13 Hikmah Puasa Ramadhan dan Manfaatnya

Hikmah Puasa Ramadhan – Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana banyak sekali keberkahan didalamnya dan juga bulan dimana kita sebagai umat muslim untuk berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Berbicara mengenai puasa Ramadhan, perlu kita ketahui bahwa banyak sekali hikmah puasa Ramadhan yang dapat kita peroleh, mulai dari melatih kita untuk disiplin waktu, kemudian mempererat tali silaturahmi antar sesama muslim dan masih banyak lagi hikmah puasa Ramadhan yang dapat kita peroleh.

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan adalah suatu kewajiban umat muslim di seluruh dunia yang telah baligh dan memenuhi syarat, baik itu syarat syah dan juga syarat wajib. Dan barang siapa tidak menjalankan ibadaha puasa Ramadhan hukumnya dosa, dan wajib untuk membayarnya di lain waktu dan juga wajib membayar fidyah. Allah SWT telah memerintahkan hambanya untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga bukan tanpa alasan dan tentunya akan ada imbalan yang dapat diperoleh.

Selain memiliki banyak sekali hikmah puasa Ramadhan yang cukup banyak, berpuasa di bulan ini juga memiliki banyak manfaat. Puasa Ramadhan ini memiliki arti menahan lapar dan minuman dan segala hal yang menjadikan puasa itu batal mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Maka dari itu kalian juga harus mengetahui beberapa hal yang membatalkan puasa serta hal-hal yang membuat puasa kita menjadi makruh, sangat disayangkan bukan jika puasa kita menjadi sia-sia.

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan menarik mengenai hikmah puasa Ramadhan dan manfaat puasa Ramadhan yang telah kami siapkan berikut ini.

Hikmah Puasa Ramadhan dan Manfaatnya

Hikmah Puasa Ramadhan dan Manfaatnya

Hikmah Puasa Ramadhan dan Manfaatnya

1. Melatih diri menjadi lebih sabar dan tabah

Hikmah puasa Ramadhan yang pertama adalah menjadikan kita sebagai umat muslim lebih tabah dan sabar. Seperti kita ketahui bahwa puasa ini menahan lapar dan dahaga serta hal lain yang menjadikan puasa kita batal. Hal ini sangat baik untuk menjadikan kita menjadi pribadi yang sabar dan tabah dalam menjalani setiap kegiatan saat bulan suci ini tiba.

Baca :  Pengertian Puasa Ramadhan dan Syariatnya

2. Tercapainya derajat ketaqwaan

Dengan kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, maka seseorang tersebut akan menjalankan kebaikan-kebaikan yang diperintahkan oleh Allah SWT dan juga menjauhi larangannya. Hal inilah yang nantinya dapat menjadikan kita lebih taqwa kepada Allah SWT.

3. Melatih disiplin waktu

Hikmah puasa Ramadhan yang ketiga adalah melatih disiplin waktu. Hal ini dapat kita rasakan ketika kita susah untuk bangun pagi, ketika bulan Ramadhan kita otomatis harus bangun pagi untuk santap sahur dan kemudian pergi ke masjid untuk menjalankan ibadah sholat Shubuh.

4. Melatih kita agar selalu bersyukur

Poin ini juga cukup penting dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk diri kita. Dimana kita akan lebih bersyukur ketika kita hanya makan sebanyak 2 kali dalam sehari, yakni pada saat berbuka dan sahur. Kita juga dapat merasakan bagaimana mereka (kaum fakir miskin) ketika menjalani hidup di hari-hari biasa yang hanya makan sekali dalam sehari. Dengan melihat hal tersebut pastinya kita akan lebih bersyukur akan rejeki yang kita dapat dari Allah SWT.

5.  Menjadikan kita lebih peduli terhadap sesama

Seperti yang kita singgung di point keempat, dimana kita akan lebih peduli terhadap sesama muslim. Ikatan ini sangatlah kuat, hal ini juga dapat kita lihat di beberapa contoh seperti dengan memberikan makan takjil untuk berbuka dengan cuma-cuma, lalu sholat berjamaah dan juga saling berbagi ilmu mengenai agama.

6. Mempererat tali silaturahmi

Dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, secara tidak langsung hubungan silaturahmi akan selalu terjaga. Contohnya saja ketika kita melakukan sholat Tarawih berjamaah, mengaji di masjid dan hal lainnya. Kegiatan tersebut pastinya akan menjadikan kita sering bertemu dengan sesama dan semoga berlanjut di bulan-bulan selanjutnya.

Baca :  10 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Tahu!

7. Setiap hal yang dilakukan merupakan ibadah

Di bulan Ramadhan juga pernah disampaikan bahwa bulan ini merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Maka setiap kegiatan yang kita dilakukan pada bulan ini adalah suatu ibadah dan pahala yang kita peroleh juga berlipat-lipat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

8. Selalu berhati-hati dalam berbuat

Menjalankan setiap perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya sepertinya akan selalu diingat oleh setiap muslim yang taat. Hal ini akan sangat berlaku bagi mereka ketika masih diberi waktu untuk menikmati keistimewaan dan keberkahan yang ada di bulan suci Ramadhan.

9. Melatih kita untuk lebih sederhana

Ketika berbuka puasa pastinya makanan apapun akan terasa nikmat walaupun hanya sesuap nasi dan air putih. Dengan merasakan hal tersebut kita pasti akan sadar dan lebih menghargai makanan dan melatih diri untuk lebih sederhana dalam menjalani hidup.

10. Belajar untuk mengerti akan keseimbangan hidup

Berpuasa merupakan sebuah bentuk ibadah atau taatnya hamba kepada Allah SWT dan sesungguhnya ibadah merupakan suatu kewajiban yang harus kita jalani sebagai umat muslim. Menjalankan setiap ibadah yang di perintahkan oleh Allah SWT juga merupakan keseimbangan hidup untuk dunia dan juga di akhirat nanti.

11. Setiap ibadah memiliki sebuah tujuan

Setiap hal yang kita lakukan tentunya memiliki sebuah tujuan dan juga maksud, begitupula dengan kita melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Dimana kita dapat melatih diri untuk sabar, tawakal dan menghindari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

12. Menjadi pribadi yang lebih baik dan toleran

Hikmah puasa Ramadhan yang selanjutnya adalah menjadikan kita lebih baik dan juga toleran terhadap sesama. Hal ini juga masuk dalam manfaat yang kita dapatkan ketika berpuasa dan menjalin silaturahmi dengan sesama.

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh dan Niat Puasa Hari ini

13. Kesehatan lebih terjaga

Hikmah puasa Ramadhan yang terakhir adalah menjadikan kesehatan kita lebih terjaga. Selain secara syar’i, puasa juga memiliki hikmah dibidang kesehatan, antara lain adalah mengurangi tekanan darah, mengurangi kadar diabetes, mengurangi berat badan, mengurangi resiko struk dan juga sebagai obat magh.

Nah itulah beberapa hikmah puasa Ramadhan dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua para umat muslim di seluruh Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih tas perhatiannya.