Advertisements

√ Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat, Tata Cara, Waktu Pelaksanaan & Manfaat

Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat – Sesuai namanya, sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang bercirikan banyak pembacaan tasbih di dalamnya. Selain itu, gerakan serta bacaan sholat tasbih juga sedikit berbeda dari gerakan dan bacaan sholat pada umumnya.

Meskipun hukum pelaksanaan sholat tasbih tidak wajib, namun sholat tersebut dapat dilakukan oleh umat muslim untuk memperbanyak amalan ibadah, terutama untuk mendapatkan amalan di malam Lailatul Qadar. Terlebih lagi sholat tasbih juga dapat digunakan sebagai amalan penghapus dosa-dosa.

Sebenarnya, sholat tasbih ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sholat dengan jumlah 4 rakaat sekaligus ataupun 2 rakaat demi 2 rakaat, tergantung dengan waktu pelaksanaannya. Umat muslim dianjurkan untuk menunaikan sholat tasbih sekali dalam seumur hidup.

Jika diantara kalian berencana untuk menunaikan ibadah sholat sunnah tasbih, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bacaan niatnya serta tata cara pelaksanaannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bacaan niat sholat tasbih 2 rakaat beserta waktu pelaksanaannya.

Niat Sholat Tasbih

Keutamaan Sholat Tasbih

Seperti dijelaskan sebelumnya, akan ada sejumlah manfaat atau KEUTAMAAN SHOLAT TASBIH yang bisa didapatkan ketika menunaikannya. Adapun beberapa keutamaan sholat tasbih tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Menghapus dosa-dosa.
  • Menambah amalan atau timbangan amal.
  • Memberikan keringanan bagi umat muslim dalam menghadapi segala macam cobaan.
  • Terhindar dari kesedihan dan penyakit-penyakit berat.
  • Tasbih merupakan kalimat yang disukai Allah SWT.

Waktu Sholat Tasbih 2 Rakaat

Waktu Sholat Tasbih 2 Rakaat

Sebelum membahas niat sholat tasbih 2 rakaat lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu kapan saja yang menjadi waktu dalam baik untuk menunaikan ibadah tersebut. Pada dasarnya, sholat tasbih bisa dilakukan kapan saja, tetapi terdapat beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut ini.

  • Tidak boleh dilakukan ketika munculnya matahari yakni setelah sholat subuh serta sebelum duhur.
  • Tidak boleh dilakukan ketika matahari terbenam yakni setelah sholat ashar.
  • Jika dilakukan pada malam hari, sangat dianjurkan untuk melakukan sholat tasbih sebanyak 4 rakaat dengan dua salam, dengan kata lain dilakukan menjadi 2 rakaat demi rakaat.
  • Tidak boleh dilakukan secara berjamaah.
Baca :  √ Niat Sholat Qobliyah Subuh, Tata Cara, Bacaan Surat & Keutamaan

Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

Sebelum membaca niatnya, seseorang harus memastikan berapa rakaat sholat tasbih yang akan dilakukan. Karena disini kalian akan melaksanakannya dengan 2 rakaat demi 2 rakaat, maka niatnya juga akan berbeda dengan 4 rakaat. Nah, di bawah ini adalah bacaan niat sholat tasbih 2 rakaat.

Bacaan Niat Sholat Tasbih 2 Rakaat

Ushalli sunnat tasbiihi rak‘ataini lillaahi ta‘aalaa

Artinya :

“Aku (niat) sembahyang sunnah tasbih dua rakaat, karena Allah Ta’alaa“

Tata Cara Sholat Tasbih 2 Rakaat

Tata Cara Sholat

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tasbih 2 rakaat, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara pelaksanaannya. Sebagaimana diketahui, di dalam sholat tasbih setidaknya terdapat 300 kalimat atau bacaan tasbih yang dibacakan selama pelaksanannya.

Di dalam setiap satu rakaat sholat sunnah tasbih, terdapat 15 bacaan tasbih pada saat berdiri, 10 kali tasbih saat rukuk, 10 tasbih Itidal, 10 tasbih saat sujud (dikali 2 sujud menjadi 20), 10 kali tasbih diantara 2 sujud serta 10 bacaan tasbih pada saat tasyahud akhir.

Pada intinya dalam satu rakaat telah membaca total 75 kalimat tasbih, kemudian dilakukan kembali pada rakaat kedua. Daripada penasaran, berikut adalah tata cara sholat tasbih 2 rakaat yang harus dipahami.

  1. Takbiratul Ihram bersamaan dengan niat sholat tasbih 2 rakaat.
  2. Membaca doa iftitah.
  3. Membaca Surat Alfaatihah.
  4. Membaca surat-surat dari Al-Quran.
  5. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  6. Kemudian rukuk serta membaca tasbih sebanyak 10 kali..
  7. Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  8. Itidal dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  9. Sujud dan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  10. Duduk diantara dua sujud dan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  11. Sujud kedua dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali.
  12. Berdiri mengerjakan rakaat kedua dengan tetap mengulangi bacaan seperti rakaat pertama.
  13. Pada saat duduk tasyahud akhir, bacaan tasbih dilakukan terlebih dahulu sebanyak 10 kali sebelum membaca doa tasyahud akhir.
  14. Salam.
Baca :  Manfaat dan Keutamaan Shalat Tasbih Bagi Umat Muslim

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Niatpuasa.com seputar bacaan niat sholat tasbih 2 rakaat beserta tata cara pelaksanaanya. Sholat tersebut sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim setidaknya satu kali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, sempatkanlah untuk menunaikan ibadah sholat sunnah tasbih terutama untuk mendapatkan amalan dalam malam Lailalur Qadar.

Advertisements