Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram Beserta Artinya

Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram – Bulan Muharram menjadi salah satu bulan yang penuh dengan keistimewaan, dimana bulan pertama dalam kalender hijriyah ini selalu di penuhi dengan hal-hal baik karena merupakan salah satu bulan yang di muliakan oleh Allah SWT. Dengan datangnya bulan Muharram, itu berarti kita sebagai umat muslim tengah merayakan pergantian tahun hijriyah. Oleh karenanya banyak sunah-sunah Rasul yang patut kita amalkan pada bulan yang di muliakan ini. Selain itu, bulan Muharram juga disebut sebagai bulan Syahrullah (bulan Allah).

Datangnya bulan Muharram memang selalu di nantikan oleh setiap muslim, selain karena bulan mulia, ketika bulan Muharram datang, banyak pula keutamaan yang bisa kita peroleh. Dan salah satu yang di sunahkan yaitu berpuasa. Berbeda dengan puasa bulan rajab ataupun puasa bulan Dzulhijjah. Pada bulan Muharram puasa yang di sunahkan yaitu pada tanggal 9 Muharram atau puasa Tasu’a dan pada puasa 10 Muharram atau sering juga di sebut sebagai puasa Asyura’.

Disunahkannya puasan bulan Muharram tentu saja banyak memberikan kemuliaan bagi setiap muslim yang menjalankan. Namun hal tersebut juga harus di imbangi dengan niat yang benar, karena niat sendiri merupakan salah saru rukun puasa dan ibadah lainnya. Yang dimana niat puasa sunnah bulan Muharram tentunya berbeda dengan niat puasa senin kamis ataupun niat puasa rajab yang sebelumnya sudah pernah kita sampaikan.

Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram Terlengkap

Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram

Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram

Oleh karena itu, selin akan kita berikan beberpa bacaan atau lafadz niat puasa sunnah bulan Muharram seperti puasa Tasu’a dan puasa Asyura’, pada kesempatan yang baik ini kami juga akan memberikan beberpa bacaan niat puasa sunnah lainnya yang boleh di kerjakan di bulan Muharram ini.  Namun sebelum melangkah pada bacaan-bacaan niat puasan sunnah bulan Muharram tersebut, mari kita simak terlebih dahulu beberpa hadist mengenai puasa dibulan Muharram.

Baca :  Manfaat Puasa Mutih, Pengertian & Pantangannya

Artinya:
Dari Hafsah ra, ia berkata: ada empat perkara yang tidak pernah di tinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: Puasa Asyura, puasa 10 hari sepertiga bulan yakni bulan dzulhijjah, puasa tiga hari dari setiap bulan dan sholat dua rakaat sebelum shubuh. ( H.R Ahmad dan Nasai)

Ada juga hadist lain yang berkaitan dengan puasa sunnah dibulan Muharram, yaitu

Artinya:
Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Ditanyakan orang kepada Rasulullah SAW: Sholat manakah yang lebih utama setelah sholat fardhu? Rasulullah menjawab: Yaitu sholat di tengah malam. Mereka bertanya lagi: Puasa manakah yang lebih utama setelah puasa ramadhan? Rasulullah SAW bersabda: Puasa pada bulan Allah yang kamu namakan bulan Muharam. (H.R Ahmad, Muslim dan Abu Daud)

Adapun dalam konteks niat puasa sunnah bulan Muharram baik Tasu’a (9 Muharram) dan Asyura (10 Muharram), ada beberpa umal yang berpendapat mengenai perihal ta’yin atau penyebutan nama ibadah yang akan di lakukan. Sebagaimana beberpa ulama yang menyatakan bahwa seseorang harus mengingat puasa sunnah Asyura’ saat niat di dalam batinnya. Namun ada pula beberpa ulama yang tidak mewajibhan ta’yin. Sepertimana di jelaskan oleh Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami yang mengucapkan sebagai berikut

Artinya:
“Perkataan “Tetapi mencari…’ merupakan ungkapan yang digunakan di Mughni, Nihayah, dan Asna. Bila ditanya, Imam An-Nawawi berkata di Al-Majmu‘, ‘Ini yang disebutkan secara mutlak oleh ulama Syafi’iyyah. Semestinya disyaratkan ta’yin (penyebutan nama puasa di niat) dalam puasa rawatib seperti puasa ‘Arafah, puasa Asyura, puasa bidh (13,14, 15 setiap bulan Hijriyah), dan puasa enam hari Syawwal seperti ta’yin dalam shalat rawatib’. Jawabnya, puasa pada hari-hari tersebut sudah diatur berdasarkan waktunya.

Bacaan Niat Puasa Asyura

Bacaan Niat Puasa Asyura

Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram

Meski ada orang yang berniat melakukan puasa pada bulan Muharram selain dari sunnah yang sudah di sebutkan kami di atas, maka orang tersebut akan tetap mendapatkan keutamaan sunnah puasa rawatib yang sama halnya ketika kalian melaksanakan sembahyang tahiyyatul masjid. Nah bagi anda yang ingin belajar mengenai niat puasa sunnah bulan Muharram, mari kita saimak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Niat Puasa Tasu’a Tanggal 9 Muharram

Untuk melakukan puasa Muharram Tasu’a yang di laksanakan pada tanggal 9 Muharram, kalian bisa membaca niat puasa bulan Muharram sebagai berikut

NAWAITU SAUMA TASU’A SUNNATAL LILLAHITA’ALA

Artinya:
Saya niat puasa hari tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

2. Niat Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram

Sedangkan untuk melakukan puasa Muharram Asyura yang di lakukan pada tanggal 10 Muharram, kalian bisa membaca niat puasa bulan Muharram sebagai berikut

NAWAITU SAUMA ASYURO SUNNATAL LILLAHITA’ALA

Artinya:
Saya niat puasa hari asyura , sunnah karena Allah ta’ala

Samahalnya dengan beberapa puasa sunnah yang sudah pernah kami sampaikan seperti salah satunya adalah puasa rajab, puasan sunnah Asyura pun mempunyai beberpa keutama yang akan di dapat setiap orang yang melaksanakannya. Salah satunya keutamaan puasa Asyura adalah dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu. Hal ini pernah di kutip pada sebuah hadis yang berbunyi

Artinya:
Dari Abu Qatadah ra. bahwa rasulullah saw bersabda: “Puasa pada hari arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. dan puasa pada hari Asyura menghapuskan dosa tahun yang lalu.” (H.R jamaah kecuali Bukhari dan Tirmidzi)

Sementara itu ada pula hadist lain yang menggambarkan tentang puasa dibulan Muharran terutama puasa Asyura yaitu

Artinya:
Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:”Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Umumnya pada bulan Muharram, ada dua sunnah puasa yang biasanya di kerjakan oleh umat muslim yang ada di dunia ini,  yaitu puasa Tasu’a yang di kerjakan pada tanggal 9 Muharram dan puasa Asyura yang di kerjakan pada tanggal 10 Muharram. Jadi bagi kalian yang ingin melaksanakannya di bulan Muharram nanti, semoga saja bacaan niat puasa sunnah bulan Muharram diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kalian semua. Tentunya jangan lupa untuk menyimak informasi lainnya yang ada di niatpuasa.com seoga bisa memberikan pembelajaran yang baik.