Pahala Puasa Senin Kamis, Manfaat & Keutamaannya

Pahala Puasa Senin Kamis – Berpuasa merupakan sebuah amalan yang wajib bagi setiap orang muslim agar menadapatkan kemuliaan selain dari shalat wajib 5 waktu. Namun didalam ibadah puasa, setiap orang yang melaksanakannya bukan saja hanya harus menghindari godaan makanan dan minuman melainkan juga harus bisa menahan hawa nafsu. Salah satu manfaat yang akan di dapat yaitu akan terhindar dari berbagai macam godaan syahwat yang dialami selama ia berada di dunia yang pada akhirnya akan membuatnya terbebas dari siksa api neraka di akhirat kelak.

Bagi umat muslim banyak tentunya puasa-puasa yang harus di laksanakan selain puasa ramadhan. Salah satu dari sekian banyaknya sunah puasa yang ada yakni puasa senin kamis. Dengan menjalankannya, tentu saja akan banyak pahala puasa senin kamis yang akan kalian peroleh untuk bekal kelak di akhirat. Selain itu, manfaat puasa senin kamis pun diakui banyak orang begitu terasa, salah satunya adalah membuat keimnanan setiap seseorang yang melaksnakannya semakin sempurna.

Tidak hanya mewajibkan untuk setiap muslim menjalankan ibadah puasa ramadhan yang datang setiap tahun, tetapi Islam juga mengajarkan bahwasannya menjalankan puasa sunah seperti halnya puasa senin kamis sangatlah di anjurkan karena dapat menambah kekurangan yang kalian dapatkan pada saat melaksanakan puasa wajib di bulan ramadhan. Pada masa Rasulullah masih hidup, beliau bahkan menjalankan puasa sunah senin kamis dengan begitu rutin, alhasil banyak pahalan puasa senin kamis yang beliau dapatkan.

Pahala Puasa Senin Kamis, Manfaat & Kutamaannya

Pahala Puasa Senin Kamis

Pahala Puasa Senin Kamis

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama muslim, tentu saja tak asing ketika kita mendengar ada orang yang tengah menjalankan ibadah puasa senin kamis. Selain bisa di niatkan sebagai puasa sunah, pada saat kalian berpuasa senin kamis, kalian juga bisa meniatkannya sebagai puasa penggganti pada pulan ramadhan. Namun tak sedikit orang yang lebih memilih untuk meniatkannya sebagai puasa sunah senin kamis, karena memang ini merupakan salah satu puasa sunah yang Rasulullah sangat menganjurkannya. Sebagaimana Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu berkata:Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu

Artinya:
“Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Lalu kenapa Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sangat menyukai puasa di hari senin kamis, bahkan sampai beliau menjalankannya di hampir setiap hari senin dan kamis datang? tentunya selain manfaat dan hikmah yang beliau peroleh, ternyata pahala puasa senin kamis memang begitu besar.Abu Qotadah r

Artinya:
“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Abi Hurairoh r

Artinya:
“Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini kami akan mencoba memberikan info tentang beragam manfaat, hikmah, keutamaan, dan pahala puasa senin kamis. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mempelajari lebih dalam tentang puasa senin kamis bisa menjadikan informasi ini sebagai referensinya.

Manfaat, Keutamaan, & Pahala Puasa Senin Kamis

Manfaat, Keutamaan, & Pahala Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

  1. Bisa Untuk Melatih Diri Agar Lebih Berdisiplin
  2. Mampu Menjadi Perisai Bagi Kejiwaan
  3. Tentunya Dapat Meningkatkan Amalan
  4. Membuat Seseorang Terhindar dari Godaan Syaitan
  5. Bisa Menjadi Pelembut Hati
  6. Dapat Menjadi Peningkatkan Rasa Syukur Terhadap Allah SWT
  7. Mampu Memberikan Peremajaan Pada Sel Kulit
  8. Ingsaalah Akan Dapat Menjadi Kunci Sukses Mencapai Cita-Cita
  9. Sebagai Salah Satu Cara untuk Bisa Segera Mendapatkan Jodoh
  10. Sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi
  11. Untuk Bisa Menjadi Cara Agar Kita Bisa Menahan Hawa Nafsu
  12. Untuk Mengencangkan Kulit
  13. Menurunkan Sebagian Kadar Kolesterol Dalam Tubuh
  14. Berpengaruh Besar Pada Kesehatan Tubuh
Baca :  5 Hikmah Puasa Sunnah dan Jenis Puasa Sunnah

Keutamaan Puasa Senin Kamis

1. Di bukakannya Pintu “Ar-Rayyan” Di Surga

Telah dituliskan dengan jelas bahwasanya kelak disurga akan ada sebuah pintu bernama “Ar-Rayyan” yang hanya akan bisa di masuki oleh orang-orang yang sering kali menjalankan puasa kelak dihari kiamat, dan tidak akan masuk dari pintu tersebut terkecuali orang-orang yang senang berpuasa. Selain itu diriwayatkan oleh HR Bukhori dan Muslim Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

2. Diperlihatkannya Amal Pada Hari Senin dan Kamis

Dikutip dari Tsa’alabi, disebutkan bahwasanya Amalan perbuatan yang di miliki seseorang senantiasa akan di perlihatkan di hadapan Allah SWT dihari Senin dan hari Kamis. Sementara di hadapan para nabi, ayah, serta ibu dan yang bersangkutan sendiri akan di perlihatkan pada hari Jum’at. Kemudian amalan pahala puasa senin kamis akan di perlihatkan setiap hari di hadapapan Rasulullah SAW.

