6 Macam Sholawat Nabi Muhammad SAW & Keutamannya

Macam Sholawat Nabi – Sebagai umat muslim yang taat tentu kita dianjurkan untuk selalu mengamalkan dan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dimana sholawat ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga keutamaannya bagi seluruh umat muslim.

Berbicara mengenai sholawat, sholawat adalah pemberian rahmat dan kemuliaan. Sedangkan menurut malaikat, sholawat adalah memohonkan ampunan. Lalu dari umat manusia, sholawat adalah doa agar beliau (Nabi Muhammad SAW) dilimpai rahmat dan juga kemuliaan.

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai macam sholawat Nabi serta lengkap dengan dalil, hadits, manfaat dan juga keutamaannya. Untuk macam-macam sholawat nabi ini ada 6, diantaranya adalah Shalawat Fatih, Shalawat Nariyah, Shalawat Matsurah, Shalawat Mukafaah, Shalawat Ibrahimiyah, dan Shalawat Nur Al-Anwar.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai macam-macam sholawat Nabi Muhammad SAW serta manfaat dan keutamaan sholawat nabi yang telah kami siapkan berikut ini.

Macam Sholawat Nabi Muhammad SAW & Keutamannya

Macam Sholawat Nabi

Dalil Tentang Membaca Sholawat Nabi

Setiap macam-macam sholawat nabi memang dianjurkan untuk sering dibaca dan diucapkan setiap hari. Hal ini juga terdapat dalam berbagai hadits dan firman Allah SWT, seperti yang ada di dalam Surat An-nisa ayat 86 yang artinya adalah sebagai berikut:

Artinya : “Maka lakukanlah penghormatan dengan penghormatan yang lebih baik atau kembalikanlah penghormatan itu (QS. An Nisa: 86).”

Sebagai umat muslim kita tahu bahwa doa nabi adalah Syafaat, dan semua ulama juga sepakat bahwa doa nabi tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Disamping itu, ada hadits lain dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

Artinya : “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan sholawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.” (H.R. Abu Daud No. 2044 dengan Sanad Hasan)

Manfaat dan Keutamaan Sholawat Nabi

Berbicara mengenai manfaat dan juga keutamaannya, ada banyak sekali hadits yang menjelaskannya, diantaranya apa yang dikeluarkan oleh Imam Ahmad di dalam Musnadnya dari Haditsnya Anas bin Malik ra bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” HR Ahmad 19/57 no: 11998.

Berikut adalah manfaat dan keutamaan sholawat nabi yang wajib kalian ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dalam rangka menjalankan perintah Allah SWT
  • Meneladani perbuatan Allah SWT tatkala bershalawat kepada Nabi-Nya, walapu jelas jauh berbeda antara sholawat umat manusia dengan sholawat Allah SWT
  • Dapat mengangkat derajat dan menghapus kejelekan
  • Mengharap doa kita terkabul jika ditutup dengan bacaan sholawat nabi. Diriwayatkan juga dalam hadits Dailami berikut ini,

“Setiap do’a terhalangi sampai sekiranya ia mau bershalawat kepada Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam.” HR Dailami no: 4754. Dan dinyatakan hasan oleh al-Albani dalam Silsilahnya 5/57 no: 2035.

  • Sebagai penutup kesedihan seorang hamba
  • Termasuk hak-hak yang harus ditunaikan oleh umat Nabi Muhammad sebagai balasan atas kebaikan yang mereka dapatkan
  • Mendapatkan ketenangan jiwa serta manisnya iman dan tata dalam beribadah
  • Doa mudah terkabul
  • Disinari oleh pancaran cahaya iman, rahmat dan keberkahan
  • Hidup akan diiringi oleh semangat juang yang tinggi dalam beribadah
Baca :  √ Anjuran untuk Bersiwak Menurut Rasulullah SAW

Macam Sholawat Nabi

1. Shalawat Fatih

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada nabi Muhammad SAW, sebagai pemuka sesuatu yang terkunci, dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung.”

2. Shalawat Nariyah

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

3. Shalawat Matsurah

Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya.”

4. Shalawat Mukafaah

Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan berkah kepada junjungan kita Muhammad SAW yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah SWT, yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya.”

5. Shalawat Ibrahimiyah

Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad waalaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima waalaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta alaa sayyidinaa alaa sayyidinaa ibraahima wa alaa aali sayyidina ibraahima, fil aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya: “Ya Allah, berilah kasih saying kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayangmMu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya diantara makhluk makhlukmu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

6. Shalawat Nur Al-Anwar

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai pengertian, dalil, keutamaan dan macam-macam sholawat nabi yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai keutamaan maulid nabi Muhammad SAW yang telah niatpuasa.com sampaikan di postingan sebelumnya.

Baca :  13 Adab Bertetangga Menurut Islam yang Dianjurkan