Advertisements

5 Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah – Sebagaimana diketahui, bulan Ramadhan merupakan salah satu momen paling ditunggu oleh seluruh umat muslim. Pasalnya, bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa dimana bulan tersebut memberikan banyak kesempatan bagi umat muslim untuk mengumpulkan banyak pahala.

Tidak hanya ibadah puasa, namun berbagai macam amalan lain dapat dilakukan di bulan Ramadhan serta tentunya akan menjadi amalan berlipat ganda. Maka dari itu, tidak heran apabila seluruh umat muslim selalu menunggu datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh gembira serta kerinduan.

Selain menyambutnya dengan suka cita, penting juga untuk memanjatkan doa-doa sesuai sunnah Rasul ketika hendak memasuki bulan suci Ramadhan. Karena kebiasaan tersebut juga sudah dilakukan terlebih dahulu oleh Nabi Muhammad SAW yang selalu berdoa untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah yaitu bulan Ramadhan.

Dengan memanjatkan doa menyambut bulan Ramadhan, kalian bisa memohon kebaikan beserta keberkahan kepada Alloh SWT agar ibadah bulan Ramadhan dapat dilakukan dengan lancar. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kumpulan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW.

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Sebelum membahas kumpulan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah lebih lanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN. Dengan mengetahui keutamaan atau keistimewaan bulan Ramadhan ini, dapat menambah rasa syukur kalian karena dapat dipertemukan kembali dengan bulan suci penuh berkah. Keistimewaan tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pada bulan Ramadhan, pintu surga dibuka serta pintu neraka ditutup. Selain itu, setan-setan juga dibelenggu supaya manusia dapat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.
  • Puasa di bulan Ramadhan bisa menjadi penebus dosa sampai datangnya bulan Ramadhan berikutnya.
  • Puasa di bulan Ramadhan dapat menebus dosa-dosa asalkan menunaikan ibadah berpuasa seikhlas mungkin.
  • Bulan Ramadhan menjadi kesempatan terbaik dalam melakukan sedekah, entah itu wajib ataupun sunnah.
  • Doa orang yang sedang berpuasa akan mustajab.
  • Orang yang menunaikan ibadah Umrah di bulan Ramadhan bisa mendapatkan pahala layaknya orang yang melakukan ibadah Haji.
Baca :  Doa Sayyidul Istighfar Lengkap : Arab, Latin dan Artinya

Doa Menyambut Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah

Seperti dijelaskan di atas, Nabi Muhammad SAW selain mempersiapkan diri dalam menyambut bulan ramadhan, namun juga senantiasa memanjatkan doa ketika bulan Ramadhan tiba. Bisanya doa tersebut dilakukan ketika melihat hilal ataupun tanda awal bulan Ramadhan. Daripada penasaran, berikut adalah doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah Rasul.

1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah ini dipanjatkan agar Allah Ta’ala memberikan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Selain itu, doa tersebut juga bertujuan supaya Allah Ta’ala berkenan memanjangkan umur hambanya hingga dapat menikmati keistimewaan bulan Ramadhan.

1. Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Lafal doa : Allohumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhona

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan.”

2. Doa Menjelang Bulan Ramadhan

Doa ini perlu dipanjatkan agar umat islam dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan. Mengingat bulan Ramadhan merupakan merupakan bulan untuk mengumpulkan pundi-pundi amal ibadah serta menghapus dosa sesuai sunnah Rasul.

2. Doa Menjelang Bulan Ramadhan

Lafal doa : Allaahumma sallimnii ilaa Romadhoona wa sallim lii Romadhoona wa tasallamhu minii mutaqobalaa

Artinya :

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai ke bulan Ramadhan dan antarkanlah bulan Ramadhan kepadaku dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

3. Doa Menyambut Puasa Ramadhan

Umat muslim juga dianjurkan memanjatkan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah sebagai berikut ini.

3. Doa Menyambut Puasa Ramadhan

Lafal doa : Allaahu akbaru, allaahumma ahillahuu ‘alainaa bil amni wal iimaani, was salaamati wal islaami, wattaufiiqi li maa tuhibbu wa tardhaa. Rabbi wa rabbukallaahu.

Artinya :

“Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai, Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah.”

4. Doa Melihat Hilal Awal Ramadhan

Selain bacaan doa menyambut bulan Ramadhan, terdapat beberapa bacaan dzikir yang dilafalkan oleh Nabi Muhammad saat hilal Ramadhan sudah terlihat. Di bawah ini adalah bacaan dzikir ketika melihat hilal awal Ramadhan.

4. Doa Melihat Hilal Awal Ramadhan

Lafal doa : Allaahu akbaru, laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiimi. Allaahumma innii as’aluka khaira haadzas syahri, wa a’uudsu bika min syarril wadari, wa min syarril mahsyari.

Artinya :

“Allah maha besar, tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung, aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan Ramadhan, aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

5. Doa Permohonan Bulan Ramadhan

Di dalam hadis dari Imam Dawud, disebutkan bahwa Nabi Muhammad memanjatkan doa permohonan seperti berikut ini.

5. Doa Permohonan Bulan Ramadhan

Lafal doa : Hilaalu rusydin wa khairin (2 kali), aamantu bil ladzii khalaqa, (3 kali), alhamdulillaahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa, wa jaa’a bi syahri kadzaa.

Artinya :

“Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali), segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini.”

Manfaat Doa Menyambut Bulan Ramadhan

Manfaat Berdoa Menyambut Bulan Puasa

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap sejumlah doa untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Pada dasarnya, memanjatkan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah akan membuka hati umat muslim akan hari abadi di akhirat sehingga jauh dari sifat dengki ataupun sombong.

Baca :  Tata Cara Shalat Tarawih Dan Witir Beserta Niatnya

Selain itu, umat muslim juga akan menjadi lebih sadar untuk memperbaiki diri sehingga di bulan Ramadhan dapat menjalani ibadah seikhlas mungkin. Menariknya lagi, doa tersebut bisa menjadi AMALAN BULAN RAMADHAN serta menjadikan orang lebih baik dari sisi akhlak setelah bulan Ramadhan berakhir nantinya.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Niatpuasa.com seputar kumpulan doa menyambut bulan Ramadhan sesuai sunnah Rasul lengkap beserta artinya. Sudah selayaknya umat muslim mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan penuh berkah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya mempersiapkan kedatangan awal bulan Ramadhan menjadi salah satu langkah awal dalam menentukan berhasil atau tidaknya seseorang dalam meraih berbagai keutamaan bulan Ramadhan.

Advertisements