3. Pintu Surga Akan di buka pada hari Senin dan Kamis

Lalu keutamaan puasa Senin Kami yang lain yakni, “Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai. Seabgaimana telah diriwayatkan oleh HR. Muslim.

Hikmah Puasa Senin Kamis

1. Membuat Kejiwaan Seseorang Lebih Stabil

Selain bisa membuat hidup seseorang jauh tenang hati dan pikirannya, pahala puasa senin kamis pun akan mereka peroleh sebagia bekal untuk di akhirat nantinya. Namun jika bicara tentang hikmah apa yang akan di dapat, salah satunya adalah mampu menjadikan setiap orang yang menjalankannya bisa memiliki kejiwaan yang stabil. Hal ini karena mereka di latih untuk bisa bersabar, menguatkan kemauan, serta mengajarkan untuk bisa membantu menguasai diri sendiri.

Baca :  Lafadz Niat Puasa Ramadhan Arab Latin dan Artinya

2. Bisa Meningkatkan Amalan Ibadah

Sebagai orang muslim, tidak ada hal lain yang perlu di pilirkan selain amalan ibadah yang akan kita rasakan ketika sudah meninggal nanti. Oleh karena itu dengan berpuasa senin kamis, setidaknya kita sudah menabung sedikit demi sedikit amalan baik yang akan kita rasakan kelak. Untuk itu bagi kalian yang ingin menjalankan ibadah puasa senin kamis tentulah tidak ada hal yang lebih mulia dari pada amalan yang akan kita dapatkan kelak.

3. Berlatih untuk Menahan Diri Agar Terhindarkan dari Dosa

Ada beberapa pernyataan terkait hikmah puasa senin kamis yang akan didapat setiap orang yang menjalankannya sebagaimana dituliskan dalam hadis yang berartikan “Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separo kesabaran”. (HR. Ibnu Majah). dan juga hadist dengan arti Dan dengan menghilangnya perangai buruk kita, minimal seminggu dua kali, maka bisa juga dikatakan bahwa “Puasa adalah benteng yg membentengi seseorang dari api neraka yg membara” (HR.Ahmad dan Baihaqi) Oleh karena itu tidak heran apabila banyak muslimin atau muslimah yang menjalankan ibadah puasa senin kamis dengan begitu giatnya.

Pahala Puasa Senin Kamis

Salah satu pahala puasa senin kamis yang akan kalian peroleh adalah sebuah pahala yang akan tetap mengalir ketika kamu tidak menjalankan puasa tersebut. Meski pahala yang akan didapat tetap akan mengalir ketika tidak sedang berpuasa, namun hal ini hanya menjadi sebuah motivasi agar kita sebagai umat muslim jauh lebih bisa beristiqomah didalam menjalankan ibadah atau amal sunah.

Dengan begitu ketika kalian sudah terbiasa mengamalkan sunah tertentu seperti sunah puasa rajab, sunah puasa arafah dan sunah puasa tarwiyah yang di jalankan pada bulan Dzulhijjah, ataupun shalat sunah dan amal sunah lainnya, dan disuatu situasi kalian tidak bisa menjalankannya di karenakan dudzur sakti atai safat, maka kalian akan tetap mendapatkan sebuah pahala dari rutinitas amalan sudan yang dikerjakan sebelumnya.

Baca :  Tata Cara Puasa Daud, Pengertian dan Keutamannya

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika seorang hamba itu sakit atau bepergian maka dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang pernah dia lakukan ketika di rumah atau ketika sehat.” (HR. Bukhari 2996).

Al Hafidz al-‘Aini juga mengatakan bahwa

“Hadis ini bercerita tentang orang yang terbiasa melakukan amal ketaatan kemudian terhalangi (tidak bisa) mengamalkannya karena udzur, sementara niatnya ingin tetap merutinkan amal tersebut seandainya tidak ada penghalang”. (Umdatul Qori, 14/247)

Dan itulah beberpa keistimewaan yang akan di dapat setiap orang yang menjalankan sunah-sumah Rasulullah. Dimana pahala rutinitas amal baiknya diabadikan oleh Allah. Sebagaimana Al Muhallab mengatakan, hadis ini sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’an, Allah berfirman,

“Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh mereka mendapatkan pahala yang tidak pernah terputus”. (QS. At Tin:6)

Selama fisik masih mampu dan fikiran masih stabil tentunya kita sebagai umat muslim agar senantiasa untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT dan juga sunah-sunah Rasulullah SAW, agar kehidupan kita di dunia maupun di akhirat akan di berikan jalan yang lurus. Nah itudia beberpa manfaat, keutamaan, dan juga pahala puasa senin kamis, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat serta menyenangkan.