18 Sunnah dan Tata Cara Shalat Idul Fitri Terlengkap

Tata Cara Shalat Idul Fitri – Hari kemenangan bagi umat beragama islam adalah hari di mana bulan ramadahan datang sampai dengan hari dimana mereka di sunnahkan mengerjakan shalat idul fitri setelah mereka selesai mengerjakan puasa untuk menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu selama satu bulan penuh. Pelaksanaan shalat idul fitur selalu bertepatan dengan tanggal 1 Syawal yang umumnya di laksanakan pada pagi hari dari pukul 06.30 sampai dengan terbutnya matahari.

Pengerjaan shalat idul fitri sendiri tentu saja membawa makna dan juga hikmah bagi setiap umat muslim di berbagai belahan dunia ini. Salah satu diantaranya adalah mensucikan diri dan saling memaafkan. Kenapa di katakan sebagai hari kemanangan? karena kita sebagai umat muslim telah berjual selama satu bulan lamanya untuk melawan dan menjaga hawa nafsu, serta fokus untuk menambah pundi-pundi amalan baik dan juga beribadah.

Selain itu shalat idul fitri juga menjadi sebuah penanda bahwasannya pelaksanaan zakat fitrah telah selesai. Dengan berpedoman pada tata cara shalat idul fitri yang ada, bagi kaum wanita yang sedang berhalangan pun tetap di perbolehkan menghadiri tempat berlangsungnya shalat ied serta mendengarkan khutbah idul fitri. Hal ini tidak telah di jelaskan secara rinci lewat sebuah sabda Rasulullah SAW berikut ini.

“Kami diperintahkan keluar rumah untuk mengerjakan sholat idul Fitri. Anak-anak gadis (juga diperintahkan) keluar rumah pada hari raya (untuk mengerjakan sholat Id). Termasuk perempuan-perempuan. Sedangkan bagi perempuan yang sedang berhalangan ini berada di belakang orang-orang (yang mengerjakan sholat). Mereka ikut bertakbir dan berdoa bersama-sama berharap memperoleh keberkahan dan kesucian hari itu.” (HR Bukhari, Ibn Majah, dan Baihaqi).

Baca :  Tuntunan Sholat Tahajud Lengkap & Mudah di Pahami

Tata Cara Shalat Idul Fitri Terlengkap

Sunnah dan Tata Cara Shalat Idul Fitri

Sunnah dan Tata Cara Shalat Idul Fitri

Meski sudah dijelaskan lewat sabda Rasulullah SAW tersebut tentang tata cara shalat idul fitri yang baik dan benar, namun kami yakin masih ada yang mungkin tidka mengetahuinya. Padahal mengetahui tata cara shalat idul fitri dengan baik dan benar menjadi modal awal untuk kita sebagai umat islam bisa mendapatkan sebuah kemenangan yang sesungguhnya. Namun bagi anda yang belum mengetahui hal tersebut, mungkin informasi yang akan kami sampaikan berikut bisa menjadi wawasan tambahan tentang shalat idul fitri tahun ini.

Sunnah Pelaksaan Shalat Idul Fitri

Sebelum kita membahas mengenai tata cara shalat idul fitri sesuai yang diajarkan oleh para pendahulu kita, mungkin akan lebih baik apabila kita mengetahui terlebih dahulu tentang sunnah pelaksaan shalat idul fitri itu sendiri. Bagi anda yang mungkin saja belum mengerti dan memahami tentang sunnah pelaksanaan shalat idul fitri, berikut kami sampaikan beberapa list mengenai sunnah pelakasanaan shalat idul fitri yang harus anda pahami.

