5 Keutamaan Aqiqah dalam Islam yang Wajib Diketahui

Keutamaan Aqiqah – Sebelumnya kita sudah sempat membahas bagaimana ketentuan aqiqah dan juga syarat sah aqiqah untuk anak laki-laki dan perempuan. Nah pada pertemuan kali ini kami juga masih akan membahas seputar aqiqah, yakni keutamaan aqiqah dalam islam yang wajib diketahui. Aqiqah sendiri menurut bahasa berarti memotong, dimana menurut Imam Syaukani, Aqiqah adalah sembilahan untuk bayi, sedangkan Al’Aqqu pada dasarnya bernama Asy Suaqqu (memotong) dan Al Qath’u (memotong).

Sembelihan tersebut dinamakan aqiqah karena tenggorokannya dipotong. Lalu menurut Zamakhsyari, arti dasar aqiqah ini adalah rambut bayi. Akan tetapi menurutnya juga, aqiqah berarti kambing yang dipotong atau disembelih. Berbicara mengenai hadits yang membahas mengenai aqiqah, di artikel sebelumnya juga kita sudah sempat membahas mengenai hadits-hadits tersebut. Hukum aqiqah dalam Islam ini adalah sunnah muakkadah atau dianjurkan.

Dan ada salah satu hadits riwayat Sulaiman bin Amir Adh Dhaby RA berkata :

Rasulullah saw bersabda: “anak yang baru lahir hendaknya diaqiqahi, alirkanlah darah (sembelihlah kambing) dan hilangkanlah kotoran serta penyakit yang menyertai anak tersebut (cukurlah rambutnya).” (H. R. Bukhori dalam shahihnya secara mu’allaq (tanpa menyebutkan sanad) dan Thahawi menilai hadits itu sebagai hadits maushul. Hadits itu juga diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, dan Turmudzi)

Diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab rodliyallahu anhu berkata: Rasulullah SAW bersabda: “setiap anak yang dilahirkan itu tergadai dengan aqiqahnya, yaitu seekor kambing yang disembelih untuknya pada hari ketujuh, lalu si anak diberi nama dan rambut kepalanya dicukur.” (h. R. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah)

Keutamaan dalam aqiqah ada beberapa poin yang dapat kita pahami dan pelajari. Seperti salah satunya adalah untuk mendoakan bayi yang baru lahir dan juga mendapatkan pahala karena aqiqah sendiri merupakan sunnah rasul. Disamping itu juga ada beberapa poin penting keutamaan aqiqah yang dapat kalian pelajari di pembahasan utama artikel yang kami bahas kali ini. Baiklah dari pada penasaran langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai keutamaan aqiqah dalam Islam yang wajib diketahui berikut ini.

Keutamaan Aqiqah dalam Islam yang Wajib Diketahui

Keutamaan Aqiqah dalam Islam yang Wajib Diketahui

Keutamaan Aqiqah dalam Islam yang Wajib Diketahui

1. Mendapat pahala karena melaksanakan sunnah Rosul

Melaksanakan sunnah Rasul sama aja membuktikan kalau diri kita mencintai Nabi Muhammad dan mencintai Islam. Mengapa demikian? Karena semua sumber dasar Islam ada pada Al Quran dan As Sunnah yang mana aqiqah adalah salah satu isi yang ada didalam sunnah itu.

2. Menghilangkan kotoran dan penyakit

Aqiqah juga disertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit.

3. Meningkatkan ibadah kepada Allah

Pada acara aqiqah biasanya disertai dengan pembacaan al quran 30 juz, atau pembacaan yasin dan tahlil, doa-doa dan lain sebagainya. Hal ini membuat pelaksana aqiqah menjadi meningkat rasa cinta iobadahnya dengan berbuat demikian.

4. Mendoakan sang bayi

Pada aqiqah biasanya disertai doa-doa untuk mendoakan bayi sehingga dapat menjadi keuntungan untuk bayi yang tiada terhintung jumlahnya.

5. Meningkatkan rasa cinta sosial sesama muslim

Dengan membagi aqiqah pada sesama muslim dapat meningkatkan rasa solidaritas sesama muslim sehingga menumbuhkan cinta terhadap sesama muslim pula.

Itulah beberapa keutamaan aqiqah bagi umat muslim. Selain itu juga untuk jumlah aqiqah, untuk anak laki-laki dianjurkan 2 ekor kambing, sedangkan untuk perempuan hanya 1 ekor saja. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Kalian juga dapat membaca postingan lain mengenai syarat hewan qurban. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  4 Syarat Sah Aqiqah Anak Laki-Laki dan Perempuan