Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal : Arab, Latin & Artinya

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal – Sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk selalu mendoakan orang tuanya meskipun orang tuanya sudah meninggal. Karena doa dari anak-anak sholeh bisa membantu orang tua mereka di akherat. Islam memang mengajarkan seorang anak untuk berbakti kepada orang tuanya yang masih hidup atau sudah meninggal.

Salah satu cara anak berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal adalah memberikan doa kepada orang tuanya. Buat kalian yang orang tuanya sudah meninggal dunia, maka wajib untuk menghafal doa untuk orang tua yang sudah meninggal ini. Serta mengetahui arti dari doa yang di hafal tersebut.

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal memang cukup banyak. Tidak hanya 1 saja namun ada beberapa doa untuk orang tua yang sudah meninggal. Untuk waktu membaca doa ini bagusnya ketika setelah melaksanakan shalat lima waktu.

Menghafal doa untuk orang tua yang sudah meninggal cukup mudah karena doanya tidak panjang sama seperti doa masuk rumah. Doa Islam ini memang dianjurkan untuk di hafal dari arab sampai latinnya. Untuk lebih jelasnya mengenai doa untuk orang tua yang sudah meninggal, bisa anda simak informasi lengkapnya dibawah ini.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Melihat dari berbagai pendapat para ulama, anak yang ingin berbakti kepada orang tuanya yang sudah meninggal ada beberapa cara. Selain membaca dan menghafal doa untuk orang tua yang sudah meninggal. Alangkah baiknya kalian juga melakukan hal-hal lainnya seperti dibawah ini.

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

1. Selalu berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan ampunan kepada orang tua kita

Baca :  Doa Memakai Pakaian & Melepas : Arab, Latin & Artinya

2. Menshalatkan dan menguburkan jenazah orang tua dengan baik sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW

3. Membayar dan melunasi semua hutang orang tua jika ada ketika masa hidupnya

4. Selalu menjaga nama baik orang tua yang sudah meninggal

5. Menyambung tali silaturahmi kepada saudara-saudara orang tua kita

6. Melakukan waksiat yang diminta oleh Orang Tua kita

7. Sering ziarah ke makam orang tua

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Arab :

Latin :

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya :

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”


Arab :

Latin :

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu‘allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”


Arab :

Latin :

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa‘fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”


Arab :

Latin :

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya :

“Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (baca Surat Al-Fatihah).”

Demikian informasi mengenai doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang belum mengetahui doa untuk orang tua yang meninggal Dunia.

Baca :  Doa Minta Hujan Beserta Latin dan Artinya