Doa Sujud Tilawah Sesuai Sunah : Arab, Latin & Artinya

Doa Sujud Tilawah – Dalam bahasa arab, sujud merupakan sebuah kegiatan yang cukup mulia. Mengingat didalam gerakan sujud yang disamaartikan dengan menempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, dan juga kedua lurut serta ujung kaki memiliki begitu banyak makna.

Dimana makna utama dari sujud sendiri tentu dilakukan hanya karena Allah yang bisa di kerjakan pada waktu serta saat-saat tertentu. Maka tidak heran apabila sujud di masukan sebagai salah satu gerakan sholat. Bicara mengenai sujud, ternyata ada beberapa macam sujud di dalam Islam.

Satu diantaranya adalah Sujud Tilawah. Bagi umat muslim tentu saja mendengar kata sujud Tilawah tentu sudah tidak lagi asing. Dimana sujud Tilawah sendiri merupakan sujud yang dikerjakan setiap muslim dengan sebab adanya bacaan Al-quran, yaitu bacaan ayat-ayat sajadah.

Yang mana didalam mushar Al-Quran ayat-ayat sajadah ini biasanya dapat kita kenali dengan adanya tanda-tanda tertentu. Seperti halnya terdapatnya tulisan kata as-sajadah dengan tulisan Arab yang biasanya terletak di pinggir halaman sebaris dengan ayatnya.

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Dan ketika ada orang yang membacanya, kita sebagai umat muslim disunnahkan untuk melakukan sujud Tilawah satu kali baik itu di kerjakan dalam keadaan sholat ataupun di luar sholat.

Selain itu kita juga di sunnahkan untuk membaca doa sujud Tilawah. Yang mana tentu saja semua muslim sudah mengetahui bacaan doa ketika sujud Tilawah.

Namun bagi anda yang belum mengetahuinya, maka tidak usah khawatir karena pada kesempatan kali ini akan kita coba bagikan secara lengkap bacaan doa sujud Tilawah dalam bahasa arab, latin dan juga artinya.

Ayat Sajadah di Dalam Alquran

Sebelum kita membahas bacaan doa yang bisa kita panjatkan ketika melakukan sujud Tilawah, mungkin ada sebagian besar orang yang belum mengerti apa saja ayat sajadah itu. Dan berikut adalah beberapa ayat sajadah yang bisa anda ketahui.

  • Ayat ke-206 dari Surah Al-A’raf
  • Ayat ke-15 dari Surah Ar-Ra’d
  • Ayat ke-50 dari Surah An-Nahl
  • Ayat ke-109 dari Surah Al-Isra’
  • Ayat ke-58 dari Surah Maryam
  • Ayat ke-18 dari Surah Al-Hajj
  • Ayat ke-77 dari Surah Al-Hajj, termasuk ayat sajadah menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Hambali
  • Ayat ke-60 dari Surah Al-Furqan
  • Ayat ke-25 hingga Ayat ke-26 dari Surah An-Naml
  • Ayat ke-15 dari Surah As-Sajdah
  • Ayat ke-38 dari Surah Fussilat
  • Ayat ke-62 dari Surah An-Najm
  • Ayat ke-21 dari Surah Al-Insyiqaq
  • Ayat ke-19 dari Surah Al-‘Alaq Ayat ke-19 dari surat Al-‘Alaq 96:19
  • Ayat ke-24 dari Surah Sad, tidak termasuk ayat sajdah menurut mazhab syafi’i dan mazhab Hambali

Kapan Sujud Tilawah Dikerjakan

Seperti kami sampaikan diatas, bahwasannya sujud Tilawah merupakan sujud yang di sunnahkan kepada setiap muslim ketika mendengar orang membaca ayat sajadah yang kami terangkan diatas.

Yang dimana ketika mendengarnya, kita di sunnahkan untuk melakukan sujud tilawah yang bisa di kerjakan didalam sholat yakni ketika kita sedang mengerjakan sholat ataupun diluar sholat ketika kita tidak sedang mengerjakan sholat.

Hal ini juga di jelaskan dalam firman Allah dalam surat Maryam ayat 58 yang berbunyi.

Surat Maryam Ayat 58

Artinya:
“Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka akan bersujud dan menangis”, (QS. Maryam ayat 58).

Selain itu juga di terangkan pula didalam sabda Rasulullah yang berbunyi.

Baca :  Doa Setelah Sholat Witir : Arab, Latin & Artinya

Apabila seseorang membaca ayat sajdah lalu bersujud, maka menyingkirlah setan dengan menangis lalu berkata:

“Sungguh celaka manusia yang diperintah sujud lalu sujud, maka aku membangkang, maka bagiku neraka.” (HR. Ahmad, Muslim, dan Inu Majah).

Doa Ketika Sujud Tilawah

Dan ketika anda mendengar ada orang yang membaca ayat-ayat sajadah diatas, maka selain disunnahkan melakukan gerakan sujud Tilawah. Anda juga di sunnahkan untuk membaca doa sujud Tilawah yang berbunyi sebagai berikut.

Arab

Doa Sujud Tilawah


Latin

SAJADA WAJHI LILLADZI KHOLAQOHU, WA SHOWWAROHU, WA SYAQQO SAM’AHU, WA BASHOROHU BI KHAULIHI WA KUUWATIHI FATABARAKALLAHU AHSANUL KHOLIQIIN


Artinya

“Wajahku bersujud kepada Dzat yang menciptakannya, yang membentuknya, dan yang memberi pendengaran dan penglihatan, Maha berkah Allah sebaik-baiknya pencipta”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, Hakim, Tirmidzi dan nasa’i

Itulah kiranya bacaan doa sujud Tilawah yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini dalam bahasa arab, latin dan juga terjemahannya. Semoga anda yang mungkin belum memahami dan belum mengerti bisa dengan mudah memperlajarinya.