24 Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Daud – Sudah diketahui bersama bahwa Nabi Daud merupakan Nabi Allah SWT yang memiliki amalan shalat dan puas yang disukai oleh Allah SWT. Dengan kehebatan inilah Rasulullah SAW memberitahukan kepada para sahabat-sahabatnya mengenai cerita Nabi Daud A.S. Pernah dikisahkan dalam hadits dimana seorang pengikut Nabi Muhammad SAW menanyakan kepada beliau mengenai puasa sunnah yang baik. Lalu Rasullulah SAW menjawab yang tersurat dalam sebuah hadits.

HR. Muslim, 1971

Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak ada puasa yang lebih utama dari puasa Dawud, yaitu puasa setengah tahun, yakni, puasa sehari dan berbuka sehari.” [Shahih Muslim, 1971]

HR. Bukhari

“Nabi Daud As. biasa tidur seperdua malam dan shalat pada sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya. Dan beliau berpuasa satu hari dan tidak berpuasa satu hari.” [HR Bukhari]

Kemampuan Nabi Daud dalam berpuasa ternyata mampu menurun kepada anaknya yakni Nabi Sulaiman. Menurut Ibn Abbas, Nabi Sulaiman berpuasa selama 3 hari pada awal bulan , 3 hari pertengahan bulan dan 3 hari di akhir bulan. Sebenarnya hampir setiap Nabi memiliki aktivitas berpuasa yang sesuai dengan konteksnya, dimana disebutkan dalam Al Qur’an Surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu (Umat Muhammad) berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar bertaqwa”

Itulah beberapa pengetahuan mengenai sejarah puasa Daud yang perlu kalian ketahui. Dan untuk pembahasan utama kali ini kami akan membahas mengenai manfaat puasa Daud untuk kesehatan tubuh. Setiap hal seperti puasa, sholat dan lainnya tentu memiliki caranya, tata cara puasa daud ini dapat kalian baca di postingan sebelumnya. Untuk manfaat puasa Daud dan hikmah dari puasa Daud kalian dapat simak rangkumannya berikut ini.

Manfaat Puasa Daud untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Daud 1

 

Hikmah Puasa Daud

  • Menjadikan diri kita awet muda.
  • Kesehatan tubuh terjaga.
  • Terhindar dari segala maksiat.
  • Dimudahkan dalam segala macam urusan.
  • Menjadi pribadi yang berakhlak baik.
  • Menentramkan jiwa dan mampu mengontrol emosi.
  • Membuat suasana rumah tinggal jauh lebih harmonis.
  • Menjadikan diri semakin taqwa terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW.
  • Mampu menjadi jalan rejeki bagi setiap orang yang mengamalkannya.

Manfaat Puasa Daud

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh
  2. Memunculkan daya tarik seseorang
  3. Awet muda
  4. Kesehatan mental
  5. Mencegah resiko penyakit jantung
  6. Detoksifikasi alami
  7. Untuk kecantikan kulit
  8. Meningkatkan ketaqwaan
  9. Mempertajam perasaan
  10. Terpelihara dari maksiat
  11. Menerima pemberian dari Allah SWT dengan lapang hati
  12. Menentramkan jiwa
  13. Menjadi hamba yang lebih bersyukur
  14. Menambah pengetahuan
  15. Mampu mengendalikan emosi

Nah itulah beberapa pembahasan penting mengenai manfaat puasa Daud dan juga hikmah bagi mereka yang melaksanakan puasa Daud. Setiap puasa sunnah yang dianjurkan tentu memiliki banyak sekali keutamaan dan juga pahala yang berlimpah. Maka bagi kalian yang merupakan seorang muslim alangkah baiknya melaksanakan perintah berpuasa, baik itu sunnah maupun wajib. Dan sebaik-baiknya puasa adalah puasa Daud. Sekian dari kami semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian.

Baca :  Keutamaan Bulan Rajab dan Amalannya Sesuai Islam