15 Amalan Bulan Ramadhan yang Dapat Dilakukan

Amalan Bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan dambaan setiap muslim di seluruh dunia, dimana bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan serta keistimewaan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Selain itu di dalam bulan Ramadhan juga terdapat malam Lailatul Qadar yang mana terdapat di 10 hari terkahir bulan Ramadhan. Maka Allah SWT memerintahkan umatnya untuk selalu senantiasa memanjatkan doa di penghujung akhir bulan Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar juga dikenal dengan nama malam seribu bulan. Di dalam Al Qur’an juga disebutkan bahwa malam ini merupakan malam dimana Al Qur’an pertama kali diturunkan. Dan ayat yang menuturkannya dapat kalian baca di Q.S Al Qadar ayat 97. Berbicara mengenai amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia ini sangatlah banyak. Amalan yang kita lakukan tersebut juga pastinya akan mendapat pahala berlipat ganda serta hikmah bulan puasa yang baik bagi kita semua.

Amalan yang utama di bulan Ramadhan adalah dengan berpuasa, berbuka puasa, makan sahur dan lain sebagainya. Menginat puasa yang dilakukan di bulan Ramadhan ini sangatlah wajib, maka bagi setiap muslim wajib mengerjakannya karena jika tidak kita akan mendapat dosa besar dan diharuskan membayarnya di bulan lain serta wajib untuk membayar fidyah. Perintah akan berpuasa di bulan Ramadhan juga tertulis dalam Al Qur’an dan diriwayatkan juga oleh hadits-hadits shahih.

Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan oleh setiap umat muslim berikut ini.

Amalan Bulan Ramadhan yang Dapat Dilakukan

Amalan Bulan Ramadhan yang Dapat Dilakukan

Amalan Bulan Ramadhan yang Dapat Dilakukan

1. Berpuasa

Amalan bulan Ramadhan yang pertama adalah berpuasa. Selain merupakan kewajiban bagi umat muslim, berpuasa juga menjadi salah satu amalan yang wajib untuk kita kerjakan. Dengan berpuasa kita pastinya akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat di bulan suci Ramadhan.

Baca :  17 Kultum Ramadhan Singkat Edisi Terbaru 2019

2. Makan Sahur

Amalan bulan Ramadhan yang kedua adalah dengan makan sahur. Waktu makan biasanya sering kita sepelekan, namun melaksanakan makan sahur ini juga kita akan mendapat keberkahan dari Allah SWT. Hal ini juga disampaikan oleh hadits terpercaya maka alangkah baiknya jika kalian selalu makan sahur ketika berpuasa di bulan Ramadhan.

3. Usahakan Mengakhiri Makan Sahur

Pada dasarnya, makan sahur dibawah jam 3 pagi masih dianggap sebagai makan malam walaupun kita sudah mengucapkan niat makan sahur atau niat puasa Ramadhan. Nah untuk makan sahur sebaiknya kita mengakhirkannya menjelang imsak, hal ini sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW.

4. Berbuka dengan Segera

Berbeda dengan makan sahur yang harus kita akhirkan, untuk berbuka puasa kita sebaliknya untuk menyegerakan berbuka puasa ketika mendengar adzan maghrib. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, salah satunya dengan kurma dan air putih kemudian segeralah sholat Maghrib.

5. Sholat Lima Waktu

Sholat 5 waktu merupakan tiang Agama yang wajib kita laksanakan. Jika kalian selalu melaksanakan sholat 5 waktu ketika bulan Ramadhan niscaya Allah SWT akan melipat gandakan pahala kalian karena satu rakaat sholat di bulan Ramadhan ini lebih bekrah dibandingkan dengan seribu rakaat di bulan lainnya.

6. Sholat Tarawih

Selain kita melaksanakan sholat 5 waktu yang wajib, kita juga dapat melaksanakan sholat sunnah Tarawih di bulan Ramadhan. Disamping dapat meningkatkan pahala, sholat Tarawih juga dapat kita jadikan sebagai ajang mempererat tali silaturahmi dengan sesama muslim.

7. Tadarus

Bertadarus juga merupakan amalan bulan Ramadhan yang sangat baik dan tentunya menjadikan bulan Ramadhan menjadi sangat istimewa. Bulan Ramadhan sendiri juga merupakan bulan dimana diturunkannya Al Qur’an pertama kali. Maka sangatlah dianjurkan untuk membaca Al Qur’an di bulan suci ini.

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Bahasa Arab dan Latin

8. Berbagi dengan Sesama

Bagi kita umat muslim, bersedekah merupakan hal yang sangat dianjurkan karena di setiap rejeki kita pasti ada rejeki mereka yang kurang mampu. Bersedekah juga dapat membersihkan harta yang kita miliki. Maka dari itu ketika bulan Ramadhan tiba alangkah baiknya untuk kita menyisihkan harta dan dibagikan kepada mereka yang kurang mampu.

9. Berdzikir dan Wirid

Selanjutnya kita juga dapat melakukan amalan lain seperti dengan wirid dan berdzikir. Berdzikir dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, perbanyaklah berdzikir di bulan Ramadhan karena banyak sekali pahala yang akan kita dapat jika kita melaksanakannya.

10. Memberi Makan Orang Berbuka

Bukan hanya berpuasa untuk diri kita sendiri, akan tetapi bersedekah kepada orang yang sedang berpuasa juga akan menjadi ladang pahala bagi kita. Hal ini merupakan amalan bulan Ramadhan yang baik untuk kita lakukan. Kita dapat membagikan menu takjil kepada tetangga atau sesama muslim yng sedang melaksanakan puasa.

11. Berdakwah

Berdakwah juga sangat dianjurkandalam agama Islam. Hal ini bertujuan untuk kita berbagi ilmu pengetahuan mengenai Islam kepada mereka yang masih belum mengetahui seluk beluk mengenai Islam. Berdakwah disini juga tidak harus dengan jumlah masyarakat yang banyak, kalian dapat menyebarkan dakwah ajaran Islam dari mulut ke mulut.

12. I’tikaf

Keutamaan bulan Ramadhan yang paling dinanti adalah merasakan malam Lailatul Qadar atau malam seribu bulan. Seperti yang sudah kita sampaikan diatas bahwa malam ini terdapat di 10 malam terakhir bulan Ramadhan dan kemungkinan akan datang pada malam-malam ganjil. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita beri’tikaf di masjid untuk beribadah, berdzikir dan berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca :  Pengertian Puasa Ramadhan dan Syariatnya

13. Umrah

Amalan bulan Ramadhan yang satu ini juga dianjurkan namun bagi kalian yang sudah mampu atau berkecukupan. Usahakanlah untuk berangkat umrah di bulan Ramadhan karena nilainya sama dengan haji bersama Rasulullah SAW.

14. Bertaubat

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang penuh dengan ampunan. Maka dari itu di bulan ini perbanyaklah membaca Istighfar untuk bertobat kepada Allah SWT dengan bersungguh-sungguh.

15. Berzakat (Zakat Fitrah)

Dan amalan bulan Ramadhan yang terakhir adalah dengan berzakat fitrah. Zakat fitrah ini juga disebut sebagai penyempurna puasa kita di bulan Ramadhan. Zakat Fitrah juga memiliki hukum wajib dan harus dilaksanakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia.

Nah itulah beberapa amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan oleh kita semua umat muslim. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.