5 Amalan 27 Rajab dan Doa yang Dianjurkan

Amalan 27 Rajab – Sebagai umat muslim tentunya kita sudah tahu betuk kapan bulan rajab tiba, biasanya kita dianjurkan untuk melakukan berbagai macam amalan yang dapat memudahkan kita mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT. Salah satu amalan yang paling mujarab adalah dengan memperbanyak zikir di bulan Rajab. Isra Mi’raj sendiri merupakan sebuah peristiwa penting yang terjadi dalam perjalanan hidup Nabi besar Muhammad SAW.

Dimana peristiwa ini terjadi di bulan Rajab, nah hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa bulan Rajab menjadi salah satu bulan yang paling mulia untuk para umat muslim. Dan berbicara mengenai amalan 27 Rajab, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan selain berzikir, antara lain adalah berpuasa, memperbanyak doa, perbanyak istighfar dan melakukan perbuatan baik yang diperintahkan oleh Alla SWT.

Disamping itu, kita sebagai umat muslim tentunya harus selalu melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Maka jangan pernah melalaikan kewajiban seperti Sholat dan berpuasa di bulan Ramadhan. Terlebih kita tahu betul bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan terdapat pula malam Lailatul Qadar di dalamnya atau malam dimana Al Qur’an diturunkan.

Sedangkan untuk bulan Rajab juga tak kalah istimewa dengan bulan Ramadhan, seperti yang sudah kita bahas diatas bahwa bulan Rajab merupakan bulan dimana Rasulullah SAW melalukan perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah atas perintah Allah SWT. Baiklah daripada penasaran mengenai amalan 27 Rajab yang dianjurkan jelang Isra Mi’raj, dibawah ini kalian dapat menyimak langsung ulasannya berikut ini.

Amalan 27 Rajab dan Doa yang Dianjurkan

Amalan 27 Rajab dan Doa yang Dianjurkan

Amalan 27 Rajab dan Doa yang Dianjurkan

1. Memperbanyak Istighfar

Amalan 27 Rajab yang pertama adalah dengan banyak membaca istighfar. Istighfar dapat kita amalkan di bulan Rajab karena Allah SWT akan senantiasa memaafkan dan memberikan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan. Dan untuk bacaannya kalian dapat simak berikut ini.

Baca :  Kumpulan Dzikir Bulan Rajab Beserta Doa dan Amalannya

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau. Engkau sudah menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku akan berusaha selalu ta’at kepada-Mu, sekuat tenagaku Yaa Allah. Aku berlindung kepada-Mu, dari keburukan yg kuperbuat. Kuakui segala nikmat yang Engkau berikan padaku, dan kuakui pula keburukan-keburukan dan dosa-dosaku. Maka ampunilah aku ya Allah. Sesungguhnya tidak ada yg bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

2. Berdoa

Menjelang Isra Mi’raj juga masih bertepatan dengan Puasa Rajab, maka kita juga dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT sesuai dengan anjuran Rasulullah SAWA berikut ini.

Artinya : “Ya Allah berilah kami keberkahan di bulan Rojab dan Sya’ban dan sampaikan kami pada bulan Romadhon.”

3. Berpuasa

Amalan 27 Rajab yang selanjutnya adalah dengan berpuasa. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa puasa rajab ini hukumnya sunnah jika dilaksanakan sewaktu-waktu. Dan bukan hanya itu saja, pada bulan Rajab juga dapat digunakan untuk memperbanyak puasa sunnah dalam bentuk apapun seperti contoh puasa senin-kamis ataupun puasa sunnah lainnya.

4. Doa Ketika Pagi dan Sore

Kemudian kalian juga dapat melakukan doa ketika setelah sholat 5 waktu maupun sholat sunnah. Kalian dapat membaca doa dibawah ini sebanyak 70 kali agar terhindar dari api neraka.

5. Berzikir Menjelang Isra Mi’raj

Dan amalan 27 Rajab yang terakhir adalah dengan berzikir menjelang Isra Mi’raj. Perlu kalian ketahui bahwa ada satu dzikir yang di ajarkan oleh Nabi Ibrahim As untuk Nabi Muhammad SAW ketika mengalami peristiwa Isra Mi’raj, seperti apa bacaannya kalian dapat lihat dibawah ini.

Artinya : “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

Nah itulah beberapa amalan 27 Rajab yang dapat kalian pelajari dan lakukan. Amalan diatas juga dapat menjauhkan kita dari api neraka serta mendapatkan banyak pahala dari Allah SWT. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya Sesuai Islam