Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Lengkap Bacaan Niat

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar – Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari malam seribu bulan, dimana malam ini hanya ada di bulan Ramadhan. Malam ini datang pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Datangnya malam Lailatul Qadar juga menjadi malam yang mulia sebab malaikat akan turun ke bumi dan memberikan rahmat serta mendoakan manusia.

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya malam ini datang, termasuk Rasulullah SAW sendiri. Menurut jumhur ulama, malam ini setiap tahun berpindah-pindah di malam ganjil sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Pada malam ini juga kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan ibadah, salah satunya adalah sholat sunnah Lailatul Qadar.

Sholat sunnah ini dianjurkan dan dilaksanakan pada bulan Ramadhan terutama ketika diyakini bahwa suatu malam adalah malam Lailatul Qadar. Selain melaksanakan sholat sunnah, kita juga dianjurkan untuk membaca Al Qur’an, sholat tahajud, berdzikir dan masih banyak lagi ibadah-ibadah lain yang dapat kita lakukan.

Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai tata cara sholat Lalilatul Qadar. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap yang telah kami siapkan berikut ini.

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar Lengkap Bacaan Niat

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Membaca Niat

Dalam melakukan sholat sunnah ini, kita diwajibkan membaca niat dalam hati dan meyakinkan diri bahwa sholat yang kita laksanakan tersebut adalah sholat sunnah Lailatul Qadar. Adapaun niat sholat Lailatul Qadar adalah sebagai berikut:

“Ushalli Sunnatan lailatul qadri arba’a raka’atin lillahi ta’aalaa”

Artinya :Niat sholat sunnat lailatul qadar empat rakaat karena Allah Ta’ala.

Baca :  8 Khutbah Idul Fitri Ramadhan 1441 Hijriyah 2020

Takbiratul Ikhram

Kemudian dilanjutkan dengan melakukan gerakan takbiratul ikhram dengan membaca kalimat Allahu Akbar.

Membaca Surat Al Fatihah dan Suratan Pendek

Lalu lanjutkan dengan membaca Surat Alfatihah pada rakaat 1 sampai rakaat keempat. Kemudian membaca surat At Takasur, Al Qadr, Al Ikhlas berturut-turut sebanyak tiga kali atau bisa juga membaca surat lain semampunya.

Tidak ada Tahiyat Awal

Lain halnya dengan pelaksanaan sholat wajib yang memiliki jumlah rakaat yang sama yakni empat rakaat, pada shola Lailatu Qadar ini jika sampai di rakaat kedua maka kita tidak duduk tahiyat melainkan langsung bangun dan dilanjutkan rakaat ketiga.

Tahiyat Akhir pada Rakaat Keempat

Saat sampai pada rakaat keempat, duduklah dan bacalah doa tahiyat yang sama dengan ketika sholat wajib. Setelah selesai maka lanjutkan dengan bacaan salam.

Berdzikir dan Membaca Doa

Setelah sholat sunnah Lailatul Qadar selesai kalian dapat melanjutkan dengan berdzikir dan berdoa agar Allah SWT memberikan pengampunan dan ridhoNya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Lailatul Qadar

Kalian dapat memanjatkan doa-doa seperti berikut ini agar diberi pengampunan oleh Allah SWT dan ridhoNya seperti berikut ini:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.”

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku.

Doa tersebut berdasar riwayat hadits Ibnu Majah. Sedangkan dalam riwayat Imam Syafi’i, doa yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW di malam 10 hari terakhir bulan Ramadhan adalah:

“Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.”

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Baca :  Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

Setelah itu dapat dilanjutkan dengan doa lain seperti berikut ini:

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni”

Artinya : Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku.

Keutamaan Sholat Lailatul Qadar

Sama halnya dengan ibadah lainnya, sholat Lailatul Qadar juga sarat akan keutamaan dan fadhilah. Orang yang melaksanakan sholat ini akan mendapatkan keistimewan dan keutamaan seperti berikut:

Mendapat Berkah dari Allah SWT

Bagi orang yang melaksanakan sholat Lailatul Qadar akan mendapatkan berkah dari Allah SWT. Sebagaimana firman AllahSWT dalam surat Ad Dhukhon berikut ini:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya : “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhon: 3)

Mendapat Pahala Berlimpah

Selain itu setiap mereka yang melakukan sholat Lailatul Qadar juga akan diberikan pahala yang berlipat ganda atau melimpah dari Allah SWT.

Diampuni Dosa-dosanya

Dan kemudian dosa-dosanya akan diampuni, sebagaimana dijelaskan dalam hadits tang diriwayatkan oleh Al Bukhari berikut ini:

“Barang siapa melaksanakan sholat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari)

Nah itulah beberapa pembahasan menarik mengenai tata cara sholat Lailatul Qadar yang dapat kalian simak dan pahami diatas. Selain itu sholat ini juga memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai keutamaan malam nuzulul qur’an di postingan yang telah niatpuasa.com sampaikan.