Doa Pendek Setelah Sholat Bahasa Latin, Arab, dan Arti

Doa Pendek Setelah Sholat – Dalam Islam berdoa merupakan hal yang dapat kita panjatkan setiap kali kita melakukan sesuatu atau sesudah melakukan sesuatu. Bahwasannya di dalam doa terdapat hal yang positif dan juga meminta perlindungan, rahmat dan hidayah dari Allah SWT. Sejak kecil kita pasti sudah diajarkan mengenai beberapa doa pendek, seperti doa bepergian, doa masuk Wc, doa masuk dan keluar masjid dan masih banyak lagi doa-doa yang kita pelajari ketika masih kecil.

Dan berbicara mengenai doa, disini kita akan membahas mengenai doa pendek setelah Sholat. Hukum membaca doa kepada Allah SWT ini wajib bagi semua umat Islam. Dimana telah diperintahkan untuk memohon dan meminta hanya kepada Allah SWT. Maka dari itu perlu ditekankan jangan sampai kita melakukan perbuatan atau doa-doa kepada selain Allah SWT karena akan membuat murka Allah SWT. Anjuran dan perintah membaca doa ini dapat kalian lihat dalam QS. Al Mu’min Ayat 60 yang berbunyi sebagai berikut:

Dan Tuhan-mu berfirman : ”Berdoalah kepadaku, niscaya akan Kuperkenankan bagi’mu. Sesungguh-nya orang2 yg menyombongkan diri dari menyembah-ku akan masuk Neraka Jahannam dlm keadaan hina-dina (QS. Al-Mu’min, Ayat : 60)”.

Disamping itu membaca dan mengamalkan doa juga akan membuat kita terhindar dari murka Allah. Orang beriman yang tidak pernah meminta kepada Allah SWT masuk kedalam orang-orang yang menyombongkan diri. Baginda Agung Muhammad SAW juga bersabda sebagai berikut:

” Barangsiapa yg tidak meminta pada Allah SWT maka Allah akan murka kepadanya (HR. Tirmidzi, No. 3373) ”

“Barangsiapa diantara kalian sudah dibukakan baginya Pintu Doa, pasti dibukakan pula baginya Pintu Rahmat, dan tidak’lah Allah diminta sesuatu yg Dia berikan lebih Dia senangi daripada diminta Kekuatan ”. Dan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi : ” Sesungguhnya doa itu bermanfaat baik bagi apa yg sedang terjadi maupun yg belum terjadi, maka hendak-lah kalian berdoa (HR. Tirmidzi, No. 3548) ”.

Dengan melihat firman Allh SWT dan juga sabda Nabi Muhammad SAW diatas, maka sudah sangat wajib bagi kita sebagai umat islam untuk membaca doa pendek setelah sholat ataupun membaca doa-doa lain yang sudah seharusnya kita baca. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai kumpulan doa pendek setelah Sholat lengkap dengan bahasa latin dan artinya berikut ini.

Doa Pendek Setelah Sholat Bahasa Latin, Arab, dan Arti

Doa Pendek Setelah Sholat

1. Doa Mohon Ampunan untuk Diri Sendiri

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى خَطِيئَتِى وَجَهْلِى وَإِسْرَافِى فِى أَمْرِى وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّى اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى جِدِّى وَهَزْلِى وَخَطَئِى وَعَمْدِى وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِى

Allahummagh-firlii khothii-atii, wa jahlii, wa isrofii fii amrii, wa maa anta a’lamu bihi minni. Allahummagh-firlii jiddi wa hazlii, wa khotho-i wa ‘amdii, wa kullu dzalika ‘indii

Artinya : “Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kejahilanku, sikapku yang melampaui batas dalam urusanku dan segala hal yang Engkau lebih mengetahui hal itu dari diriku. Ya Allah, ampunilah aku, kesalahan yang kuperbuat tatkala serius maupun saat bercanda dan ampunilah pula kesalahanku saat aku tidak sengaja maupn sengaja, ampunilah segala kesalahan yang kulakukan”.

2. Doa Mohon Ampunan untuk Kedua Orang Tua

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allohummaghfirli Waliwaalidayya War Hamhumaa Kama Robbayaanii Shaghiira

Artinya : “Wahai Tuhanku, ampunilah saya dan kedua orang tua saya dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi saya diwaktu kecil”

3. Doa Mohon Kesehatan dan Lancar Rezeki

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii

Artinya : “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku”.

4. Doa Dimudahkan Segala Urusan

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla

Artinya : “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”.

5. Doa Mohon Cepat Dapat Jodoh

  • Untuk Laki-laki

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya : “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”

  • Untuk Perempuan

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh

Artinya : “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

6. Doa Agar Terhindar dari Api Neraka

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا مَعَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِينَ

Robbana laa taj’alnaa ma’alqoumiz zholimiin

Artinya : “Ya Tuhan, janganlah Engkau tempatkan kami bersama-sama dengan orang-orang zhalim”.

7. Ditutup dengan Membaca Surat Alfatihah

Doa Al Fatihah

Bismillaahir-rohmaanir-rohiim. Al-hamdu lillaahi robbil-‘aalamiin.Ar-rohmaanir-rohiim. Maaliki yaumid-diin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash-shiroothol-mustaqiim. Shiroothollaziina an’amta ‘alaihim ghoiril-maghdhuubi ‘alaihim wa ladh-dhooolliin.

Artinya : “Dengan nama Allah yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah aku ke jalan yang lurus. (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Nah itulah beberap bacaan doa pendek setelah sholat yang dapat kalian panjatkan dan amalkan. Setiap doa diatas juga merupakan doa yang dapat kita panjatkan setiap hari karena doa tersebut akan semakin mendekatkan kita dengan Allah SWT. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan. semoga artikel diatas mengenai doa pendek setelah sholat dapat bermanfaat bagi kalian semua seluruh umat muslim di Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Baca :  Doa Masuk Rumah, Keluar Rumah : Arab, Latin & Terjemahannya