Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

Niat Mandi Wajib – Dalam menjalankan sholat wajib diharuskan dalam keadaan suci, sehingga kita diharuskan untuk mandi terlebih dahulu. Dalam hal ini kita perlu mandi wajon atau juga mandi junub yang dilakukan dengan menggunakan air bersih. Untuk tata caranya di alirkan dari ujung kepada sampai ujung kaki, dalam melakukan mandi wajib harus membaca niat mandi wajib.

Tentunya tidak hanya mau menjalankan ibada sholat wajib saja, untuk menjalankan ibada puasa juga harus keadaam suci. Semisalnya saja untuk kalian yang belum menikah dan waktu tidur mengalami mimpi basah, kalian semua diharuskan untuk mandi wajib terlebih dahulu. Sedangkan untuk kalian yang sudah menikah dan melakukan hubungan suami istri dan beberapa hal lainnya, diwajibkan untuk mandi wajib atau mandi junub.

Dalam melakukan mandi wajib, kita harus niat mandi wajib terlebih dahulu. Sama halnya kita mau sholat witir kita akan membaca doa sholat witir. Mungkin sebagian dari kalian semua ada yang masih belum tahu akan tata cara mandi wajib dan doa niat mandi wajib, oleh karena itu. Pada kesempatan yang sangat baik ini, kami akan informasikan kepada anda semua secara lengkap niat mandi wajib dan tata caranya.

Dalam melakukan mandi wajib terdapat keutamaan yang kalian rasakan, sama halnya dengan bulan puasa yang terdapat keutamaan bulan ramadhan. Bahkan di bulan yang suci, kita akan mendapatkan hikmah bulan ramadahan, namun sebelum itu kita semua harus dalam keadaan suci terlebih dahulu. Sehingga kalian semua diharuskan bersuci terlebih dahulu dengan cara mandi wajib atau mandi junub. Berikut ini tata cara dan doa niat mandi wajib yang sudah kami persiapkan untuk kalian semuanya.

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

Niat Mandi Wajib Dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

Niat Mandi Wajib dan Tata Cara Yang Wajib Diketahui

Untuk melakukan mandi wajib, kita semua harus mengikuti tata cara mandi wajib. Selain itu juga kita harus tahu akan doa niat mandi wajib dan keutamaan dari mandi wajib atau mandi junub. Adapun beberapa hal yang membuat kita semua diharuskan untuk melakukan mandi wajib, berikut doa niat mandi wajib yang sudah kami persiapkan untuk anda semuanya.

Tata Cara Mandi Wajib

  • Untuk langkah yang pertama membaca niat mandi wajib atau mandi junub
  • Lalu tahap selanjutnya bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali
  • Kemudian bagian kemaluan dan bersihkan bagian yang kotor dengan tangan kiri
  • Setelah itu bersihakn tangan dengan sabun
  • Berwudhu
  • Kemudian guyurkan ke kepada sebanyak 3 kali
  • Cuci kepala bagian kanan dan kiri
  • Siram bagian badan dari sisi kanan samapi sisi kiri

Doa Niat Mandi Wajib

Nawaitul ghusla lirof’il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya :” Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadast besar, fardhu karena Allah Ta’ala”.

Sunnah Mandi Wajib

  • Baca basmallah sebelum melakukan mandi wajib
  • Basuh badan sebanyak 3 kali
  • Berwudhu
  • Utamakan lakukan mulai sebelah kanan terlebih dahulu
  • Baca doa setelah selesai

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana ada beberapa hal yang menyebabkan kalian semua harus mandi wajib. Diatas juga sudah kami sampaikan beberapa hal yang membuat kita harus mandi wajib yakni mimpi basah, kaluar air mani, berhubungan suami istri, haid, nidas dan lainnya. Dengan mengalami beberapa hal seperti tersebut, kalian semua wajib untuk melakukan mandi wajib atau junub. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Baca :  Doa Setelah Sholat Jumat & Dzikir Terlengkap