16 Tata Cara Sholat Hajat yang Baik dan Benar

Tata Cara Sholat Hajat – Sholat Hajat adalah salah satu sholat sunnah muakad yang memiliki banyak sekali keutamaan dan faedah bagi umat muslim. Berbicara mengenai sholat, shlat wajib 5 waktu memang yang paling utama karena merupakan tiang agama. Namun sholat sunnah juga dapat menjadi ladang ibadah kita karena kita dapat memperoleh pahala berlipat ketika kita melakukan sholat sunnah tersebut.

Sholat Hajat ini  merupakan sholat yang dilakukan ketika kita memiliki suatu keinginan atau hajat. Bagi seseorang yang melaksakana sholat ini memiliki harapana bahwa keinginannya dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Dan tentunya keinginan yang diminta tersebut sesuai dengan syariat Islam dan dipandang baik serta bukan suatu yang dilarang oleh Agama. Biasanya keinginan yang sering diminta dengan sholat Hajat adalah sukses dalam karir, jodoh, perlindungan dan sebagainya.

Ada beberapa manfaat sholat Hajat yang dapat kalian peroleh, salah satunya adalah mempermudah terkabulnya doa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, terhindar dari marabahaya dan kesulitan, meningkatkan ketaqwaan dan juga mendapatkan surga Allah SWT. Dan berbicara mengenai hadits tentang sholat Hajat, ada salah satu hadits riwayat HR. Ahmad yang artinya sebagai berikut.

“Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian salat dua rakaat (Salat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat” ( HR.Ahmad )

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai tata cara sholat Hajat yang baik dan benar yang sudah kami siapkan berikut ini.

Tata Cara Sholat Hajat yang Baik dan Benar

Tata Cara Sholat Hajat

Sebenarnya untuk tata cara sholat Hajat ini hampir tidak ada bedanya dengan sholat sunnah pada umumnya. Untuk mengawali sholat Hajat ini dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu dan kemudian diakhiri dengan salam setiap 2 rakaat. Perlu kalian ingat juga bahwa untuk melalukan sholat Hajat ini diisyaratkan agar tubuh sedang berada dalam keadaan suci, baik suci dari hadas kecil dan juga besar serta suci pakaian, tempat dari najis. Untuk tata cara sholat Hajat dapat kalian simak berikut ini.

  1. Membaca niat sholat hajat.
  2. Mengucapkan Takhbiraatul ikhram (berdiri bagi yang mampu).
  3. Membaca doa Iftitah.
  4. Membaca surat Al-Fatihah.
  5. Membaca salah satu surat dari Alquran, diutamakan untuk membaca
  6. surat Al-Karifuun 3x pada rakat pertama.
  7. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  8. I’tidal dengan tuma’ninah.
  9. Sujud dengan tuma’ninah.
  10. Duduk di antara 2 sujud dengan tuma’ninah.
  11. Sujud kedua dengan tuma’ninah.
  12. Berdiri untuk melaksanakan raka’at kedua dan membaca surat Al-Fatihah.
  13. Membaca salah satu surat dari Alquran, diutamakan untuk membaca Surat Al-Ikhlas 3x pada rakaat kedua.
  14. Ulangi langkah ke 6 hingga 10.
  15. Tahiyyat akhir dengan tuma’ninah.
  16. dan Terakhit ucapkanlah Salam.
Baca :  Niat Sholat Istisqa Beserta Tata Caranya

Nah itulah beberapa tata cara sholat Hajat yang dapat kalian ketahui. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai tata cara sholat Hajat, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua seluruh umat muslim di Indonesia.