6 Amalan Malam Isra Miraj dan Doa yang Dianjurkan

Amalan Malam Isra Miraj – Ada banyak sekali jenis amalan yang di berikan Allah SWT kepada umat-Nya untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Seluruh amalan tersebut nantinya akan di catat sebagai kebaikan dan akan menjadi bekal kelak di hari akhir.

Dari begitu banyaknya jenis amalan yang di sunnahkan oleh Allah SWT, tentu saja kita semua sudah tahu bahwa ketika terjadinya malam isra miraj kita juga disunahkan untuk melakukan berbagai macam alaman.

Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, karena isra miraj sendiri merupakan perjalanan yang di lakukan oleh Nabi Muhammad SAW  hanya dalam waktu yang singkat yakni satu malam.

Dalam perjalanan tersebut ada dua hal yang di kerjakan oleh beliau yaitu perjalanan dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa yang di sebut dengan Isra. Dalam perjalanan ini beliau di dampingi oleh Malaikat Jibril.

Doa dan Amalan Malam Isra Miraj

Doa dan Amalan Malam Isra Miraj

Lalu dalam Miraj, Nabi Muhammad SAW di naikan ke langit oleh Allah SWT bahkan sampai langit ke tujuh atau di sebut Sidratul Muntaha yang mana tempat tersebut merupakan tempat tertinggi.

Setelah sampainya Nabi Muhammad SAW ke tempat tersebut, beliau langsung mendapatkan perintah oleh Allah SWT untuk menunaikan shalat fardhu atau shalat 5 waktu setiap harinya.

Dan peristiwa tersebut merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam. Lalu apa saja sih amalan malam isra miraj yang sudah seharunya di kerjakan setiap umat muslim untuk memperingati periswita paling sejarah di dalam ajaran agama islam tersebut.

Bicara mengenai hal tersebut, tentu saja ada beberapa amalan yang bisa di kerjakan ketika malam isra miraj. Namun satu diantara amalam malam isra miraj yang paling utama adalah membaca atau memanjatkan doa malam isra miraj.

Baca :  12 Hikmah Isra Miraj Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jadi ketika hari dimana isra miraj datang, kita disunakan untuk melakukan sebuah amalan dengan membaca doa yang merupakan salah satu amalan malam isra miraj paling utama.

Bagi anda yang belum mengetahuinya berikut adalah bacaan doa yang bisa di panjatkan sebagai amalan dimalam isra miraj datang serta beberapa amalam lain yang bisa di lakukan.

1. Membaca Doa Malam Isra Miraj

Doa Malam Isra Miraj

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemuliaan khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan.”

2. Memperbanyak Istigfar

Selain disunnahkan untuk membaca doa malam isra miraj diatas, kita juga di bisa mengerjakan beberapa amalan malam isra miraj lainnya seperti halnya memperbanyak membaca istigfar yang bisa di kerjakan sebanyak mungkin saat pagi dan sore hari.

3. Berpuasa

Selain itu, amalan lain yang bisa di kerjakan ketika malam isra miraj datang adalah berpuasa baik itu puasa senin kamis ataupun puasa sunnah. Yang dimana amalan ini juga sudah di sarankan oleh Nabi Muhammad terutama pada bulan-bulan tertentu seperti Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

4. Jauhi Maksiat

Kemudian alaman malam bulan isra miraj yang selanjutnya adalah menjauhi maksiat baik itu, maksiat tangan, maksiat mulit, dan juga mata yang bisa terjadi baik senagaja ataupun tidak senagaja. Dengan menghindari maksiat, kita berharap amalan tersebut akan di terima oleh Allah SWT.

Baca :  Bacaan Niat Puasa Rajab Bahasa Arab dan Latin

5. Perbanyak Sedekah

Sedekah merupakan perbuatan yang di anjurkan didlam ajaran agama Islam. Karena didalam sedekah sendiri banyak menyimpan hikmah dan keajaiban dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan memperbanyak sedekah sendiri adalah untuk mencapai keberkahan Allah SWT.

6. Jangan Tinggalkan Sholat

Seperti diatas kami sampaikan, bahwasannya dimalam Isra Miraj sendiri merupakan malam dimana Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah langsung dari Allah SWT untuk selalu mengerjakan sholat 5 waktu dalam satu hari.

Maka dari itu amalan malam isra miraj yang juga tidak kalah pentingnya adalah kita di wajibkan untuk tidak meninggalkan shalat. Selain sebagai tiang agama, sholat sendiri akan memberikan begitu banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Itulah kiranya beberapa amalam malam isra miraj dan juga bacaan doa yang di sunnahkan untuk dibaca ketika malam isra miraj datang. Tentunya dengan kita mengamalkan beberapa amalan diatas tentu akan memberikan dampak yang begitu baik pada kehidupan sehari-hari kita di dunia ini.