6 Doa Saat Hadapi Ujian Nasional Sekolah Agar Lulus

Doa Saat Hadapi Ujian Nasional Sekolah – Ujian sekolah memang menjadi salah satu ujian yang sangat penting bagi anak-anak kita. Dimana dengan menyelesaikan ujian tersebut maka kita berharap agar mereka mampu lulus sekolah dengan nilai yang memuaskan.

Sebagai umat muslim, kita memang diwajibkan untuk selalu berdoa dan juga berikhtiar dalam hal apapun, mulai dari doa ketika bepergian, masuk masjid dan lainnya. Salah satu doa lainnya yakni ketika kita hendak menghadapi ujian nasional sekolah. Selain belajar dengan giat dan tekun, berdoa kepada Allah SWT menjadi poin penting yang wajib dijalankan.

Untuk kalian yang mungkin sebentar lagi menjalani ujian nasional sekolah, kalian dapat membaca doa saat hadapi ujian nasional sekolah agar lulus dan mendapatkan predikat nilai yang memuaskan. Ada beberapa doa saat hadapi ujian nasional sekolah yang akan kami sampaikan disini.

Semoga dengan membaca doa-doa yang kami sampaikan pada pertemuan kali ini dapat membantu kalian untuk menghadapi ujian nasional sekolah yang sebentar lagi tiba. Baiklah langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Doa Saat Hadapi Ujian Nasional Sekolah Agar Lulus

Doa Saat Hadapi Ujian Nasional Sekolah

Bacaan Doa 1

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Alllahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alu hazna idza syi’ ta sahlan

Artinya : ”Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau membuatnya mudah. Dan engkau mnjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Bacaan Doa 2

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Rabbi zidnii ‘ilmaa

Artinya : ”Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”

Baca :  Doa Ketika Berpapasan Dengan Ular : Arab dan Artinya

Bacaan Doa 3

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيَّ فُتُوْحَ الْعَارِفِيْنَ بِحِكْمَتِكَ وَانْشُرْ عَلَيَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِيْ مَانَسِيْتُ يَاذَا الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ

Allahummaftah alayya futuuhal aarifiin bihikmatika wanshur alayya rahmataka wa dzakkirnii maa nasiitu yaa dzal jalaali wal ikraam

Artinya : ”Ya Allah,bukakanlah bagiku sebagaimana terbukanya orang-orang yang arif dengan ilmu kebijaksanaan-Mu,dan curahkanlah untukku,akan rahmat-Mu,dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan,wahai Zat yang mempunyai keagungan dan kemulyaan”

Bacaan Doa 4

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya : “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,” (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Bacaan Doa 5

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِاْلحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ اْلفَاتِحِيْنَ

Rabbanaftah bainana wa baina qoumina bil-haqqi wa anta khoirul fatihin

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum dengan benar. Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

Bacaan Doa 6

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrohlii shodri wa yassirlii amrii wahlul uqdatamillisani yafqohu qouli

Artinya : ”Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Quran Surah Thaahaa : 25-28).