7 Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuh Manusia dan Pahalanya

Manfaat Puasa Asyura – Umat Islam di Indonesia memiliki banyak sekali bulan yang penuh berkah selain bulan Ramadhan. Umat islam juga mempunyai bulan Muharram, yang dimana pada tanggal 10 Muharram 1440 Hijriyah tersebut terdapat sebuah amalan puasa yang dinamai Puasa Asyura. Bulan Muharram sendiri mempunyai banyak keistimewaan.

Salah satu keistimewaannya adalah bulan Muharram berkaitan dengan sebuah peristiwa hijrahnya nabi Muhammad SAW dari kota Mekah ke kota Madinah. Saking pentingnya bulan Muharram ini, Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa bulan Muharram adalah bulan yang sangat istimewa untuk melakukan banyak amalan ibadah dimana salah satu ibadah yang dianjurkan adalah ibadah puasa.

Pahala melakukan puasa di bulan Muharram ini sama seperti pahala puasa senin kamis. Dimana puasa Muharram bisa menghapus semua dosa kecil 1 tahun terkecuali dosar besar dan dosa syirik kepada Allah SWT. Belum banyak yang tahu bahwa melakukan puasa Asyura bagi tubuh manusia sangatlah banyak. Untuk mengetahui manfaat puasa Asyura, silahkan anda simak informasinya dibawah ini.

Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuh Manusia dan Pahalanya

Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuh Manusia dan Pahalanya

1. Dapat Menghilangkan Racun Di Dalam Tubuh

Ketika anda melakukan puasa Asyura, maka secara otomatis anda sedang menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga tubuh anda akan terasa lebih sehat dan tidak mudah terkena penyakit.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Tidak dipungkiri bahwa melakukan ibadah puasa dapat menurunkan berat badan tubuh. Oleh karena itu banyak para dokter islami yang menyarakan kepada pasiennya yang obesitas untuk melakukan puasa. Tapi anda juga harus memperhatikan asupan gizi ketika melakukan puasa yakni makanan ketika berbuka puasa dan sahur.

3. Sistem Pencernaan Dalam Tubuh Lebih Lancar

Manfaat puasa Asyura juga hampir sama dengan manfaat puasa mutih. Melakukan puasa Asyura sudah terbukti dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Karena dengan berpuasa, maka sistem pencernaan akan mendapatkan waktu untuk istirahat.

4. Mental Tubuh Jadi Lebih Jernih

Tidak disadari ketika anda melakukan puasa Asyura, pikiran dan mental anda akan lebih baik dari sebelum berpuasa. Karena dalam melakukan ibadah puasa ini, anda dapat menahan nafsu serta emosi.

5. Tubuh Lebih Terasa Ringan

Kebanyakan yang melakukan puasa Asyura sering mengatakan bahwa ketika mereka melakukan puasa Asyura, tubuh mereka menjadi lebih ringan. Jika tubuh menjadi terasa ringan, maka anda dapat beraktivitas dengan baik serta lebih semangat.

6. Puasa Asyura Setara dengan Puasa Satu Tahun

Hal ini sesuai dengan riwayat Sa’id Bin Jubair yang ada di dalam kitab Al-Atsar buatan Abu Yusuf. Dimana beliau mengatakan :

Puasa Asyura setara dengan puasa satu tahun

Artinya:

“Puasa Asyura setara dengan puasa satu tahun”

7. Tubuh Akan Merasa Dekat Dengan Allah SWT

Dengan melakukan puasa Asyura, maka secara otomatis tubuh dan jiwa anda akan lebih dekat dengan Allah SWT. Karena anda sudah melakukan perintahNya serta menjauhi larangannya.

Jika melihat dari manfaat puasa Asyura yang kami sebutkan diatas, pastinya anda akan lebih giat dalam melakukan ibadah satu ini. Karena tidak ada sekalipun efek negatif jika anda melakukan puasa Asyura. Malah sebaliknya anda akan mendapatkan manfaat lebih besar ketimbang melakukan perbuatan yang di larang oleh Allah SWT.

Karena sejatinya manusia di ciptakan oleh Allah SWT untuk beribadah kepadaNya. Dan Allah SWT membuat perintah menjalankan puasa Asyura pastinya sangat baik untuk tubuh kita. Maka dari itu, kita sebagai umat Islam yang patuh kepada Allah SWT alangkah baiknya selalu beribadah dan menaati segala perintah dan menjauhi segala laranganNya. Jika dirasa informasi manfaat puasa Asyura bermanfaat untuk teman atau saudara anda, silahkan bagikan dan beritahu artikel ini.