3 Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Dalilnya

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW – Sebagai umat muslim, kita tentu biasanya akan merayakan maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikarenakan maulid Nabi menjadi hari yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Pada malam peringatan maulid Nabi Muhammad SW, Allah SWT telah memerintahkan kepada para hambanya untuk memperbanyak bersholawat atas Nabi. Bukan hanya manusia saja, anjuran bersholawat juga berlaku bagi para malaikat Allah SWT.

Dan untuk anjuran bersholawat ini juga sebagaimana firman Allah SWT di dalam surat Al-Azhab ayat 56 yang berbunyi sebagai berikut.

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Keutamaan maulid Nabi Muhammad SAW ini juga ada beberapa yang sangat perlu kalian ketahui. Hal inilah yang patut kita wariskan kepada anak-anak kita kelak agar selalu bersholawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW, karena akan ada banyak sekali berkah yang kita dapat pada perayaan maulid nabi ini. Seluruh dunia juga akan merayakan maulid nabi dengan cara bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Di bulan Rabi’ul Awal yang penuh dengan rahmat dan berkah ini, atau lebih tepatnya yakni pada tanggal 12 Rabi’ul Awal seluruh umat islam akan berlomba-lomba untuk melakukan amalan-amalan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan dalilnya yang sudah kami siapkan berikut ini.

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Dalilnya

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW

1. Ungkapan Cinta kepada Nabi Muhammad SAW

Dalam hadits ini diriwayatkan Imam Al-Bukhari, dikisahkan ketika Tsuwaibiah atau budak perempuan Abu Lahab (Paman Nabi) menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran Nabi Muhammad SAW, Abu Lahab pun akhirnya memerdekan Tsuwaibah sebagai tanda cinta dan kasih. Dan karena kegembiraanya ini, kela di hari kiamat siksa atas dirinya diringankan setiap hari senin tiba.

2. Meneguhkan Kecintaan pada Nabi Muhammad SAW

Sebagai umat muslim, kecintaan kita kepada Nabi Muhammad adalah suatu keharusan. Kecintaan ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan iman dan juga ketaqwaan kita sebagai umat muslim.

Artinya : “Tidak sempurna iman salah satu diantara kamu sehingga aku lebih dicintai olehnya daripada anaknya, orang tuanya dan seluruh manusia.” (HR. Bukhori Muslim).

3. Memperoleh Rahmat dari Allah SWT

Memuliakan Rasulullah SAW juga menjadi salah satu jalan untuk kita mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT berupa taman surga. Kemudian juga memberikan kesempatan umat muslim untuk dibangkitkan bersama dengan golongan orang-orang yang jujur, orang yang mati syahid dan juga orang-orang sholeh.

Imam Sirri Saqathi Rahimahullah berkata:

Artinya : “Barang siapa menyengaja (pergi) ke suatu tempat yang dalamnya terdapat pembacaan maulid nabi, maka sungguh ia telah menyengaja (pergi) ke sebuah taman dari taman-taman surga, karena ia menuju tempat tersebut melainkan kecintaannya kepada baginda rasul. Rosulullah bersabda: barang siapa mencintaku, maka ia akan bersamaku di syurga”.

Sebagai hari dimana lahirnya manusia paling mulia di bumi, kita sebagai umat muslim juga disunahkan untuk melakukan puasa sunnah 12 Rabiul Awal. Dimana puasa sunnah senin-kamis memang menjadi salah satu puasa yang sangat dianjurkan. Dengan hal ini kita tentu akan mendapat banyak sekali berkah dan rahmat dari Allah SWT. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai keutamaan Maulid Nabi Muhammad SAW diatas dapat bermanfaat. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  16 Hadits Tentang Silaturahmi Menurut Islam