20 Keutamaan Puasa Tarwiyah Yang Wajib Diketahui

Keutamaan Puasa Tarwiyah – Di dalam Islam terdapat amalan puasa sunnah yang sangat banyak dan bisa dilakukan untuk kebaikan manusia. Salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan kebaikan untuk manusia adalah puasa Tarwiyah. Bagi yang ingin melakukan puasa Tarwiyah, maka wajib untuk mengetahui terlebih dahulu keutamaan puasa Tarwiyah.

Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijah. Nama Tarwiyah sendiri didapatkan dari suatu kebiasaan para jamaah haji yang banyak membawa air zam-zam ketika menjalankan ibadah haji. Tarwiyah memiliki arti membawa bekal air. Sebelum artikel ini kami juga sudah memberikan artikel yang membahas hukum puasa Arafah dan Tarwiyah, silahkan dibaca juga supaya anda mengetahui hukum puasa tersebut.

Banyak sekali hadits yang membahas soal puasa Tarwiyah ini. Berikut ini kumpulan hadist-hadist yang menerangkan tentang puasa Tarwiyah. Dengan mengetahui hadist-hadist ini, kami berharap anda akan lebih giat dalam menjalankan puasa Tarwiyah ini.

”Siapa yang puasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan untuk puasa pada hari tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari arafah, seperti puasa dua tahun.” (HR. Ali al-Muhairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, Ibnu Abbas)

Dari Ummul Mukminin, Hafshah radliallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan puasa asyura, sembilan hari pertama Dzulhijjah, dan tiga hari tiap bulan. (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al-Albani).

“Tidak ada hari dimana suatu amal salih lebih dicintai Allah melebihi amal salih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama Dzulhijjah).” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, termasuk lebih utama dari jihad fi sabilillah? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Termasuk lebih utama dibanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh).” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Turmudzi).

Setelah mengetahui kumpulan hadist puasa Tarwiyah diatas. Kini anda tinggal mengetahui bacaan niat puasa Tarwiyah, yang memang harus anda hafal. Sebelum anda melakukan ibadah puasa Tarwiyah ini.

Baca :  Manfaat Puasa Mutih, Pengertian & Pantangannya

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah

“Nawaitu Shauma Tarwiyata Sunnatan Lillahi ta’ala.”

Artinya:

“Saya niat puasa sunah Tarwiyah karena Allah Ta’ala.”

Jika sudah hafal dengan bacaan niat puasa sunah Tarwiyah diatas serta mengetahui hukum puasa Tarwiyah. Maka agar anda lebih bersemangat lagi dalam menjalankan ibadah ini. Baiknya anda juga mengetahui keutamaan puasa Tarwiyah yang akan kami terangkan dibawah ini.

Keutamaan Puasa Tarwiyah Beserta Kebaikannya

Keutamaan Puasa Tarwiyah Yang Wajib Diketahui

Keutamaan Puasa Tarwiyah Yang Wajib Diketahui

1. Bisa Menurunkan Kolesterol

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

3. Mendapatkan Ketenangan dan Kenyamanan Hati

4. Bisa Membuat Panjang Umur

5. Buat Yang Sakit Dapat Menjadi Obat Penyembuhan

6. Terhindar Dari Godaan Setan Dalam Makan Secara Berlebihan

7. Pola Makan Akan Lebih Teratur

8. Saluran Pencernaan Lebih Sehat Karena Memiliki Waktu Istirahat

9. Menurunkan Resiko Terkena Darah Tinggi

10. Kekebalan Tubuh Menjadi Lebih Baik

11. Kadar Lemak Dalam Tubuh Bisa Berkurang

12. Dapat Menghilangkan Racun Yang Ada Di Dalam Tubuh

13. Terhindar Dari Resiko Plak Jantung

14. Rejeki Akan Mengalir Deras

15. Dapat Mengolah Hawa Nafsu

16. Emosi Lebih Stabil

17. Mendapatkan Pahala Dari Allah SWT

18. Dapat Menjadi Pembelajaran Dalam Meneladani Rasulullah SAW

19. Lebih Peka Terhadap Orang Fakir Miskin

20. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Jika kita simpulkan berdasarkan keutamaan puasa Tarwiyah diatas. Maka kita bisa mengambil ilmu dan manfaat bahwa betapa pentingnya melakukan ibadah puasa sunnah ini. Sehingga tidak ada salahnya kita mencoba untuk melakukan ibadah puasa Tarwiyah. Semoga artikel yang kami berikan ini dapat memberikan manfaat untuk anda.