Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

Doa Berbuka Puasa – Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang ketiga dan wajib kita lakukan ketika bulan Ramadhan tiba. Puasa sendiri juga memiliki 2 arti, yakni menurut bahasa dan menurut istilah. Puasa menurut bahasa ini berarti menahan diri dari segala sesuatu dan sedangkan menurut istilah, puasa berarti menahan diri dari makanan dan minuman serta dari segala hal-hal yang dapat membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam dengan niat karena Allah Ta’ala.

Berbicara mengenai puasa, kita tentunya sebagai umat muslim sudah mengetahui beberapa jenis puasa, mulai dari puasa wajib pada bulan Ramadhan yang mana harus dilakukan untuk mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan akan mendapat dosa. Selain itu juga ada puasa sunnah yang mana jika dilakukan akan mendapat pahala, namun jika tidak dilakukan tidak berdosa. Contoh puasa sunnah yakni puasa senin kamis, puasa rajab, puasa syawal, puasa arafah dan masih ada beberapa jenis puasa sunnah lain yang dapat kita lakukan.

Dan setiap puasa yang hendak kita jalani juga tentunya memiliki doa niat dan juga doa ketika berbuka puasa. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai doa berbuka puasa dan keutamaan dari berpuasa. Puasa juga termasuk salah satu bentuk ibadah bagi seorang muslim, maka alangkah baiknya jika kita menjalani ibadah yang satu ini untuk mendapatkan pahala berlipat, khususnya ketika di bulan Ramadhan yang jatuh setiap satu kali dalam setahun.

Baiklah untuk lebih jelasnya lebih baik langsung saja kita simak artikel yang sudah kami siapkan dibawah ini mengenai kumpulan doa berbuka puasa mulai dari keutamaan doa buka puasa, doa puasa bahasa arab, latin terlengkap berikut ini.

Baca :  Tata Cara Puasa Daud, Pengertian dan Keutamannya

Doa Berbuka Puasa : Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

Doa Berbuka Puasa : Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

Doa Berbuka Puasa : Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

1. Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Yang pertama adalah mengenai doa berbuka puasa Ramadhan. Pada bulan ini waktu berbuka puasa ditandai dengan kumandang adzan maghrib. Walaupun di setiap daerah memiliki waktu untuk berbuka yang berbeda-beda, namun bukan berarti doa berbuka puasa kita berbeda. Hal ini karena puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim di seluruh dunia.

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Doa Berbuka Puasa Ramadhan

Diatas merupakan doa berbuka puasa Ramadhan yang dibaca ketika kita hendak berbuka puasa Ramadhan. Arti dari doa diatas juga dapat kalian lihat pada gambar diatas. Nah sedangkan untuk doa niat puasa Ramadhan juga dapat kalian lihat dibawah ini.

Doa Niat Puasa Ramadhan

Doa Niat Puasa Ramadhan

Kedua doa diatas ini telah diajarkan turun temurun kepada umat muslim. Semua doa tersebut juga dianjurkan untuk selalu kita ucapkan ketika hendak melakukan puasa dan juga ketika berbuka puasa, seperti dalam artinya karena Allah Ta’ala.

2. Hadits Mengenai Puasa Ramadhan

Dan berbicara mengenai hadits puasa Ramadhan, ada beberapa hadits yang dapat kalian ketahui atau mungkin sudah kalian ketahui. Ada salah satu hadits yang sangat terkenal yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda ;

Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

3. Keutamaan Berpuasa di Bulan Ramadhan

Seperti kita ketahui bahwa bulan Ramadhan adalah bulan suci yang juga merupakan bulan agung dan penuh berkah. Banyak sekali keistimewaan di dalamnya yang tidak dapat kita peroleh di bulan-bulan lainnya. Nah ada beberapa bentuk keistimewaan di bulan ini antara lain :

  • Bulan diturunkannya Al Qur’an
Baca :  Faedah Puasa Senin Kamis dan Manfaatnya

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Al Qur’an diturunkan. Hal ini tertulis di dalam kita Al Qur’an dalam surat Al Baqarah ayat 185 yang bahwa Allah SWT memuji bulan Ramadhan ini lebih baik dari bulan-bula lainnya.

  • Amal sholeh yang berlipat ganda

Yang kedua adalah dilipat gandakan amal sholeh yang kita lakukan. Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa bulan ini sangat cocok untuk umat muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang kita lakukan di bulan lainnya. Maka banyak yang bilang jika bulan Ramadhan merupakan bulan dimana umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba dalam kebaikan dan menjalankan amal sholeh lainnya.

  • Bulan yang penuh dengan berkah

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa bulan Ramadhan sangat dinanti oleh para umat muslim di seluruh dunia. Dimana di bulan ini kita akan mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan.

  • Bulan pengampunan dosa dan dikabulkannya doa-doa

Pada sebuah hadits riwayat Bukhari juga dijelaskan bahwa setiap umat muslim memiliki kesempatan untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya. Dan bahkan dengan melakukan ibadah yang sempurna pada bulan ini akan menjadikan kita kembali bagaikan seorang bayi yang baru lahir.

  • Terdapat malam Lailatul Qadar

Dan yang terakhir adalah malam Lailatul Qadar. Malam ini merupakan malam yang sangat didambakan oleh umat muslim ketika bulan Ramadhan tiba. Malam ini terdapat di salah satu dari 10 hari terkahir bulan Ramadhan. Malam-malam tersebut merupakan malam yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa-doa yang baik.

Nah itulah beberapa pembahasan mengeani doa berbuka puasa Ramadhan dan pembahasan mengenai keutamaan bulan puasa Ramadhan yang dapat kalian pahami. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  Bacaan Niat Puasa Rajab Bahasa Arab dan Latin