9 Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Agar Tubuh Sehat

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW – Sehat adalah dambaan setiap manusia, dimana dengan kita sehat tentu kita dapat melakukan aktivitas apapun tanpa terganggu. Berbicara mengenai sehat, kita dapat mengikuti anjuran hidup sehat ala Rasulullah SAW.

Sebagai umat muslim, kita tentu dianjurkan untuk selalu mengikuti apa saja yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, salah satunya adalah dengan mencontoh perilaku hidup sehat yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti kita ketahui bahwa sehat memang mahal harganya, maka dari itu hidup sehat harus kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

Perlu diketahui juga bahwa semasa hidup, Nabi Muhammad SAW hanya pernah mengalami 2 kali sakit. Dimana yang pertama pada saat diracun oleh seorang wanita Yahudi, yang mana pada saat itu menghidangkan makanan kepada Rasulullah SAW sewaktu di Madinah.

Dan yang kedua adalah ketika Beliau sakit menjelang wafat. Melihat hal tersebut sudah seharusnya kita menjaga kesehatan. Musabab sehat adalah nikmat Allah SWT yang harus dijaga. Nah berikut ini adalah tips sehat ala Rasulullah SAW yang dapat kalian simak dibawah ini.

Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Agar Tubuh Sehat

Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

1. Tidak Tidur Terlalu Larut

Nabi Muhammad SAW tidak menganjurkan kita sebagai umatnya untuk bergadang atau tidur terlalu larus. Hal ini harus kita terapkan jika ingin sehat. Beliau sudah tidru kira-kira sebelum pukul 21.30 dan kemudian bangun puku 03.00 untuk melakukan sholat malam.

Baca :  6 Hikmah dan Keutamaan Wakaf Menurut Agama Islam

2. Berpuasa

Dalam hadits, Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Bahkan beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertentsi, diabetes danm kanker dapat disembuhkan dengan berpuasa.

3. Emosi

Menahan emosi juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW pernah menasehati sahabatnya sebanyak 3 kali yang berbunyi sama, yakni “Jangan Marah”. Nasihat ini menunjukkan bahwa hakikat kekuatan manusia bukan terletak pada jasad, melainkan kebersihan jiwa.

4. Menjaga Kebersihan

Kebersihan merupakan sebagian dari Iman. Pribadi Rasulullah SAW yang terkenal bersih dan juga rapih, setiap hari Kamis atau Jum’at, beliau secara rutin mencukur rambut halus di pipi, kemudian memotong kuku dan memakai wewangian. Beliau juga menjaga kebersihan mulut dengan cara bersiwak.

5. Menjaga Pola Makan

Rasulullah SAW selalu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Artinya beliau tidak makan berlebihan dan selalu teratur dalam mengkonsumsi makanan. Segala sesuatu yang berlebihan pada dasarnya tidak baik dan ini juga terbukti secara ilmiah.

6. Rajin Berolahraga

Olahraga juga sering dilakukan oleh Rasulullah SAW, yakni dengan berkuda, berlari, bergulat dan juga memanah. Beliau mengetahui manfaat dan pentingnya olahraga untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

7. Sering Berjalan Kaki

Hidup sehat ala Rasulullah SAW yang berikut adalah berjalan kaki. Beliau selalu berjalan kaki menuju ke tempat yang memang masih dapat ditempuh dengan berjalan. Seperti ketika menuju ke masjid, mengunjungi rumah sahabat dan lainnya. Berjalan juga dapat membuat kita berkeringat sehingga pori-pori tubuh terbuka dan melancarkan peredaran darah.

8. Bersilaturahmi

Menjalin silaturahmi juga menjadi salah satu hidup sehat Rasulullah SAW. Bersilaturahmi dan bersosialisasi kepada sahabat juga dapat menjaga kesehatan tubuh yang dapat kita tiru sebagai umatnya.

Baca :  Tata Cara Shalat Jamak dan Qasar Beserta Syaratnya

9. Berbekam

Dan yang terakhir adalah berbekam. Said bin Jubir berkata dari Ibn Abbas r.a bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Kesembuhan dapat diperoleh melalui tiga cara: pertama dengan meminum madu (obat herbal), dengan berbekam/hijamah, dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas (HR. Bukhori)”.

Nah itulah beberapa tips hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW yang dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain mengenai manfaat puasa Daud yang telah niatpuasa.com sampaikan di postingan sebelumnya.