4 Doa Penutup Majelis Lengkap & Bahasa Indonesia

Doa Penutup Majelis – Dalam setiap acara yang dilakukan oleh umat muslim. Maka di sunnahkan untuk membaca doa majelis. Dimana ada 2 macam doa yang di sunnahkan untuk dibaca yaitu doa pembuka majelis dan doa penutup majelis.

Sebelumnya kami sudah memberikan informasi mengenai doa pembuka majelis lengkap beserta artinya. Dan sekarang kami akan memberitahukan doa penutup majelis bahasa Indonesia. Yang mana doa tersebut sangat mudah dibaca dan di hafalkan.

Dengan membaca doa penutup majelis lengkap maka kita akan mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT. Perlu diketahui juga bahwa untuk yang membaca doa menutup acara majelis ini dibaca oleh pembicara. Sedangkan untuk yang datang ke acara tersebut tinggal ucapkan amin ketika doa tersebut selesai dibaca.

Doa penutup majelis lengkap dengan bahasa Indonesia ini kami sarankan untuk disimpan. Agar nantinya ketika kalian ingin mengadakan sebuah acara. Bisa membaca doa tersebut lewat kertas atau langsung membaca di website ini.

Doa Penutup Majelis Lengkap dan Bahasa Indonesia

Doa Penutup Majelis Lengkap dan Bahasa Indonesia

Doa penutup majelis memang disarankan dan dianjurkan oleh dibaca. Agar acara yang diselenggarakan berjalan dengan lancar sampai selesai.

Doa Penutup Majelis Pertama

Arab :

Doa Penutup Majelis Pertama

Latin :

Subhaanakallaahumma wabihamdika asyhadu al-laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa-atuubu ilaika

Artinya :

Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada tiada Tuhan melainkan Engkau, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.

Doa Penutup Majelis Kedua

Arab :

Doa Penutup Majelis Kedua

Latin :

Ya robbana’tarofna, bi annanaq-tarofnaa. Wa innanaa asrofna, wa ‘ala lazho asyrofna. Fa tub ‘alaina taubah, tagsilu kulla haubah. Wastur lanal ‘aurootii, wa aaminirrou’atii. Waghfir li waalidiinaa, robbi wa mauluudiinaa. Wal ahli wal ikhwaani, wa saairil khillani. Wa kulli dzi mahabbah, aw jiirotin aw shuhbah. Wal muslimiina ajma’, aamiina robbiyasma’.

Artinya :

Ya Allah, kami mengaku kami banyak melakukan dosa. Dan sesungguhnya kami berlebih-lebihan, sehingga neraka-lah yang layak bagi kami. Terimalah taubat kami, taubat yang bisa membersihkan kami dari dosa-dosa. Dan tutuplah aib-aib kami, selamatkanlah kami dari kebodohan. Ampunilah kedua orang tua kami, Ya Tuhan ampuni juga anak-anak kami. Ampuni keluarga kami, saudara-saudara kami, dan seluruh kekasih kami. Ampuni juga setiap orang yang memiliki cinta kasih, tetangga, dan sahabat kami, serta kaum muslimin seluruhnya. Dengarkanlah do’a kami Ya Rabb.

Hadist Doa Penutup Majelis

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ جَلَسَ فِي مَجْلِسٍ فَكَثُرَ فِيهِ لَغَطُهُ، فَقَالَ قَبْلَ أَنْ يَقُومَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِك
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ فِي مَجْلِسِهِ ذَلِكَ.

Baca :  Doa Setelah Sholat Jumat & Dzikir Terlengkap

Artinya :

Rasulullah SAW. bersabda: “Siapapun yang sedang berada di suatu majelis, kemudian pada majelis tersebut terdapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majelis, mengucapkan hal (doa) ini (Kafaraatul Majelis),

“Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika”
(Maha Suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun pada-Mu, dan aku taubat pada-Mu), Kecuali telah diampuni bagi orang tersebut, sesuatu yang ada dalam majelis tersebut.”(HR. Tirmidzi)

Keutamaan Doa Penutup Majelis

1. Dapat Menghapuskan Dosa

2. Agar Mendapatkan Ilmu Dari Pertemuan Tersebut Yang Bermanfaat

3. Lebih Dimudahkan Jalan Untuk Menuju Surga

4. Menguatkan Iman dan Kebaikan Didalam Majelis

5. Mendapatkan Keberkahan Hidup

Adab Di Dalam Majelis Ilmu

1. Mengucapkan salam ketika memasuki ataupun keluar dari majelis

2. Jangan menyuruh orang untuk berdiri dan menggeser tempat duduknya

3. Tidak berbicara ataupun memberikan kegaduhan didalam majelis

4. Membaca doa pembuka dan penutup majelis

Doa penutup majelis ini memang memiliki manfaat dan keutamaan yang cukup besar. Sehingga alangkah baiknya untuk dibaca ataupun di hafal.