5 Amalan di Bulan Syawal yang Dianjurkan Rasulullah

Amalan di Bulan Syawal – Bulan Syawal menjadi bulan yang penuh berkah dan penuh hikmah bagi seluruh umat islam di manapun berada. Bulan yang bisa di artikan sebagai bulan peningkatan ini merupakan salah satu bulan yang begitu di nantikan kehadirannya.

Selain di bulan ini kita akan melaksanakan ibadah suci idul fitri setelah melaksanakan puasa ramadhan 30 hari. Tentunya ada pula beberapa amalan lain yang di sunnahkan dan di anjurkan oleh baginda Rasulullah SAW.

Setidaknya ada beberapa amalan di bulan Syawal yang bisa kita kerjakan untuk menambah pundi-pundi pahala sebagai bekal di hari akhir nanti. Apa saja itu? tentunya kalian bisa menemukan informasinya di artikel terbaru niatpuasa.com berikut ini.

Namun sebelum melangkah pada pembahasan tersebut, mungkin kalian perlu mengetahui bagaimana penamaan bulan Syawal tersebut. Yah penamaan bulan syawal sendiri di ambil dari kalimat Sya-lat Al ibil (onta itu mengangkat atau menegakan ekornya).

Amalan di Bulan Syawal yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Amalan di Bulan Syawal

Bulan Syawal sendiri dimaknai seperti itu karena di jaman dahulu orang Arab selalu menggantungkan alat perang mereka karena sudah dekat dengan bulan haram. Yakni bulan terlarang untuk berperang (Dzul Da’dah. Dzulhijjah, dan Muharram).

Seperti itulah kiranya penamaan bulan Syawal yang dulu di lakukan. Namun terpelas dari semua makna bulan syawal itu sendiri, didalam syariat islam terutama pada bulan Syawal kita sebagai umat muslim di sunnahkan untuk mengerjakan beberapa amalan seperti yang di anjurkan Rasulullah SAW.

1. Shalat Hari Raya di Lapangan

Salah satu amalah di bulan Syawal yang mungkin akan selalu dilakukan oleh setiap umat muslim adalah mengerjakan shalat idul fitri atau shalat hari raya di lapangan. Hal ini juga sudah di riwayatkan oleh Ummu Athiyah Radiallahu Anha yang mengatakan

Kami diperintahkan untuk mengajak keluar gadis yang baru baligh, gadis-gadis pingitan, dan orang-orang haid untuk menghadiri shalat idul fitri dan idul adha. (HR. Al Bukhari & Muslim)

2. Puasa Sunnah 6 Hari

Selain itu, kita sebagai umat muslim juga di sunnahkan untuk melakukan puasa sunnah 6 hari di bulan syawal. Yang dimana ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Syawal yang patut untuk kita lakukan sebagai umat muslim yang taat terhadap Allah dan Rasulullah SAW.

Barang siapa berpuasa Ramadhan dan meneruskannya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, berarti dia telah berpuasa satu tahun. (HR. Imam Muslim dan Abu Dawud). Dan masih hadits yang sama dengan perawi lain. (HR. Ibn Majah).

3. i’Tikaf

Kemudian, amalan di bulan Syawal yang berikutnya adalah i’Tikaf. Dimana dianjurkan bagi orang yang sudah terbiasa melakukan i’tikaf, namun karena satu atau lain hal dan tidka bis melaksanakan i’tikaf dibulan Ramadhan maka dianjurkan untuk melaksanakannya di bulan Syawal sebagai bentuk dari Qadla Sunnah.

Dari A’isyah, beliau menceritakan i’tikafnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian di pagi harinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat ada banyak kemah para istrinya. Beliau bertanya: Apa-apaan ini? Setelah diberi tahu, beliau bersabda kepada para istrinya: “Apakah kalian menganggap ini baik?” kemudian beliau tidak i’tikaf di bulan itu, dan beliau i’tikaf pada sepuluh hari di bulan Syawal. (HR. Al Bukhari & Muslim)

4. Akad Nikah

Selanjutnya hal yang juga perlu di amalkan di bulan Syawal adalah Akad Nikah. Hal ini mungkin sudah berlaku di beberapa wilayah di Indonesia, terutama di wilayah Jawa. Mungkin hal tersebut di lakukan dengan atas dasar amalan yang baik di bulan Syawal.

A’isyah radliallahu ‘anha mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menikahiku di bulan Syawal, dan beliau tinggal satu rumah denganku juga di bulan Syawal. Siapakah diantara istri beliau yang lebih beruntung dari pada aku.” (HR. Ahmad & Muslim).

5. Puasa Ayyamul Bidh

Selain melakukan puasa 6 hari di bulan Syawal, seperti dijelaskan di awal tadi. Kita sebagai umat islam juga di sunnahkan untuk melakukan beberapa amalan lain. Termasuk juga amalan puasa Ayyamul Bidh.

Yang dimana puasa ini juga di contohkan Rasulullah SAW dengan membiasakan selalu berpuasa  di tengah bulan tepatnya di tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

Nah itulah kiranya beberapa amalan di bulan Syawal yang mungkin perlu untuk di ketahui dan di pahami setiap umat muslim. Karena dengan waktu yang sebentar lagi akan memasuki bulan Sywal maka dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan diatas.

Baca :  Niat Puasa Syawal, Waktu, Keutamaan dan Tata Caranya