  • Pertama pastikan sebelum menuju ke lokasi shalat idul fitri anda melaksanakan mandi dengan membaca niat

Niat Mandi Shalat Idul Fitri

NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI ‘LIEDIL FITHRI SUNNATAN LILLAHI TA’AALAA

Artinya:
“Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Fitri Sunnah Karena Allah Ta’Ala”

  • Kedua di sunahkan untuk memakan makanan dan minum sebelum berangkat
  • Ketika menggunakan pakaian terbaik yang anda miliki (tidak perlu baru ataupun mahal)
  • Keempat juga disunahkan untuk memaikai wangi-wangian atau parfum
  • Kelima menempuh jarak atau melewati jalan yang berbeda pada saat berangkat dan pulang setelah selesai shalat iful fitri
  • Keenam ada baiknya anda mengajak seluruh keluarga dan juga anak-anak anda karena ini merupakan hari kemenangan
  • Ketujuh, bertakbirlah ketika anda sedang berjalan menuju ke tempat shalat idul fitri
  • Dan yang terakhir atau kedelapan yakni usahkan untuk anda bejalan kaki ketika menuju ke lokasi shalat idul fitri

Itulah kiranya beberapa hal yang perlu anda pahami mengenai sunah sebelum melaksanakan shalat idul fitri, lalu bagiamana tentang tata cara shalat idul fitri? silahkan anda simak penjelasan terlengkapnya berikut ini.

Tata Cara Shalat Idul Fitri

#1. Shalat idul fitri di lakukan di tempat lapang dan di pagi hari dan di kerjakan secara berjamaah

#2. Membaca niat shalat idul fitri yang berbunyi

Niat Shalat Idul Fitri

USHOLLI ROK’ATAINI SUNNATAL IDIL FITRI MALMUMN/IMAMAN LILLAHI TA’ALAA

Artinya :
“Aku berniat shalat sunnah idul fitri dua rakaat (menjadi makum/imam) karena Allah ta’ala”

#3. Pelaksanaan shalat tidak di dahulio dengan adzan ataupun iqamah

#4. Kemudian pelaksanaan shalat idul fitri dilaksanakan sebelum khutbah disampaikan oleh khatib

#5. Tata cara shalat idul fitri dilaksanakan sebanyak dua rakaat

#6. Dikerjakan dengan terdaapat 12 takbir di kedua rakaat tersebut, dengan pembagian tujuh (7) takbir pada rakaat pertama setelah takbiratul ikhram atau sebelum membaca suratan atau ayat, sedangkan pada rakaat kedua terdapat lima (5) kali takbir sebelum membaca ayat atau suratan

#7. Disaat membaca takbir, disunnakan pada sela-salanya untuk membaca kalimat

Subhanallah Wal Hamdu

SUBHANALLAH WAL-HAMDU LILLAHI WA LAA ILAAHA ILLALLAAH WALLAHU AKBAR

Artinya:
“Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah. Allah Mahabesar”

#8. Bacaan yang di anjurkan pada saat mengerjakan rakaat pertama shalat idul fitri adalah Surat Qaf atau surat Al A’la dan surat Al Qamar atau juga membaca surat Al Ghasiyah pada saat rakaat kedua

#9. Pelaksaan shalat idul fitri ini sama persis dengan shalat lain pada umumnya, hanya saja terdapat beberapa perbedaan tata cara shalat idul fitri seperti sudah kami jelaskan diatas. Baru kemudian dilanjutkan dengan khutbah dengan khatib

#10. Terakhir pelaksaaan shalat idul fitri ini jika jatuh pada hari jumat, maka bagi kaum laki-laki boleh atau tidak dilaksanakan shalat jumat setelahnya

Nah kiranya itulah beberapa list mengenai sunnah sebelum shalat idul fitri dan juga tata cara shalat idul fitri yang bisa anda pahami dan pelajari. Karena mengerti sejak dini tentang shalat idul fitri tentu saja akan bermanfaat sampai kapanpun. Jangan lupa simak pula info menarik lain dari kami seputar bacaan shalat istikharah dan tata cara serta keutamananya yang sebelumnya telah kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi sebuah wacana yang mudah di pahami.