Advertisements

√ Niat Sholat Qobliyah Subuh, Tata Cara, Bacaan Surat & Keutamaan

Niat Sholat Qobliyah Subuh – Seluruh umat muslim pasti tahu bahwa sholat merupakan salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan. Selain sholat wajib lima waktu, terdapat juga sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat muslim.

Seperti diketahui, sholat sunnah tersebut dapat menambah amalan dari ibadah wajib, salah satunya yaitu melaksanakan sholat qobliyah subuh. Sholat qobliyah subuh termasuk ke dalam SHOLAT SUNNAH RAWATIB dan dikerjakan sebelum menunaikan sholat subuh.

Terlebih lagi, sholat sunnah ini memiliki keistimewaan tersendiri, pasalnya Rasulullah SAW juga selalu menjaga amalan sholat qobliyah subuh. Oleh sebab itu, sangat kami anjurkan bagi umat muslim untuk menunaikan ibadah sholat qobliyah subuh agar amalan ibadah bertambah banyak.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai bacaan niat sholat qobliyah subuh beserta tata cara melaksanakannya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa keutamaan sholat sunnah qobliyah subuh.

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Apa Itu Sholat Qobliyah Subuh

Sesuai namanya, qobliyah subuh merupakan salah satu JENIS SHOLAT SUNNAH 2 rakaat yang dikerjakan sebelum melakukan sholat subuh. Shalat ini memiliki keutamaan luar biasa bahkan mampu mengalahkan dunia dan seisinya apabila dikumpulkan.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang menyebut sholat qobliyah subuh dengan sholat sunnah Barad. Pasalnya, ibadah sunnah tersebut dilakukan oleh umat muslim pada saat hari masih terasa dingin yaitu saat subuh.

Baca :  Tata Cara Shalat Qashar Beserta Niat dan Syaratnya

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Keutamaan Sholat Qobliyah Subuh

Meskipun ibadah ini sholat qobliyah hanyalah sunnah, namun akan ada sejumlah kebaikan yang bisa didapatkan setelah mengerjakannya. Nah, sebelum membahas niat sholat qobliyah subuh lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu keistimewaannya ketika dikerjakan oleh umat muslim.

1. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Salah satu keutamaan sholat qobliyah subuh yaitu kebaikannya jauh lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan tersebut juga tertuang dalam hadist dari ‘Aisyah mengenai keistimewaan sholat qobliyah subuh.

2. Mengikuti Teladan Rasulullah

Keutamaan selanjutnya yaitu sebagai usaha kita dalam mengikuti teladan dari diri seorang Rasulullah SAW. Pastinya Rasulullah SAW memberikan contoh kepada umatnya agar senantiasa menjaga rutinitas dalam menunaikan ibadah sholat qobliyah subuh.

3. Menutup Kekurangan Sholat Wajib

Kemudian sholat qobliyah subuh juga bisa menutupi kekurangan kita saat menjalankan sholat wajib atau fardhu. Sebagai manusia, kita selalu memiliki kekurangan, begitupun juga ketika melaksanakan ibadah sholat wajib.

4. Balasan Rumah di Surga

Mendapat balasan rumah di surga menjadi keutamaan terakhir dari sholat qobliyah subuh. Keutamaan tersebut dijelaskan dalam hadist yang disampaikan oleh Ummu Habibah Radhiyallahu ‘anha selaku istri Rasulullah SAW.

Niat Sholat Qobliyah Subuh

Ketika hendak melaksanakan sholat subuh qobliyah, tentunya kalian diharuskan membaca niat sholat tersebut. Di bawah ini adalah lafal niat sholat qobliyah subuh mulai dari bahasa Arab hingga latinnya.

Bacaan Niat Sholat Qobliyah Subuh

Usholli Sunnatash Subhi Rok‘ataini Qobliyatan Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta‘ala

Artinya :

“Aku niat sholat sunnah sebelum subuh dua rakaat, dengan menghadap kiblat karena Allah Ta‘ala”

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh

Setelah mengetahui bacaan niat sholat qobliyah subuh, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melaksanakannya. Sebenarnya pengerjaan sholat qobliyah subuh ini sama seperti sholat sunnah pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tata cara sholat qobliyah subuh.

  1. Langkah pertama yaitu membaca niat sholat qobliyah subuh.
  2. Kemudian membaca takbiratul ikhram.
  3. Lalu membaca surat Alfatihah dilanjutkan dengan membaca salah satu surat pendek dalam Al-Quran.
  4. Selanjutnya ruku dengan tumaninah.
  5. Langkah berikutnya yaitu i’tidal.
  6. Kemudian duduk diantara dua sujud.
  7. Sujud kedua untuk rakaat pertama.
  8. Berdiri untuk rakaat kedua serta membaca surat Al-Fatihah sampai sujud kedua.
  9. Lalu sujud tasyahud.
  10. Terakhir yaitu mengucapkan salam lalu menoleh ke kanan dan ke kiri.
Baca :  18 Cara Sholat Tarawih di Rumah Lengkap dengan Niatnya

Bacaan Surat Sholat Qobliyah Subuh

Bacaan Surat Sholat

Untuk bacaan surat-surat pendek dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh sendiri terdapat beberapa pilihan. Pada rakaat pertama, kalian bisa membaca surat Al-Kafirun dan rakaat kedua yaitu surat Al-Ikhlas.

Selain sirat Al-Kafirun ataupun Al-Ikhlas, terdapat juga ayat lainnya yang bisa dibaca ketika melakukan sholat qobliyah subuh, yaitu surat Al-Baqarah ayat 136 serta Ali Imran ayat 52. Surat Al-Baqarah bisa dibaca pada rakaat pertama lalu Ali Imran bisa untuk rakaat kedua.

Keutamaan sholat qobliyah subuh sangat besar bagi seorang umat muslim. Oleh sebab itu, ada baiknya sebagai umat islam yang taat akan hukum islam, menunaikan berbagai amalan bisa membantu meringankan siksa kubur serta yaumul hisab kelak.

Demikian penjelasan dari Niatpuasa.com seputar bacaan niat sholat qobliyah subuh beserta tata cara melaksanakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menunaikan ibadah sholat sunnah qobliyah subuh.

Advertisements