10 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Harus Kamu Tahu!

Keutamaan Bulan Ramadhan – Hadirnya bulan suci ramadhan merupakan sebuah hal kecil yang sangat dinantikan oleh setiap umat msulim di berbagai belahan dunia ini. Pasalnya bulan puasa ramadhan adalah bulan suci yang dimana banyak sekali memiliki keutamaan didalamnya apabila kita bisa memanfaatkannya. Sementara kepergian bulan suci ramadhan bisa ibarakan akan lebih disesalkan daripada kepulangan seorang tamu mulia yang berlalu pergi.

Dengan begitu tidak heran apabila dahulu banyak para salaf yang berlomba-lomba untuk berdoa jauh-jauh hari sebelum hari-hari didalam bulan suci ramadhan datang menghampiri. Yang mana doa yang biasa para salaf panjatkan adalah sebagai berikut :

“Yaa Allah, pertemukanlah aku dengan Ramadhan, dan pertemukanlah Ramadhan denganku, dan jadikan amal ibadahku pada bulan mulia itu diterima disisi Mu”

Dengan kita membaca doa tersebut didalam hari senantiasa Allah SWT akan mengabulkannya karena doa tersebut merupakan sebuah harapan besar dari para salaf atau umat muslim yang benar-benar ingin kembali merasakan keutamaan bulan suci ramadhan itu sendiri. Dan bicara soal keutamaan bulan suci ramadhan setidaknya ada banyak sekali hal-hal mengejutkan yang akan bisa kita peroleh.

Untuk itu pada kesempatan kali ini akan kita bagikan setidaknya beberapa list keutamaan puasa ramadhan yang bisa anda jadikan sebagai acuan agar anda bisa mengerjakan puasa ramadhan dengan sepeuh hati dan juga hanya karena allah SWT. Namun ada baiknya jika anda juga menyimak terlebih dahulu mengenai pengertian puasa ramadhan yang sebelumnya sudah kita bahas bersama.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan

1. Terdapatnya Malam Lailatul Qadar atau Malam Seribu Bulan

Seperti kita ketahui bersama bahwasannya ketika bulan suci ramadhan hadir menghampiri kita akan mendapatkan suatu hari dimana disebuh dengan malam lailatul qadar. Yang dimana malam tersebut merupakan sebuah malam penting yang terjadi di saat bulan ramadhan. Bahkan dalam Al-Quran yang merupakan kitab bagi para mulsim digambarkan sebagai malam yang jauh lebih baik dibandingkan dengan malam seribu bulan. Oleh karena itu sangat penting bagi kita agar bisa memperbanyak ibadah dibulan ramadhan

2. Malam Diturunkannya Al Qur’an

Keberkahan yang datang di bulan suci ramadhan memang sangat banyak sekali. Dan dari sekian banyaknya, salah satu keberkahan atau keutamana bulan ramadhan yang paling berkesan adalah malam diturunkannya Al Qur’an. Yang mana Al Qur’an sendiri merupakan petunjuk bagi setiap umat mulsim dan banyak memiliki penjelasan-penjasan mengenai petunjuk dan pembeda andata yang hak dan yan bathil. Dan hal ini juga sudah tersirat pada tafsir ibnu katsir 1/182 yang berbunyi:

Baca :  Pengertian Puasa Ramadhan dan Syariatnya

“Karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (Al Baqarah : 185)

3. Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan

Keutamaan bulan ramadhan yang selanjutnya adalah kita akan bisa memperoleh pelipat gandaan pahala yang kita kerjakan, hal ini sebagaimana telah di sabdakan oleh Rasulullah shallallah alaihi wa sallam:

Dilipat Gandakan Pahala Pada Bulan Ramadhan

“Pahala umrah pada bulan Ramadhan menyamai pahala ibadah haji” (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim), Dalam riwayat Muslim disebutkan “……..menyamai pahala ibadah haji bersamaku”

Selain itu, Ibnu Rajab Rahimahullah juga berkata Abu Bakar Bin Abi Maryam menyebutkan bahwa banyak sekali guru-gurunya yang berkata: Apabila telah datang bulan suci ramadhan maka sebaiknya perbanyak berinfaq, karena infaq di dalam bulan suci ramadhan dapat dilipat gandakan bagaikan infaq fi sabilillah. Selain itu tasbih disaat bulan suci ramadhan jauh lebih utama dibandingkan tasbuk dibulan lain.

