Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban Lengkap dengan Artinya

Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban – Puasa merupakan sebuah ibadah yang memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan ataupun untuk amalan kita kepada Allah SWT. Karena puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki hubungan langsung antara makhluk dan kholiq. Yang dimana sebuah penilaian dari pahala puasa akan di terima atau tidak hanyalah Allah SWT yang maha mengetahuinya. Karena itulah kita sebagai umat muslim yang merupakan pelaksanannya hanya bisa memperbaiki puasa kita agar menjadi puasa yang diridhoi oleh Allah.

Dalam usaha memperbaiki tatanan puasa agar bisa menjadi puasa yang sama seperti yang sudah di contohkan oleh Rasululloh SAW memang bukanlah perkara yang mudah. Akan tetapi kita sebagai umat-Nya tidaklah sepantasnya menyepelkan hal terseubut, agar nantinya semua pahala puasa yang kita lakukan bisa kita dapatkan di hari akhir. Dan bicara soal puasa, memang cukup banyak sekali jenis dan tipe puasa yang ada dalam ajaran agama islam, namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai doa niat puasa Nisfu Sya’ban.

Apa itu puasa Nisfu Sya’ban? puasa Nisfu Sya’ban merupakan jenis puasa sunnah yang selalu di kerjakan Rasululloh SAW dibulan Sya’ban. Dimana pada bulan tersebut, amal ibadah yang kita kerjakan akan di naikan dan di angkat oleh Allah SWT. Atau bisa kita katakan bahwa amalan yang sudah pernah kita buat di beberapa bulan belakang akan di hitung. Sementara itu pada bulan Sya’ban inilah buka amalan kita akan di tutup, oleh karena itulah beliau selalu mengerjakan puasa Sya’ban disetiap bulan Sya’ban datang.

Bacaan Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Bacaan Doa Niat Puasa Nisfu Sya'ban

Bacaan Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Pada dasarnya, puasa Sya’ban merupakan puasa sunnah muakkadah yang sangat di anjurkan untuk bisa di kerjakan. Dalam pengerjaannya sebenarnya tidak ada perbedaan dengan jenis puasa yang lainnya, yang mana salah satu yang paling utama adalah kalian perlu membaca niat sebelum melaksanakannya. Dan bagi kalian yang akan mengamalkannya, sebaiknya ketahuilah dahulu bacaan doa niat puasa Nisfu Sya’ban agar lebih memantapkan puasa yang akan kalian kerjakan.

Baca :  Niat Puasa 9 Dzulhijjah Serta Keutamaan Puasa Arafah

Kenapa puasa Nisfu Sya’ban merupakan puasa sunnah muakkadah? tentunya bukan tanpa alasan kenapa puasa Nisfu Sya’ban ini dikatakan sebagai sunnah muakkadah. Dimana ada satu hadist yang meriwayatkan seorang sahabat yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam pertanyaanya tersebut sahabat berkata aku tidak pernah melihat engkau berpuasa sebulan penuh selain bulan ramadhan selain bulan sya’ban? Rasululloh pun menjawab bulan sya’ban adalah bulan dinaikannya berbagai amalan kepada Allah, oleh karena itulah aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.

Selain amalan yang akan dinaikan oleh Allah, hikmah dan manfaat puasa Sya’ban juga akan sangat terasa ketika di lakukan, satu diantaranya adalah untuk belajar berpuasa sebelum kita memasuki bulan ramadhan yang kita tahu bahwa selama satu bulan penuh kita melakukan puasa. Tentunya dengan melakukan puasa Nisfu Sya’ban kita akan mulai terbiasa ketika melakukan puasa ramadhan yang harus kita lakukan selama sebulan penuh.

Doa niat puasa Nisfu Sya’ban sendiri sedikit berbeda dengan niat puasa sunnah lain seperti puasa ayyamul bidh. Namun yang pasti intinya adalah sama, yaitu meyakinkan hati agar lebih kuat dan mantap untuk menjalankan puasa sunnah ini hanya karena Allah SWT. Namun ternyata ada juga puasa yang di haramkan ketika dilakukan pada bulan Sya’ban loh. Dan itu terjadi ketika kita melkukan puasa setelah tanggal 15 di bulan Sya’ban yang di mulai pada tanggal 16.

Akan tetapi keharaman ini jika kita tidak menyambung puasa kita dengan tanggal sebelumnya yaitu tanggal 15. Jadi bagi kita yang melakukan puasa Nisfu Sya’ban secara terus atau tanpa terputus maka hukumnya boleh hingga tanggal 30. Meski demikian ada sebagian orang yang mengasumsikan bahwa hanya dimalam Nisfu Sya’ban saja yang akan diangkatnya semua amalan kita. Makan banyak orang yang sampai saat ini masih berlomba-lomba berpuasa Nisfu Sya’ban hanya di malam Nisfu Sya’ban itu datang.

Baca :  6 Hadits Shahih Tentang Puasa Rajab

Doa Niat Puasa Nisfu Sya’ban

Bagi kalian yang ingin belajar mengamalkan puasa Nisfu Sya’ban, namun terkendala dengan lafadz niat puasa Nisfu Sya’ban berserta artinya, berikut kami sampaikan bacaan doa niat puasa Nisfu Sya’ban yang bisa kalian hafalkan agar nantinya ketika akan melakukan puasa Nisfu Sya’ban kalian sudah bisa membaca niatnya.

Doa Niat Puasa Nisfu Sya'ban

NAWAITU SAUMA SYAHRI SYA’BANA SUNATAN LILLAHI TA’ALA

Artinya:
Saya niat puasa bulan sya’ban, sunnah karena Allah ta’ala

Tata Cara Puasa Sunnah Sya’ban

Lalu bagaimana dengan tata cara puas Nisfu Sya’ban itu sendiri? tentunua cara melakukan puasa sunnah ini juga sama persis dengan beberpa puasa yang sudah pernah kami sampaikan seperti puasa weton ataupun puasa mutih, yang pastinya hanya satu inti dari perbedaan setiap jenis puasa itu. Yakni niat yang di lafalkan. Oleh karena itulah diatas sudah kami sampaikan bagaimana bacaan doa niat puasa Nisfu Sya’ban lengkap dalam bacaan arab dan indonesia serta artinya. Dan disunnahkan untuk kalian yang melakukan puasa Nisfu Sya’ban untuk bisa melakukan hal-hal baik sesuai dengan adab islam.

Dan itulah kiranya bacaan doa niat puasa Nisfu Sya’ban yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan membaca artikel ini kalian yang masih belum paham apa itu puasa Nisfu Sya’ban dan bagimana lafadz niat melakukan puasa Nisfu Sya’ban kini sudah lebih jelas dan bisa memahaminya. Semoga bisa menjadi salah satu artikel yang bermanfaat bagi kalian semuanya. Dan jangan lupa kunjungi terus niatpuasa.com agar kalian bisa mendapatkan update artikel menarik lainnya.