Doa Gerhana Matahari Arab, Latin & Artinya

Doa Gerhana Matahari – Fenomena Gerhana Matahari memang menjadi salah satu fenomena yang sangat langkah di muka bumi ini. Dimana fenomena harus melalui siklus yang cukup lama. Jadi tidak semua orang bisa menyaksikan fenomena yang satu ini, khususnya untuk gerhana matahari.

Gerhana matahari juga memiliki beberapa jenis, yakni gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin. Sebelumnya kita sudah sempat menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi beberapa tahun belakangan.

Dimana gerhana tersebut dapat disaksikan di beberapa bagian wilayah yang ada di bumi kita ini. Berbicara mengenai gerhana, sebagai muslim yang taat, kita memang dianjurkan untuk melakukan sholat gerhana bulan dan gerhana matahari.

Selain itu doa gerhana matahari dan bulan tentu dapat selalu kita baca ketika terjadi fenomena yang satu ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai doa gerhana matahari lengkap dengan bacaan arab, latin dan artinya berikut ini.

Doa Gerhana Matahari Arab, Latin & Artinya

Doa Gerhana Matahari

Anjuran Dzikir Ketika Terjadi Gerhana Matahari

Anjuran dzikir ketika terjadi gerhana matahari ini dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari sebagai berikut.

ووقع في حديث ابن عباس عند سعيد بن منصور “فاذكروا الله وكبروه وسبحوه وهللوه”

Artinya : “Berdzikirlah, bertakbirlah, bertasbihlah, dan bertahlillah.”

Bacaan dzikir tersebut dapat kita baca setiap kali kita menyaksikan gerhana. Hal ini agar kita dapat selalu ingat kepada Allah SWT atas kuasa dan keagunganNya.

Doa yang Dianjurkan untuk Dibaca Berulang-ulang saat Gerhana

Sedangkan untuk bacaan gerhana matahari, ada salah satu bacaan yang dianjurkan untuk selalu dibaca berulang-ulang ketika terjadi gerhana matahari. Simak doanya berikut ini:

Baca :  Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dan Artinya

سُبْحَانَ اللَّهِ وَ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَ لاَ اِلهَ إِلاَّ اللَّهُ وَ اللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah, walhamdulillah, wa laa ilaaha illallaahu Allahu Akbar

Artinya : “Maha suci Allah. Segala puji bagi Allah. Tiada Tuhan, melainkan Allah. Allahlah Yang Maha Besar.”

Bacaan arab gerhana matahari memang dianjurkan untuk kita baca setiap kali menyaksikan gerhana, baik itu gerhana bulan ataupun gerhana matahari. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kita sebagai umat muslim yang taat, harus mengakui kebesaran Allah SWT.

Selain membaca doa gerhana matahari diatas, kalian juga dianjurkan untuk melakukan sholat gerhana. Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai doa gerhana matahari, semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua umat muslim di seluruh Indonesia.