12 Keutamaan Puasa Arafah yang Wajib untuk Diketahui

Keutamaan Puasa Arafah – Satu hari sebelum merayakan Idul Adha, umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan Puasa Arafah atau dikenal dengan Puasa 9 Dzulhijjah. Puasa di hari ke 9 bulan Dzulhijjah ini juga diriwayatkan dalam hadits Muslim, dimana Rasulullah SAW mengungkapkan bahwa Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu dan dosa satu tahun yang akan datang.

Puasa Arafah merupakan puasa yang amalannya sangat berharga di bulan Dzulhijjah. Hal ini dikarenakan keutamaan Puasa Arafah memiliki banyak sekali keberkahan yang sayang sekali untuk ditinggalkan. Salah satu keutamaan Puasa Arafah adalah kita dapat memperoleh keberkahan, rejeki bertambah, diampuni segala dosa-dosanya, pahala berlipat-lipat dan masih banyak yang dapat kita peroleh lagi.

Untuk melakukan Puasa Arafah, sama halnya dengan puasa sunnah lainnya, kita wajib untuk membaca niat puasa 9 Dzulhijjah/Arafah terlebih dahulu. Bacaan niat puasa 9 Dzulhijjah juga sudah sempat kita bahas dipertemuan selanjutnya. Kembali kepembahasan utama mengenai keutamaan puasa yang satu ini, bahwasannya ada beberapa hadits yang menganjurkan kita sebagai umat muslim untuk melakukan puasa Arafah.

HR. Muslim no.1162

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Artinya : “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

HR. Bukhari dan Muslim no. 1123

عَنْ أُمِّ الْفَضْلِ بِنْتِ الْحَارِثِ أَنَّ نَاسًا تَمَارَوْا عِنْدَهَا يَوْمَ عَرَفَةَ فِي صَوْمِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ بَعْضُهُمْ هُوَ صَائِمٌ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَيْسَ بِصَائِمٍ فَأَرْسَلَتْ إِلَيْهِ بِقَدَحِ لَبَنٍ وَهُوَ وَاقِفٌ عَلَى بَعِيرِهِ فَشَرِبَهُ

Baca :  Niat Puasa 9 Dzulhijjah Serta Keutamaan Puasa Arafah

Artinya : “Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.” (HR. Bukhari no. 1988 dan Muslim no. 1123).

Masih ada beberapa hadits lain yang membahas mengenai keutamaan puasa Arafah yang satu ini. Baiklah langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai keutamaan puasa Arafah yang wajib untuk diketahui yang telah kami siapkan berikut ini.

Keutamaan Puasa Arafah yang Wajib untuk Diketahui

Keutamaan Puasa Arafah

1. Memperoleh Keberkahan

Keutamaan puasa Arafah yang pertama adalah memperoleh keberkahan. Allah SWT akan memberikan keberkahan kepada hidup kita yang telah melakukan puasa Arafah dengan niat semata hanya karena Allah SWT dan juga dalam rangka memuliakan bulan Dzulhijjah.

2. Bertambah Rezeki

Selanjutnya kita juga akan ditambahkan rejekinya. Allah SWT sudah membukakan pintu rejeki yang luas jika kita melakukan puasa 9 Dzulhijjah.

3. Rumah Tangga Lebih Bahagia

Puasa sunnah tentu membuat kalian lebih dekat dengan Allah SWT, dan sudah pasti jiwa kita akan lebih tenang. Dengan adanya ketenangan hati ini kita tentu akan lebih nyaman dalam kehidupan rumah tangga dan lainnya.

Baca :  Hukum Puasa Arafah & Puasa Tarwiyah Idul Adha

4. Diampuni Segala Dosa

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa dengan melakukan puasa Arafah kita akan diampuni dosanya selama dua tahun, satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

5. Pahala Berlipat Ganda

Rasulullah SAW menganjurkan kita semua para umat muslim untuk memperbanyak amal saleh di bulan ini karena keutamaan pahala yang sangat berlimpah.

6. Dimudahkan dalam Kematian atau Sakaratul Maut

Setiap umat muslim tentu mengharapkan jalan kematian yang mudah. Ternyata dengan kita melakukan puasa Arafah, kita akan memperoleh kemuliaan, jadi nantinya kematian/sakaratul maut kita akan dimudahkan.

7. Diterangi Alam Kuburnya

Nantinya kita juga akan diterangi di alam kubur karena puasa Arafah dapat menjadi penerang selama berada di alam barzah.

8. Berat Timbangan Amal Ketika Hari Kiamat

Limpahan pahala yang kita dapatkan juga nantinya dapat menjadi pemberat timbangan amal di padang mahsyar.

9. Selamat dari Jatuhnya Kedudukan di Dunia

Allah SWT juga akan senantiasa menjaga kita dari keterpurukan kedudukan. Baik dengan cara menyelamatkanmu dari langkah yang salah satu memberi ilham untuk mencapai kesuksesan.

10. Naik Derajat di sisi Allah SWT

Siapa saja yang tidak ingin melewatkan keistimewaan berpuasa Arafah, Allh SWT akan menaikkan derajatnya di akhirat. Maka dari itu jangan sampai melewatkan puasa 9 Dzulihijjah ini.

Nah itulah beberapa keutamaan Puasa Arafah yang dapat kalian lakukan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua umat muslim di seluruh Indonesia.