Advertisements

11 Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa : Mudah, Cepat & Aman

Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa – Pada saat mengalami cegukan, seseorang kerap secara refleks meminum air putih untuk meredakannya sehingga tenggorokan terasa lebih nyaman. Namun, bagaimana jika cegukan dialami oleh seseorang yang sedang menjalankan ibadah berpuasa?

Sebagaimana diketahui, puasa mewajibkan seseorang sebagai umat muslim untuk menahan lapar dan haus dalam kurun waktu tertentu, yaitu kurang lebih 12 jam dalam satu hari. Selama waktu tersebut, seseorang tidak diperbolehkan untuk memasukkan benda apapun ke dalam mulut, termasuk makanan ataupun minuman.

Meskipun cegukan tidak tergolong ke dalam kondisi medis yang membahayakan, namun kemunculannya bisa sangat mengganggu aktivitas. Selain meminum air putih, ternyata masih ada beberapa cara lain yang bisa diaplikasikan untuk membantu meredakan cegukan pada saat puasa.

Advertisements

Oleh sebab itu, jika diantara kalian mengalami permasalahan tersebut pada saat berpuasa, alangkah baiknya ketahui bagaimana cara menyembuhkannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghilangkan cegukan saat puasa dengan mudah, cepat serta aman.

Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa
Advertisements

Penyebab Cegukan saat Puasa

Seperti dijelaskan di atas, cegukan merupakan kondisi karena adanya kejang atau kontraksi pada otot-otot diafragma yang terletak di bawah ulu hati serta di atas perut. Tentunya keadaan tersebut bisa saja disebabkan karena beberapa hal. Sebelum membahas cara menghilangkan cegukan saat puasa lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • Makan terlalu banyak serta terburu-buru pada saat sahur.
  • Mengonsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi saat sahur.
  • Mengalami perubahan suhu secara mendadak.
  • Pengaruh dari emosi yang meledak-ledak seperti stres, cemas hingga perasaan semangat tidak stabil.
Baca :  6 Hadits Shahih Tentang Puasa Rajab

Cara Menghilangkan Cegukan saat Puasa

Pada kebanyakan kasus, cegukan pada dasarnya dapat hilang secara sendirinya dalam beberapa menit. Di sisi lain, terdapat juga cegukan yang terjadi secara terus-menerus sehingga akan sangat mengganggu.

Hal tersebut bisa saja mendorong seseorang untuk membatalkan puasanya. Namun, tentunya HUKUM MEMBATALKAN PUASA KARENA SAKIT terkait cegukan, maka hukumnya wajib bagi seseorang untuk melanjutkan puasanya.

Kabar baiknya, cegukan sebenarnya dapat diatasi tanpa harus meminum air putih. Nah, di bawah ini sudah kami rangkum beberapa cara menghilangkan cegukan saat puasa dengan mudah, cepat dan aman tanpa menyalahi aturan agama Islam.

1. Menahan Napas

Cara Menghilangkan Cegukan Menahan Napas
Advertisements

Cara pertama untuk menghilangkan cegukan saat puasa yaitu dengan menahan napas. Caranya juga tergolong sangat mudah, karena kalian hanya perlu menahan napas dalam 10 hitungan lambat sebelum akhirnya kembali bernapas seperti biasa. Cara ini bisa dilakukan 3 sampai 4 kali setiap 20 menit selama masih cegukan.

2. Bernapas Dalam Kantong Kertas

Bernapas Dalam Kantong Kertas
Advertisements

Masih berhubungan dengan pernapasan, alternatif lainnya yaitu bernapas di dalam kantong kertas. Tata caranya yaitu hirup udara di dalam kantong kertas sampai mengempis lalu buang di dalam kantong kertas tersebut selama berulang kali dalam periode tertentu.

3. Menutup Kedua Telinga

Cara Menghilangkan Cegukan Menutup Kedua Telinga
Advertisements

Cara menghilangkan cegukan saat puasa dengan cepat selanjutnya yaitu menutup kedua telinga menggunakan jari tangan selama kurang lebih 20 hingga 30 detik. Metode ini dinilai bisa mengirimkan sinyal relaksasi melalui safar vagus yang terhubung ke diafragma sehingga cegukan dapat sembuh.

