5 Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah Menurut Nabi

Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah – Kematian adalah salah satu hal yang pasti. Sebagai seorang muslim, tentunya harus senantiasa melaksanakan setiap perintahNya dan menjauhi semua laranganNya. Seperti kita ketahui bahwa hati manusia tak ubahnya seperti angin, yang mana seringkali berpindah dan berubah-ubah.

Begitu pula dengan iman, terkadang keimanan yang ada di hati kita bisa naik dan juga bisa menurun dengan sangat drastis. Sebagai muslim tentunya menginginkan meninggalkan dunia dalam keadaan yang baik, beriman dan melafadzkan nama Allah SWT di akhir nafas.

Semua pastinya berharap masih dapat mengucapkan syahadat ketika nyawa dicabut oleh malaikat Izrail. Dengan harapan agar selalu hidup dalam keadaan beriman kepada Allah SWT sampai ajal menjemput, sehingga kita dapat meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Berbicara mengenai husnul khotimah, MATI SYAHID bisa dikategorikan sebagai salah satu kematian yang baik atau husnul khotimah. Baiklah daripada penasaran, lebih baik langsung saja kalian simak informasi mengenai doa mohon meninggal husnul khotimah menurut Nabi SAW yang dapat kalian simak berikut.

Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah Menurut Nabi

Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah

Apa Arti Husnul Khotimah

Perlu kalian ketahui juga bahwa Husnul berasal dari kata “hasan” yang berarti “baik”. Sedangkan khotimah berarti “akhir” atau dapat diartikal akhir hidupnya atau meninggal. Jadi, makna dari kalimat husnul khatimah adalah meninggal dalam keadaan terbaik.

Sebagai pengetahuan bahwa pengucapan atau penulisan kata husnul khotimah dan khusnul khotimah yang benar adalah husnul khotimal. Khusnul Khotimah secara arti adalah meninggal dalam keadaan yang dihinakan. Khusnul sendiri berarti “hina” sedangkan khotimah “akhir”.

Baca :  7 Doa Ketika Merindukan Seseorang Sesuai Ajaran Islam

Penyebab Orang Meninggal Khusnul Khatimah

Sesuai dengan unghkapan Imam Suyuti dalam Syarh As Shudur bahwa penyebab orang menjadi khusnul khotimah adalah sebagai berikut.

قال السيوطي: قال بعض العلماء الأسباب المقتضية لسوء الخاتمة والعياذ بالله أربعة: التهاون بالصلاة وشرب الخمروعقوق الوالدين وأذى المسلمين

Sebagian ulama juga mengatakan, sebab-sebab yang menjadikan khusnul khotimah ada 4 perkara, yakni:

  • Menyepelekan urusan sholat
  • Minum khamr
  • Durhaka kepada kedua orang tua
  • Menyakiti saudara muslimin

Maka dari itu amalkan doa mohon meninggal husnul khotimah agar kita dapat meninggal dunia dengan kondisi yang terbaik. Ada beberapa doa mohon meninggal husnul khotimah yang dapat kalian simak berikut ini.

1. Doa Agar Meninggal Husnul Khatimah

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ فِيهِ

“Allahummaj’al Khoiro ‘Umrii Aakhirohu, Wa Khoiro ‘Amalii Khowaatimahu, Wa Khoiro Ayyaamii yauma Alqooka Fiihi.”

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baiknya amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baiknya hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.”

2. Doa Agar Meninggal Husnul Khotimah

اَللهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِىْ وَخَيْرَ عَمَلِىْ خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ اَيَّامِىْ يَوْمَ لِقَآئِكَ

“Allaahummaj’al Khoiro Umrii wa Amalii Khowaa Timahu wa Khoiro Ayyaamii Yauma Liqooika”.

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah sebaik-baiknya umurku hingga ajal (menjemput) diriku, dan jadikanlah sebaik-baiknya perbuatanku hingga kesudahannya, dan sebaik-baiknya masaku hingga berjumpa dengan-Mu.”

3. Doa Mohon Meninggal Husnul Khotimah

َللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَة

“Allahummakhtim Lanaa Bil Islaami Wakhtim Lanaa bil Iimaani Wakhtim Lanaa bi Husnil Khootimati.”

Artinya : “Ya Allah, akhirilah hidup kami dengan Islam, akhirilah hidup kami dengan membawa iman dan akhirilah hidup kami dengan husnul khotimah.”

4. Doa Agar Wafat Husnul Khotimah

فَاطِرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ أَنتَ وَلِىِّۦ فِى ٱلدُّنْيَا وَٱلْءَاخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِى مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Baca :  Doa Ziarah Kubur : Adab, Tata Cara, dan Hukum Ziarah

“Fatiras-samawati wal-ard, anta waliyyi fid-dun-ya wal-akhirah, tawaffani muslimaw wa al-hiqni bis-saalihiin.”

Artinya : “Ya Allah, Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh.” (QS. Yusuf ayat 101).

5. Doa Mohon Wafat Husnul Khotimah

رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ

“Rabbana afrig ‘alaina ṣabraw wa tawaffana muslimin.”

Artinya : “Ya Rabb Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu).” (QS. Al A’raf ayat 126).

Nah itulah beberapa doa-doa yang dapat kalian baca agar meninggal dalam keadaan husnul khotimah bukan khusnul khotimah. Bacaan doa tersebut dapat senantiasa kalian baca ketika selepas sholat maupun di waktu kapan pun ketika sempat. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat niatpuasa.com sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.