4. Dibukanya Pintu Langit & Ditutupnya Pintu Neraka

Puasa ramadhan yang merupakan salah satu puasa wajib bagi umat muslim juga memiliki ketumaan yang sangat dahsyat yaitu akan segera dibukannya pintu langit dan akan segera di tutupnya pintu neraka. Maka dari itu banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk banyak berbuat kebajikan di bulan suci ramadhan. Hal ini juga sudah tertulis pada sebuah sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang berbunyi:

Pintu-Langit-Dibuka

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

5. Diampuninya Dosa–Dosa

Kemudian keutamaan bulan ramadhan lain yang akan bisa anda dapatkan adalah akan diampuninya dosa-dosa yang anda perbuat di bulan itu. Hal ini menjadi salah satu peringatan bagi kita sebagai umat muslim agar tidak membuat dosa ketika sedang beribadah di bulan suci ramadhan. Bahkan seperti diperoleh dari informasi yang ada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga sudah bersabda :

Sabda Diampuninnya Dosa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Selain itu ada pula hadist puasa ramadhan yang lain yang berbunyi :

Baca :  Doa Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh dan Niat Puasa Hari ini

Hadits Diampuninnya Dosa

“Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni” (Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad)

Dengan berpegang sabda dan hadist diatas tentu saja kita bisa mengetahui bahwasannya pada bulan suci ramadhan kita juga akan memperoleh sebuah keutamaan berupa diampuninya dosa-dosa yang telah kita perbuat di bulan itu.

6. Bulan Dikabulkannya Doa

Seperti diatas kami sampaikan, bahwasannya ada banyak sekali keutamaan bulan ramadhan yang bisa kita peroleh ketika kita bisa memanfaatkan bulan suci ramadhan yang akan segera hadir. Dimana selain keutamaan-keutamaan diatas, salah satu ketumaan yang juga tidak kalah menariknya adalah akan di kabulkannya doa oleh Allah SWT. Akan tetapi ada syarat yang harus anda lakukan yakni harus menjalankan puasa ramadhan dengan sepenuh hati hanya karena allah SWT.

7. Disyareatkannya I’tikaf di Bulan Ramadhan

Tidak hanya sampai disitu saja, bagi anda yang bertanya-tanya tentang keutamaan bulan ramadhan memang sangatlah banyak sekali hal yang bisa anda peroleh. Salah satunya adalah akan Disyareatkannya I’Tikaf di Bulan suci Ramadhan. Hal ini juga sudah tertulis surat Al-Baqarah Ayat 187 yang berbunyi :

Surat Al-Baqarah 187

Artinya :
“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.”

8. Puasa Ramadhan Salah Satu Sebab Masuk Surga

Diketahui pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dahulu ada dua orang dari Bani Qadha’ah yang masuk ke agama Islam dan kemudian salah seorang dari mereka diketahui mati syahid. Sementara yang satunya diketahui wafat setahun kemudian. Dan salah soerang sahabatnya yang bernama Thalhah bin Ubaidillah Radiallahu anhu mengatakan bahwa :

Aku bermimpi melihat surga dan aku juga melihat orang yang wafat sethun kemudian tersebut masuk surga sebelum orang yang mati syahid. Akupun terheran-heran, maka tatkala pagi hari aku memberitahui Rasulullah SAW dan beliau bersabda :

Sabda Rasulullah

“Bukankah setelah itu (dalam waktu setahun) ia berpuasa Ramadhan, shalat enam ribu rakaat atau shalat sunnah beberapa rakaat ?” (Diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Albani)

9. Bulan Ramadhan Bulan Ibadah dan Amal Kebaikan

Menjalankan puasa dengan baik dan benar sesuai dengan ajaran agama islam tentu saja akan banyak mendatangkan manfaat baik kesehatan tubuh serta keberkahan dari sang ilahi. Maka sudah sepantasnya untuk kita terus melakukan hal-hal yang sudah di ajarkan dan di anjurkan oleh Rasulullah SAW ketika sedang mendajalankan ibadah puasa ramadhan.

Baca :  Niat Puasa Pengganti Ramadhan, Pengertian dan Ketentuannya

Selain itu ada juga keutamaan bulan ramadhan yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan keutamaan yang lain. Adalah Bulan Ibadah dan Bulan Amal Kebaikan. Hal ini juga sudah tersirat pada sebuah sabdar Rasulullah SAW yang berbunyi :

Bulan Ibadah Dan Amal Kebaikan

“Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

10. Bulan Penuh Berkah, Rahmat

Dan keutamaan bulan ramadhan yang paling akhir yakni bulan penuh berkah dan bulan penuh rahmat. Maka dari itu tidak heran apabila banyak sekali orang muslim yang menunggu hadirnya bulan suci ramadhan setiap tahunnya karena mereka sudah mengetahui akan banyak sekali keutamaan yang bisa mereka dapatkan. Keutamaan bulan suci ramadhan yang satu ini juga sudah tertulis pada beberapa sabda Rasulullah SAW yang diantaranya adalah :

Sabda-1

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah …..“ (Diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Sabda-2

“Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu – pintu rahmat, sedangkan pintu – pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu” (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dan ini adalah lafadz Muslim)

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Sabda-3

“Sesungguhnya setiap muslim pada tiap siang dan malam hari – pada bulan Ramadhan – memiliki doa yang mustajab” (Diriwayatkan oleh Al Bazzar dan dishahihkan oleh Albani)

Nah itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan untuk kesempatan kali ini semoga list daftar keutamaan puasa ramadhan diatas dapat bermanfaat bagi anda semuanya. Dan semoga saja bisa menjadi wacana yang bisa menjadi referensi terbaik bagi anda. Jangan lupa simak pula info menarik lainnya dari niatpuasa.com seputar Ucapan Selamat Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 yang sudah kami bagikan sebelumnya.