15 Keutamaan Sedekah Hari Jumat yang Sangat Istimewa

Keutamaan Sedekah Hari Jumat – Sedekah adalah satu dari sekian banyak jenis amalan yang bisa kita lakukan setiap saat. Ada banyak sekali hal yang bisa kita sedekahkan kepada semua orang dan tidak terpaut pada materi. Anda bisa bersedekah sebuah ilmu ataupun bersedekah lainnya yang tentunya diharapkan akan bisa bermanfaat bagi orang yang menerimanya.

Bicara mengenai sedekah, tentu saja kita sebagai umat muslim paham kalau  Allah SWT telah mengkhususkan hari Jumat sebagai hari yang penuh barokah dan haru yang paling utama dalam satu minggunya. Maka bukan hal yang tabu apabila kita sering kali mendengar kata-kata bersedekah di hari Jumat merupakan hal yang cukup baik dan mulia untuk kita lakukan.

Tentunya disamping kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT dengan kita memberikan sedekah dari apa yang kita miliki ke orang yang lebih membuthkan, kita juga akan mendapatkan beberapa keutamaan sedekah hari Jumat yang mungkin tidak akan bisa kita dapatkan ketika kita bersedekah di hari-hari biasa.

Meski begitu adanya hal tersebut bukan menjadi halangan untuk kita tidak boleh bersedekah di hari lain selain hari Jumat. Hanya saja ada sebuah hadits Salamah dari Abu Hurairah Ra yang mengatyakan bahwa:

Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

Keutamaan Sedekah Hari Jumat yang Sangat Istimewa

Keutamaan Sedekah Hari Jumat

Keutamaan Sedekah Hari Jumat

Oleh karena itulah Nabi Muhammad SAW lebih mengistimewakan dan mengagungkan serta memuliakan hari Jumat dibandingkan dengan hari-hari lain yang ada dalam satu minggunya. Tidak hanya sampai disitu, Beliau pun juga lebih memperbanyak ibadah pada hari itu karena Beliau mengetahui selain adanya keutamaan sedekah di hari jumat ada pula beberapa keutamaan lain yang bisa di peroleh.

1. Memperkuat Iman

Salah satu keutamaan sedekah di hari Jumat adalah memperkuat iman kita kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan menjalankan salah satu ibadah tersebut di hari Jumat maka, itu samahalnya dengan anda sedang memupuk keimanan anda kepada ALlah SWT.

Baca :  Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Sesuai Sunnah

2. Pahala yang Berlipat Ganda

Disamping itu hari Jumat jugga akan memberikan berlipat-lipat ganda pahala yang akan kita peroleh karena sesuai dengan hadits yang kami tulis diatas, dimana hari Jumat merupakan hari terbaik yang paling di muliakan oleh Allah SWT dalam satu mingunya.

3. Seperti Bersedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan yang selanjutnya dari bersedekah di hari Jumat adalah mendapatkan atau memperoleh keistimewaan dari Allah sama seperti ketika seseorang mendapatkan keistimewaan saat bersedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

4. Hari Terbaik Dalam Sepekan

Kemudian Allah juga sudah menyiapkan ampunan, pengabulan doa dari setiap umat muslim dan juga pahala yang berlipat-lipat gandanya dari hari biasa untuk setiap hamba yang beriman. Oleh sebab itu kita sebagai sesama umat muslim sudah sepantasnya untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita pada hari tersebut seperti melaksanakan shalat Jumat atau memperbanyak membaca surat Al-Khafi dan Shalawatan.

5. Dilimpahkan Karunia

Dengan mengeluarkan sedekah dari harta atau benda yang kita miliki dengan tujuan untuk membantu sesama umat muslim yang sedang kesusahan dengan di niati hanya karena Allah SWT. Maka anda akan mendapatkan limpahan karunia yang begitu besar karena memang hal ini sudah di tuliskan sebagai salah sastu keutamaan sedekah hari Jumat yang sangatlah istimewa.

6. Sedekah Dilakukan Sembunyi Sembunyi

Merupakan salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan di hari yang cukup istimewa bagi setiap umat muslim ini memang menjadi incaran bagi semua umat muslim untuk berlomba-lomba dalam bersedekah. Akan tetapi jauh lebih baik sedekah yang akan anda lakukan di kerjakan secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi.

