10 Keistimewaan Sholat Dhuha yang Wajib Kita Ketahui

Keistimewaan Sholat Dhuha – Salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak keistimewaan adalah sholat Dhuha. Sholat sunnah yang satu ini dikenal memiliki manfaat yang baik dalam kehidupan, khususnya untuk soal rizki. Dimana orang muslim yang melaksanakan sholat dhuha akan diberikan rizki yang cukup.

Selain itu masih ada banyak sekali keistimewaan yang dapat kita peroleh jika kita melaksanakannya. Sholat sendiri merupakan salah satu tiang agama yang wajib kita laksanakan sebagai seorang muslim. Disamping itu dengan sholat juga kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengharap ridho-Nya.

Sholat sendiri juga terbagi menjadi 2 yakni sholat wajib dan juga sholat sunnah. Sholat wajib sendiri adalah Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Sedangkan untuk sholat sunnah juga bermacam-macam, seperti dhuha, tahajud, istikharah, dan masih banyak lagi yang lainnya yang dapat kita kerjakan untuk mendapat pahala.

Nah untuk pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai keistimewaan sholat dhuha yang wajib kita ketahui. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini.

Keistimewaan Sholat Dhuha yang Wajib Kita Ketahui

Keistimewaan Sholat Dhuha

Memiliki Nilai yang Sepadan dengan Sedekah

Sholat dhuha sendiri memiliki nilai amalan sedekah yang diperlukan oleh 360 persendian tubuh kita. Pada setiap tubuh manusia diciptakan 360 persendian dan wajib bagi pemilik sendi tersebut untuk bersedekah untuk tiap sendinya. Lalu sahabat Rasulullah SAW bertanya:

“Wahai Rasulullah, siapa yang sanggup melakukannya?’ Rasulullah menjawab, ‘Membersihkan kotoran yang ada di masjid atau menyingkirkan sesuatu yang mencelakakan orang di jalan raya. Apabila ia tidak mampu maka shalat Dhuha dua rakaat dapat menggantikannya.” (H.R. Ahmad bin Hanbal dan Abu Dawud).

Diberikan Rezeki yang Cukup dan Kelapangan Rezeki

Allah SWT juga berjanji kepada setia muslim yang melaksanakan sholat dhuha akan mendapatkan rezeki yang lapang dan cukup, setidaknya hingga sore hari. Hadits Qudsi (hadits yang maknanya dari Allah, tetapi kalimatnya dari lisan Nabi saw).

Baca :  8 Keutamaan Shalat Witir Sesuai Hadits yang Luar Biasa

Sebagai Penghapus Dosa

Ampunan Allah SWT terbentang luas melebihi luasnya alam semesta, jadi sebesar apapun dosa yang kalian miliki, jika kalian mau bertaubat dengan sungguh-sunguh maka Allah SWT akan memberikan pengampunan kepada kalian.

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda,

”Barangsiapa yang masih berdiam diri di masjid setelah melakukan shalat Shubuh sampai melakukan dua rakaat shalat Dhuha, tidak mengatakan sesuatu, kecuali kebaikan maka dosa-dosanya akan diampuni sekalipun banyaknya melebihi buih di lautan.” (H.R. Abu Dawud).

Dibangunkan Istana di Surga Kelak

Keistimewaan sholat dhuha yang satu ini juga dijelaskan oleh Hadits Riwayat Trimidzi dan Ibnu Majah, yang berbunyi sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha sebanyak dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan istana di surga.” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah. Hadist hasan).

Mendapatkan Pahala Seperti Pahala Haji dan Umrah

Sholat dhuha juga memiliki paham yang sama dengan pahala haji dan umrah. Hal ini disebutkan dalam HR Tirmidzi dan Shahih At-Targhrib:673.

Dari Abu Umamah r.a., Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umrah.” (Shahih At-Targhib:673).

Dari Anas bin Malik, Nabi saw bersabda, “Barangsiapa shalat Shubuh berjamaah kemudian duduk berdzikir sampai matahari terbit, kemudian mengerjakan shalat dua rakaat (Dhuha) maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya.” (H.R Tirmidzi).

Diberi Ghanimah atau Keuntungan yang Besar

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya, lebih banyak ghanimahnya, dan lebih cepat kembalinya (dari tempat perang).” (Shahih al-Targhib: 666)

Dalam hadits diatas, Rasulullah SAW membandingkan orang beriman yang melaksanakan shlat dhuha dengan para pejuang Islam yang bertempur di medan perang, yang berjarak dekat dengan tempat tinggal mereka kemudian kembali dengan cepat ke kampung halaman mereka seraya membawa ghanimah (keuntungan dari sesudah perang) yang banyak dan menuai kemenangan yang gemilang.

Baca :  Niat Sholat Mayit, Doa dan Tata Caranya

Dijauhkan dari Siksa Api Neraka

Keistimewaan shoat dhuha yang selanjutnya adalah dijauhkannya siksa api neraka. Seperti diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Baihaqi berikut ini.

Hal ini sesuai sabda Nabi saw, “Barangsiapa melakukan shalat fajar, kemudian ia melaksanakan shalat Dhuha sebanyak dua rakaat, niscaya Allah swt akan mengharamkan api neraka untuk menyentuh atau membakar tubuhnya.” (H.R. Baihaqi).

Masuk ke Dalam Surga Melaui Pintu Dhuha

Setiap muslim yang rajin menjalankan shola sunnah dhuha ini juga nantinya akan disediakan pintu khusus di surga kelak. Pintu tersebut bernama Bad adh-dhuha atau pintu dhuha. Sambutan secara spesial itu membutuhkan perjuangan untuk meraihnya, yaitu dengan menunaikan sholat dhuha dengan rutin dan ikhlas.

” Di dalam surga terdapat pintu yang bernama Bab adh-Dhuha (pintu Dhuha), dan pada hari Kiamat nanti akan ada yang memanggil, ‘Di mana orang yang senantiasa mengerjakan shalat Dhuha? Ini pintumu, danmasuklah ke dalamnya dengan rahmat Allah.” (H.R. Thabrani, Al-Mu’jam Al-Ausath).

Dimudahkan Segala Urusan

Dimudahkan dalam segala urusan juga menjadi salah satu keistimewaan dan manfaat dari sholat dhuha yang satu ini. Dengan dimudahkannya segala urusan yang kita hadapi, maka ini menjadi bukti bahwa keajaiban dapat datang di kala kita menjalankan sholat dhuha dengan khusyu dan ikhlas.

Diberikan Kesehatan

Kesehatan memang salah satu hal yang tidak dapat digantikan apapun, karena dengan kita sehat maka kita dapat melakukan setiap aktifitas dan ibadah dengan semangat. Nah dengan kita sering melaksanakan sholat dhuha kita juga akan diberikan kesehatan jantung dan juga ginjal.

Ketika kalian akan melaksanakan shalat dhuha menjelang atau memasuki shalat dzuhur, dimana ini adalah waktu yang tepat untuk mengurangi dampak penyakit jantung dan ginjal. Hal ini dikarenakan situasi bumi yang sedang berangsur panas pada siang hari. Keadaan tersebutlah yang dapat mempengaruhi kondisi hati dan sistem pencernaanmu.

Baca :  Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai kesitimewaan sholat dhuha yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai tata cara sholat dhuha yang telah niatpuasa.com sampaikan di postingan sebelumnya.