Bacaan Doa Walimatul Khitan 2020 : Arti & Hukum

Doa Walimatul Khitan – Setiap muslim khususnya laki-laki memang diwajibkan untuk melakukan khitan. Perlu kalian ketahui juga sebagai muslim, bahwasannya khitan sendiri memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan juga melindungi dari penyakit menular dan infeksi saluran kemih.

Dalam Islam, melaksanakan khitan biasanya diiringi dengan beberapa rangkaian acara, seperti arak-arakan keliling menunggang kuda yang sudah menjadi tradisi di beberapa daerah, kemudian khataman Al-Qur’an atau pengajian sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Akan tetapi pada inti acara yang diadakan berkaitan dengan Walimatul Khitan, yang mana hendaknya bertujuan untuk mendoakan si anak yang dikhitan agar menjadi pribadi yang sholeh, berbaik kepada kedua orang tua, beriman kepada Allah SWT dan doa lain yang baik-baik.

Nah berbicara mengenai khitan, disini kami akan membahas mengenai bacaan doa walimatul khitan lengkap dengan arti dan juga hukum mengadakan walimatul khitan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini.

Bacaan Doa Walimatul Khitan : Arti & Hukum

Bacaan Doa Walimatul Khitan

Hukum Mengadakan Walimatul Khitan

Dalam Islam, status pelakasanaan khitanan adalah wajib. Namun hukum mengadakan walimah atau acara hajatan bagi kalangan ulama masih berbeda pendapat. Sebagian ulama ada yang membolehkan, namun sebagian ulama mengatakan hukumnya makruh.

Dan sebagian ulama lain berpendapat bahwa mengadakan walimahan khitan hukumnya mubah (boleh) karena hal tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan juga bentuk kasih sayang orang tua kepada anak.

Arti Walimah

Berbicara mengenai artik walimah, secara isitilah mirip dengan kata kenduri di dalam bahasa Indonesia. Istilah kata walimah lebih familier digunakan untuk istilah pesta pernikahan. Bagi kalangan masyarakat Arab, kata walimatul khitan lebih dikenal dengan nama A’dzar.

Baca :  Doa Pembuka Hati dan Pikiran Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Mengadakan walimatul khitan sebagaiknya dilakukan dengan cukup sederhana sebagai rasa sukur kepada Allah SWT, alangkah baik hindari acara yang mewah dan berlebihan. Perbanyak sedekah kepada tetangga, anak yatim piatu dan kaum dhuafa sebagai alternatif mengungkapkan rasa sukur kita kepada yang maha kuasa.

Doa Walimatul Khitan

Doa yang kerap dibacakan pada acara khitanan yakni berisi harapan agar si anak menjadi pribadi yang sholeh, baik, beriman, patuh kepada kedua orang tua dan bermanfaat bagi agama dan bangsa serta sesama manusia. Lalu untuk doa walimatul khitan dapat kalian simak dibawah ini.

اَللهم وَفِّقْنَا ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-Mu, serta jauhkan kami dari perbuatan hina. Ya Allah, terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah sakit kami karena khitan ini, bayarkanlah utang-utang kami, wujudkanlah cita-cita kami, serta lapangkanlah rezeki kami, wahai Zat Yang Maha Memberi. Ya Allah, semoga Engkau memberikan keselamatan kepada kami, orang-orang yang menunaikan ibadah haji, orang-orang yang berperang di jalan-Mu, serta kepada para musafir, yaitu umat Rasulullah Muhammad Sallallahu Alaihi Wasalam, baik yang ada di darat maupun di laut. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Maha suci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dan segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) sematkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah. Segala puji hanya milik Allah, Tuhan Semesta Alam.”

Baca :  Doa Naik Pesawat : Arab, Latin & Artinya

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai bacaan doa walimatul khitan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai doa walimatul ursy yang telah niatpuasa.com sampaikan di postingan sebelumnya.