7 Macam Bacaan Doa Ketika Sujud : Arab, Latin & Artinya

Macam Bacaan Doa Ketika Sujud – Sholat Fardhu atau sholat wajib merupakan salah satu kewajiban yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Sholat juga ada 2 macam, yakni fardhu/wajib dan juga sunnah.

Sholat wajib diantaranya adalah Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Sedangkan MACAM-MACAM SHOLAT SUNNAH diantaranya seperti sholat istikharah, sholat tahajud, sholat dhuha dan masih ada beberapa lainnya.

Sebagai umat muslim tentunya kita sudah tahu betul bagaimana tata cara sholat dan niat yang baik dan benar. Khususnya unutk sujud, disini kami akan membahas beberapa macam bacaan doa ketika sujud.

Posisi sujud dalam sholat merupakan posisi hamba yang paling denkat dengan sang pencipta. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hajj ayat 77 yang artinya sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu dan perbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.”

Macam Bacaan Doa Ketika Sujud : Arab, Latin & Artinya

Macam Bacaan Doa Ketika Sujud

Dengan sujud, seseorang sejatinya mengakui bahwa dirinya lemah di hadapan sang pencipta. Artinya, kalian benar-benar memasrahkan diri kepada Allah SWT sebagai hamba yang kecil tanpa daya dan upaya tanpa bantuanNya.

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk memperbanyak doa ketika sujud,

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa ketika itu.” (HR. Muslim No. 1111, dari Abu Hurairah)

Macam Bacaan Doa Sujud

Para ulama dari mazhab Al-Hafiyah, Al-Malikiyah dan Asy-Syafi’iyah menyebutkan bahwa lafadz-lafadz yang dibaca ketika sujud yakni berupa takbir, tasbih dan doa hukumnya sunnah dan bukan wajib. Sedangkan untuk mazhab Al-Hanabilah, membaca sujud hukumnya adalah wajib.

Baca :  Doa Ketika Angin Kencang Arab, Latin dan Artinya

Dalam sujud terakhir terdapat doa-doa yang dapat kalian panjatkan, diantaranya adalah berikut ini.

Bacaan Doa Sujud Pertama

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى

Subhaana robbiyal a’laa. (Tiga kali)

Artinya: “Maha Suci Rabb-ku yang Maha Tinggi”

Bacaan Doa Sujud Kedua

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ‎

Subhaana robbiyal a’laa wa bihamdih. (Tiga kali)

Artinya: “Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi, dan memujilah aku kepada-Nya”

Bacaan Doa Sujud Ketiga

سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ، رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ‎

Subbuuhun qudduusun robbul malaa-ikati war ruuh.

Artinya: “Maha Suci, Maha Qudus (Maha Mulia), Rabb-nya Para Malaikat dan Ruh” (HR. Muslim no. 487)

Bacaan Doa Sujud Keempat

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي‎

Subhaa-nakallahumma robbanaa wa bihamdika, allahummaghfir-lii.

Artinya: “Maha Suci Engkau Ya Allah, Wahai Rabb kami, dan dengan memuji-Mu, Ya Allah, berilah ampunan untukku”

Bacaan Doa Sujud Kelima

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي كُلَّهُ دِقَّهُ، وَجُلَّهُ، وَأَوَّلَهُ وَآخِرَهُ وَعَلَانِيَتَهُ وَسِرَّه‎

Allahummagh-fir-lii dzan-bii kullahuu, diqqahuu, wa jullahuu, wa awwa-lahuu, wa aa-khirohuu, wa ‘alaa-niya-tahuu wa sirrohuu.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah seluruh dosaku, yang sekecil-kecilnya dan yang sebesar-besarnya, yang pertama dan yang terakhir, yang terang-terangan dan yang tersembunyi”

Bacaan Doa Sujud Keenam

اللهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَلَكَ أَسْلَمْتُ، سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ، وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، تَبَارَكَ اللهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ‎

Allahumma laka sajad-tu, wa bika aamantu, wa laka aslam-tu. Sajada wajhii lilladzii khala-qohuu, wa shawwa-rohuu, wa syaqqo sam’ahuu wa basharahuu, tabaarokallahu ahsanul kholiqiin.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud, kepada-Muaku beriman dan kepada-Mu lah aku menyerahkan diriku. Dan Engkaulah Rabb-ku. Wajahku bersujud kepada Dzat yang telah menciptakan dan membentuknya, maka baikkanlah bentuknya. Dan Yang telah menjadikan diriku mendengar dan melihat. Maka Maha Suci Allah, sebaik-baiknya pencipta”

Bacaan Doa Sujud Ketujuh

سُبْحَانَ ذِي الْجَبَرُوتِ وَالْمَلَكُوتِ وَالْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ‎

Baca :  Doa Puasa Ramadhan Hari Ke 8 Serta Keutamaannya

Subhaana dzil jabaruut, wal malakuut, walkibriyaa, wal ‘adzamah.

Artinya: “Maha Suci Pemilik Keperkasaan, dan Kekuasaan, dan Keangkuhan, dan Keagungan”

Nah itulah beberapa doa-doa yang dapat kalian baca ketika sujud. Mungkin hanya ini saja yang dapat niatpuasa.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua mengenai bacaan doa ketika sujud.