4. Tekan Hidung dan Menelan

Tekan Hidung dan Menelan
Advertisements

Melakukan gerakan sembari menekan bagian hidung juga bisa menghilangkan cegukan. Hal tersebut dapat membantu otot diafragma untuk berelaksasi sehingga kemungkinan besar cegukan akan hilang.

Baca :  Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Terbaru & Terlengkap

5. Membalik Posisi Tubuh

Membalikkan posisi tubuh dengan berbaring kemudian meletakkan kaki pada dinding juga bisa dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan cegukan saat puasa. Dengan posisi tubuh terbalik ini dapat mengatasi permasalahan cegukan kalian.

6. Tekuk Lutut dan Arahkan ke Dada

Duduk sambil memeluk lutut dan arahkan sedekat mungkin ke arah dada menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa berikutnya. Posisi ini akan membuat area diafragma tertekan sehingga udara di dalam dapat keluar. Kalian bisa melakukan gerakan ini selama minimal 2 menit.

7. Menarik Ujung Lidah

Menarik Ujung Lidah
Advertisements

Menarik lidah dapat menstimulasi saraf vagus serta meredakan kejang diafragma. Hal tersebut tentunya bisa merangsang saraf serta otot di tenggorokan sehingga mampu menghentikan cegukan.

8. Memijat Area Ulu Hati

Memijat Area Ulu Hati
Advertisements

Kemudian memijat area ulu hati juga bisa menjadi cara menghilangkan cegukan saat puasa tanpa meminum air. Pijat menggunakan ujung jari secara lembut pada daerah ulu hati selama kurang lebih 20 sampai 30 detik.

9. Memijat Bagian Belakang Leher

Memijat Bagian Belakang Leher
Advertisements

Cara berikutnya yaitu menggosok atau memijat bagian belakang leher secara perlahan. Tujuan dari pijatan ini yaitu untuk menstimulasi saraf frenikus yang diduga sebagai penyebab cegukan jangka panjang.

10. Memijat Telapak Tangan

Memijat Telapak Tangan
Advertisements

Memijat secara perlahan telapak tangan bagian bawah ibu jari yang terletak di antara jari telunjuk serta ibu jari juga dapat menjadi solusi untuk meredakan cegukan pada saat puasa. Caranya yaitu tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya.

11. Mengalihkan Fokus ke Hal Menarik

Mengalihkan Fokus ke Hal Menarik
Advertisements

Cara terakhir yaitu mengalihkan fokus pandangan pada sesuatu yang menarik seperti mencoba bermain game atau menghitung sesuatu. Meskipun terkesan seperti tidak mungkin, namun tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai upaya untuk menyembuhkan cegukan saat puasa.

Baca :  Doa Berbuka Puasa Ramadhan: Keutamaan, Bahasa Arab, Latin Terlengkap

Cara Mencegah Cegukan saat Puasa

Cara Mencegah Cegukan saat Puasa
Advertisements

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghilangkan cegukan saat puasa. Selanjutnya agar cegukan tidak terulang kembali, sebaiknya lakukan beberapa cara mencegahnya di bawah ini.

  • Makan makanan dengan jumlah lebih kecil per sajian.
  • Makan secara perlahan saat sahur.
  • Hindari memakan makanan pedas.
  • Hindari minuman berkarbonasi seperti soda.
  • Berlatih teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam ataupun meditasi guna mengurangi stres.

Jika sudah melakukan beberapa cara di atas namun cegukan masih tetap ada, saran kami sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Ketika terdapat suatu kejanggalan di dalam tenggorokan, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk mengatasinya.

Demikian penjelasan dari Niatpuasa.com seputar cara menghilangkan cegukan saat puasa dengan mudah, cepat dan aman. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan solusi bagi kalian yang mengalami cegukan pada saat puasa.

Advertisements