa kalian laukan. Dan salah satu keutamaan bulan rajab yaitu, barnag siapa berpuasa pada bulan rajab sehari, maka ia sama halnya melakukan puasa satu bulan. Dan apabila berpuasa 7 hari mala akan di tutupkannya 7 pintu neraka, dan apabika berpuasa 8 hari maka kalian akan mendapatkan 8 pintu surga, serta apabila kalian berpuasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaan yang diucapkan ketika berdoa.
  2. Sesungguhkan di surga ada sebuah sungai yang di namana sungai rajab, dimana airnya lebih putih dibandingkan dengan susu dan rasaya jauh lebih manis dari madu. Dan barang siapa puasa sehari pada bulan rajab, maka ia akan di karuniai sebuah minuman segar dari sungai tersebut.
  3. Diriwayatkan bahwa ketika Rasulullah SAW memasuki bulan rajab, maka beliau melakukan sebuah doa “Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban, dan jika berkenan sampaikanlah kami kepada bulan ramadhan (HR. Imam Ahma, dari Anas bin Malik).
  4. Riwayat Abul Fath dari Al-Hasan, mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa: “Rajab merupakan bulan Allah, Sya’ban merupakan bulan ku, dan Ramadhan merupakan bulan ummatku.
  5. Kemudian keutamaan bulan rajab lainnya sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang mengatkan bahwa: “Pada malam mo’raj, saya melihat sebuah sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari ari batu, dan lebih harum dari minyak wangi. Dan menurut Jibril a.s, sungai tersebut adalah milih orang yang membaca sholawat untuk engkau di bulan rajab.
Baca :  Niat Puasa 9 Dzulhijjah Serta Keutamaan Puasa Arafah

Dengan begitu banyaknya keutamaan bulan rajab dan amalannya yang bisa kalian peroleh, maka tidak salah apabila mulai dari sekarang kalian lebih mendalami lagi tentang bulan rajab. Baik berupa amalan yang bisa di kerjakan di bulan Allah tersebut, atau juga dengan mencoba melakukan beberapa hal yang di perlukan untuk di kerjakan di bulan rajab nanti ketika datang. Seperti halnya menghafalkan doa yang biasa di amalkan pada bulan rajab ataupun yang lainnya. Dan itulah kiranya informasi terbaru kami seputar keutamaan bulan rajab dan amalannya semoga bisa bermanfaat.