Niat Puasa Tahun Baru Islam 1 Muharam Terlengkap

Niat Puasa Tahun Baru Islam – Salah satu bulan yang dimuliakan oleh umat islam adalah bulan Muharram atau yang dikenal juga dengan tahun baru islam. Dimana pada bulan tersebut menjadi lumbung pahala yang melimpah untuk umat islam di seluruh Dunia. Maka tidak heran jika banyak yang berlomba-lomba melakukan ibadah salah satunya puasa tahun baru islam 1 muharram ini.

Di islam terdapat beberapa bulan yang dimuliakan diantaranya bulan Muharram, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Rajab Mudhar. Buat yang ingin berpuasa di bulan Muharram ini, maka wajib untuk mengetahui niat puasa tahun baru islam ini. Dimana bacaan puasa Muharram ini gampang untuk di hafal.

Puasa tahun baru islam ini memilikia banyak khasiat yang sama seperti khasiat puasa senin kamis. Khasiat tersebut diantaranya badan menjadi sehat, rohani lebih tenang dan mendapatkan pahala yang berlimpah. Niat puasa tahun baru islam ini memang dianjurkan untuk di hafal dan diketahui oleh umat islam.

Niat puasa tahun baru Islam yang bertepatan pada bulan 1 Muharram ini memang cocok sekali di lakukan, bagi anda yang ingin mendapatkan pahala serta terhapus dosa-dosanya. Sampai pentingnya puasa tahun baru islam ini, Rasulullah memberitahukan bahwa puasa ini sangat utama dan wajib untuk dilakukan.

Niat Puasa Tahun Baru Islam dan Bacaannya

Niat Puasa Tahun Baru Islam 1 Muharam Terlengkap

Niat Puasa Tahun Baru Islam 1 Muharam Terlengkap

Niat Puasa Tahun Baru Islam Mazhab Syafi’i

” Nawaitu shouma fii yaumi aasyuuroo’ sunnatan lillaahi ta’aalaa ”

Artinya : Saya berniat puasa sunnah Asyura Sunnah karena Allah Ta’ala

Keutamaan Puasa Tahun Baru Islam

1. Puasa Paling Utama

2. Puasa Yang Diutamakan Nabi Muhammad SAW

3. Menghapus Dosa Setahun Sebelumnya

Baca :  Niat Puasa Sunnah Bulan Muharram Beserta Artinya

Kumpulan Hadist Puasa Tahun Baru Islam

1. “Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam”.(HR. Muslim)

2.Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya, “Shalat manakah yang lebih utama setelah shalat fardhu dan puasa manakah yang lebih utama setelah puasa Ramadhan?”

Beliau bersabda, “Shalat yang paling uatama setelah shalat fardhu adalah shalat di tengah malam dan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (yakni) Muharram.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Ahmad).

3. Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu ia berkata, saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memperhatikan puasa satu hari yang diutamakannya atas yang lainnya selain hari ini, hari asyura dan bulan Ramadhan. (HR. Bukhari).

4. Rasulullah ditanya tentang puasa asyura, beliau menjawab, “dapat menghapus dosa setahun sebelumnya.” (HR. Muslim).

Jika melihat dari keutamaan puasa tahun baru islam 1 Muharram diatas. Maka bisa disimpulkan bahwa puasa tahun baru islam ini sangat penting untuk dikerjakan. Ditambah lagi banyak hadist-hadist yang membicarakan seputar puasa tahun baru islam ini.

Tentunya sangat rugi jika kita tidak melakukan dan mengenal niat puasa tahun baru islam tersebut. Semoga dengan informasi yang kami beritahukan diatas, kita bisa berpuasa tahun baru islam. Karena puasa ini sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW serta melakukan puasa ini juga dapat menghapus dosa 1 tahun sebelumnya.