12 Hikmah Isra Miraj Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hikmah Isra Miraj – Tanggal 27 Rajab merupakan hari dan tanggal di mana begitu dikenang oleh setiap umat muslim di seluruh dunia. Pasalnya pada tanggal tersebut seluruh umat islam akan memperinganti Isra Miraj. Yang dimana pada tanggal tersebut telah terjadi peristiwa begitu penting.

Dimana peristiwa terseut adalah peristiwa naiknya Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha yang merupakan sebuah ruang tak tersentuh oleh umat manusia. Selain itu pada tanggal tersebut pun kita tahun bahwa Nabi Muhammad SAW juga mendapatkan sebuah perintah untuk menunaikan sholat 5 waktu dalam sehari.

Jadi tidak ada salahnya apabila kita sebagai umat muslim merasa begitu bangga ketika setiap tahunnnya selalu bertemu dengan tanggal tersebut. Namun juga tidak ada salahnya apabila ketika bertemu anda juga mengamalkan beberapa amalan malam Isra Miraj yang tentu akan bisa berbuah baik pada kehidupan anda.

Tidak hanya sampai disitu, seperti kita ketahui dalam malam tersebut pun banyak sekali makna yang bisa kita dapatkan termasuk juga hikmah Isra Miraj bagi kehidupan kita sehari-hari. Yang pastinya amalan dan juga makna tersebut tidak akan perah di dapatkan pada bulan-bulan islam lainnya.

Hikmah Isra Miraj Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Hikmah Isra Miraj

Beberapa himkah yang bisa di ambil dari peristiwa Isra Miraj tersebut pun tentu saja sangatlah beragam. Nah untuk anda yang ingin mengetahui apa saja hikmah yang bisa di dapat ketika malam Isra Miraj datang. Silahkan simak artikel terbaru niatpuasa.com berikut ini.

1. Tasliyah Saat Berduka Cita

Salah satu hikmah yang bisa di dapat dari Isra Miraj untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai Tasliyah atau (Hiburan) disaat anda sedang berduka cita ataupun sedang mengalami kseulitan.

Dimana hal ini juga di rasakan Rasulullah ketika mengalami cobaan yang datang silih berganti. Bahkan ketika Rasulullah menerima perintah untuk sholat 5 waktu tersebut saat berada di tahun berduka cita beliau.

2. Memperhatikan Masjid Al Aqsha

Ketika Rasulullah menyampaikan peristiwa Isra Miraj, para sahabat beliau pun langsung memikirkan kelangsungan Masjid Al Aqsha. Yang mana disaat itu, Masjid tersebut masih berada di genggaman Romawi.

Bahkan tidak segan-segan, para sahabat beliau pun memiliki azam atau kemauan untuk bisa dan segera membebaskan masjid tersebut ketika masa kekhalifahan Umar Bin Khattab.

3. Islam Agama Fitrah

Dari berabgai rangkaian peristiwa isra miraj yang ada. Ketika Nabi Muhammad SAW selesai melaksanakan shalat dua rakaat di Baitul Maqdis. Kemudian Jibril datang dengan membawa dua minuman yang berisi susu dan juga khamar.

Disini beliau tanpa berpikir panjang dan memilih untuk meminum susu. Kemudian Malaikat Jibril pun berkata kepada beliau, “Sungguh engkau telah memilih fitrah (kesucian)”. Dalam hal ini bisa kita gambarkan bahwa Islam merupakan agama yang Kesucian dan Fitrah.

4. Rasulullah Pemimpin Para Nabi

Selain itu hikmah Isra Miraj yang selanjutnya adalah menegaskan dan menguatkan bahwa Rasulullah SAW merupakan pemimpin para Nabi serta Rasul.

Hal ini jelas terbukti ketika beliau berada di Masjid Al Aqsha, dimana ketika selesai melaksanakan shalat dua rakaat untuk mengimami ruh pada Nabi. Dan hal tersebut terjadi ketiak beliau belum naik miraj ke langit.

Baca :  Kumpulan Dzikir Bulan Rajab Beserta Doa dan Amalannya

5. Urgensi Shalat

Seperti kita ketahui berasma Shalat merupakan hal wajib yang harus di kerjakan setiap orang muslim untuk menjadi bukti bahwa mereka taat dan berada di jalan Allah.

Selain itu dengan adanya peristiwa isra miraj, kita semua tahu bahwasannya shalat merupakan hal agung. Hal ini mengingat perintah mengejakan Shalat langsung di berikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW tanpa perantara Malaikat Jibril.

6. Kedudukan Masjid Al Aqsha

Hikmah isra miraj yang selanjutnya yakni menujunkan bahwa kedudukan penting dan mulia dari sebuah bangungn Masjid Al-Aqsha yang memiliki kaitan erat dengan Masjidil Haram.

Dimana beliau berangkat isra miraj dari Masjidil Haram menuju Masjid Al Aqsha untuk mengimami para nabi lalu setelah selesai, beliau langsung menuju ke langit untuk menerima perintah dari Allah SWT.

7. Keberanian Rasulullah

Kemudian jika anda bertapa apa lagi hikmah isra miraj dalam kehidupan sehari-hari. Maka jawabanya adalah anda akan mengenal keberanian Rasulullah SAW.

Hal ini dikarenakan beliau selalu terang-terangan menyampaikan isra miraj kepada orang-orang Makkah. Meskipun kafir Quraisy tidak akan percaya bahkan mencemooh dan mengolok-olok namun beliau tetap kukuh untuk menyampaikan peristiwa tersebut.

8. Memurnikan Barisan Dakwah

Dari banyaknya hikmah isra miraj yang paling berharga adalah memurnikan barisan dakwah. Karena setelah beliau mencapai fase baru dalam kehidupannya berupa hijrah dan mendirikan negara Islam di kota Madinah.

Maka Allah pun memberikan jalan untuk memurnikan barisan dakwah dengaan adanya peristiwa isra miraj.

9. Balasan Perbuatan Baik dan Buruk

Ketika beliau berhasil mencapi langit ke tujuh yang merupakan langit paling tinggi. Allah senantiasa memperlihatkan kepada beliau tentang kondisi surga dan neraka.

Baca :  6 Amalan Malam Isra Miraj dan Doa yang Dianjurkan

Beliau diperlihatkan nikmat surga yang akan di peroleh setiap umat muslim yang berada dijalan Allah. Selain itu beliau juga di perlihatkan kesengsaraan manusia di dalam neraka yang selalu mengabaikan Allah didalam kehidupan mereka di dunia.

10. Keimanan yang Paling Sempurna

Setelah berhasil melakukan isra miraj, Nabi Muhammad kemudian menyampaikan hal tersebut kepada seluruh umatnya. Dan dari sekian banyak orang hanya Abu Bakar yang langsung percaya dengan peristiwa tersebut.

Hal ini tentu saja memberikan bukti bahwa Rasulullah merupakan Nabi yang begitu sempurna. Bahkan Abu Bakar pun berkata “Jika yang mengatakan Rasulullah, aku langsung percaya”

Semua itu merupakan bukti bahwa dalam peristiwa isra miraj ada banyak sekali hikmah yang bisa kita petik untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bagi anda yang saat ini ingin mendapatkan ridho dari Allah, maka ketahuilah beberapa hikmah isra miraj diatas.