Kumpulan Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Amalannya

Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan – Sudah banyak yang tahu bahwa 10 hari terakhir Ramadhan ini sangat istimewa sekali. Dimana pada malam tersebut memiliki keistimewan dan amalan tersendiri yang wajib untuk dilakukan. Tentunya sayang sekali jika anda melewatkan amalan dan doa 10 hari terakhir ramadhan ini, karena datangnya 1 tahun sekali.

10 Hari terakhir ramadhan merupakan lailatul qadar dimana malam diturunkannya Al Quran. Perlu anda ketahui juga bahwa malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Keistimewaan malam lailatul qadar ini sebagaimana firman Allah SWT pada QS. Al-QADR ayat 1 sampai 5.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Para malaikat dan ar-Ruh (Jibril) turun dengan izin Rabb-nya untuk mengurus setiap urusan. Keselamatan pada malam itu hingga terbit fajar.” (QS. Al-Qadr : 1-5)

Nabi Muhammad SAW juga diketahui sangat mengistimewakan malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Hal tersebut sesuai dengan Hadist Riwayat Al Bukhari Nomor 2024 dan Muslim Nomor 1174, yang bunyinya :

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadhan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.”

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa umatnya untuk mencari malam lailatul qadar pada malam malam ganjil. Untuk lebih jelasnya mengenai doa 10 hari terakhir Ramadhan dan amalannya, silahkan anda simak informasinya dibawah ini.

Kumpulan Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Amalannya

Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Amalannya

Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan dan Amalannya

Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan

Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan

1. “Allahumma’tinii minannaari wa adkhilnil jannata birohmatika yaa arhamarroohimiin.”

Artinya : “Ya Allah hindarkanlah aku dari api neraka dan masukkanlah aku ke surga-Mu dengan rahmat-Mu ya Allah Tuhan Yang Maha Pengasih”

2. “Allahumma innaka ‘afuwwun, tukhibbu afwa fa’fu ‘annii.”

Baca :  98 Ucapan Selamat Idul Fitri 1440 H Tahun 2019

Artinya :”Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Mulia, suka mengampuni kesalahan, maka ampunilah kesalahanku.”

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan

1. I’tikaf di Masjid

“Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ber-i’tikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian istri beliau ber-i’tikaf setelah itu.” (HR. Al-Bukhari no. 2026 dan Muslim no. 1172)

2. Qiyamul Lail

“Barangsiapa yang berdiri (untuk mengerjakan shalat) pada lailatul qadr karena keimanan dan hal mengharap pahala, akan diampuni untuknya segala dosanya yang telah berlalu.” (HR. Al-Bukhari no. 1901)

3. Membaca Al Quran

“Sesungguhnya Jibril ‘alaihis salam biasanya menyetorkan Alquran dengan Rasulullah sekali dalam setiap tahun. Akan tetapi, ia menyetorkan Alquran dua kali di tahun wafatnya Rasulullah.” (HR. Muslim no. 2450)

4. Shadaqah

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan manusia paling dermawan dengan kebaikan dan beliau lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan. Sesungguhnya Jibril menemui beliau setiap tahun di bulan Ramadhan hingga berlalulah bulan Ramadhan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyetorkan bacaan Alquran kepada Jibril. Apabila beliau berjumpa dengan Jibril, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih dermawan dengan kebajikan melebihi angin yang berhembus.” (HR. Al-Bukhari no. 3220)

5. Memperbanyak Doa

“Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. At-Tirmidzi no. 3513 dan Ibnu Majah no. 3850, At Tirmidzi berkata: “Hasan shahih”)

6. Bertaubat dan Sering Istighfar

“Wahai bani Adam, sesungguhnya selama engkau masih berdoa dan berharap kepada-Ku maka Aku akan mengampuni semua dosa yang ada padamu dan Aku tidak akan peduli. Wahai bani Adam, seandainya dosa-dosamu mencapai langit, kemudian engkau memohon ampun kepada-Ku, Aku akan mengampunimu dan Aku tidak peduli. Wahai bani Adam, seandainya engkau datang kepada-Ku dengan membawa kesalahan seukuran bumi kemudian engkau datang menjumpai-Ku dalam keadaan tidak berbuat syirik atau menyekutukan-Ku dengan apapun juga maka sungguh Aku akan datang kepadamu dengan membawa ampunan seukuran bumi juga.” (HR. At-Tirmidzi no. 3540, dihasankan al-Albani dalam Shahih at-Targhib, no. 1616)

Sekarang anda sudah tahu doa 10 hari terakhir ramadhan beserta keistimewaan 10 hari terakhir ramadhan dan amalannya. Silahkan anda manfaatkan sebaik sebaiknya malam tersebut, karena datangnya hanya 1 tahun sekali. Saran kami ketika berada di 10 hari terakhir luangkanlah semua waktu untuk beribadah kepada Allah SWT.

Baca :  13 Hikmah Puasa Ramadhan dan Manfaatnya