“Ibnu Taimiyah jika keluar menuju Jum’at beliau bawa apa yang ada di rumahnya lalu beliau sedekahkan dalam perjalanannya menuju masjid secara sembunyi-sembunyi”.

7. Memberi Berkah Rezeki dan Keluarga

Keutamaan sedekah hari Jumat yang selanjutnya adalah memberi berkah dan rezeki bagi anda dan juga keluarga. Hal ini mungkin tidak akan langsung anda dapatkan, akan tetapi Allah SWT yang sudah mencatatnya akan memberikan berbagai macam pertolongan bagi anda dan keluarga yang mana hal tersebut merupakan hal yang mungkin anda dapatkan dari apa yang sudah anda kerjakan entah itu esok, lusa atau kapanpun.

Baca :  Tata Cara Sujud Syukur Beserta Doanya

8. Memperkuat Tali Silahturahmi

Sebagai seorang manusia, tentu saja kita tidak akan pernah bisa mengetahui kapan kita akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka dari itu, dengan memperbanyak sedekah khususnya di hari Jumat, hal ini bisa kita jadikan sebagai catatan agar tali silaturahmi yang kita jalin sesama umat muslim lebih baik. Hal tersebut tentu akan berdampak lebih baik untuk kesenjangan tali silaturahmi kita.

9. Merupakan Amalan Mulia

Keutamaan bersedekah di hari jumat yang selanjutnya adalah mendapatkan amalan yang berlipat ganda karena ini Allah telah menjanjikan bahwa semua perbuatan baik yang dikerjakan di hari Jumat merupakan sebuah amalan yang sangat mulia.

10. Hari Yang Dianjurkan Untuk Amal Sholeh

Ketika hari jumat atau malam jumat datang, kita sebagai seorang muslim di anjutkan untuk lebih banyak melakukan amal sholeh oleh Allah SWT dan juga Nabi Muhammad SAW. Dan satu dari banykanya hal yang di anjurkan untuk dikerjakan di malam Jumat atau hari Jumat adalah memperbanyak Shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa sallam.

Hal ini juga sudah tertulis pada sebuah hadits yang berbunyi :”esungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (Al-Iqna’, 1/170)

11. Memiliki Keistimewaan Khusus

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah yang dimana apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untuk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

Maka dari itu tidak heran apabila banyak orang yang mengatakan bahwa hari Jumat adalah hari dengan penuh keistimewaan.

12. Sedekah Akan Dibalas 700 Kali Lipat

Alquran Surah Al Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Dalam ayat diatas, dituliskan bahwa Allah sudah sangat jelas akan menyebutkan perhitungan sistematis atas apa yang telah dan sudah kita lakukan atau kita keluarkan dari apa yang kita miliki untuk bersedekah. Dan jika di perhitungkan secata matematis dari apa yang ada didalam ayat tersebut. Maka sedekah di hari Jumat akan di balas dengan 700 kali lipat oleh Allah SWT.

Baca :  19 Keistimewaan Baca Surat Yasin yang Wajib Kalian Ketahui

13. Hari Memohon Kebaikan

Menjadi hari yang penuh dengan kebaikan, maka sedekah yang akan kita lakukan akan banyak memberikan kebaikan yang sangat banyak kepada kita jika di bandingkan dengan hari-hari lainnya.

14. Dilakukan Sebelum Sholat Jumat

Seperti diatas kami sampaikan, sebaiknya ketika kita akan memberikan sedekah di hari Jumat akan lebih baik jika kita kerjakan sebelum kita menunaikan shalat jumat. Dan akan lebih baik jika di kerjakan secara diam-diam. Karena dari keterangan Ibnu Qoyim  dalam kitab Zadul Ma’ad beliau berkata :

“Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila beliau berangkat jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam. Ibnu Taimiyah sendiri adalah pemikir dan ulama Islam yang hidup sekitar tahun 661 – 728 Hijriah.”

15. Merupakan Sunnah Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at, di jelaskan jika

“Disunnahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

Dari semua keutamaan sedekah hari Jumat yang sudah kita tulis diatas, memang semua hal ada diatas merupakan hal yang masuk akal karena pada dasarnya Allah telah memberikan penjelasan bahwa di hari Jumat merupakan hari yang penuh dengan keistimewaan dan merupakan salah satu hari yang paling mulia dari semua hari dalam sepekan.