15 Jenis Amal Jariyah untuk Menyempurnakan Ibadah

Jenis Amal Jariyah – Salah satu amalan yang dapat menyempurnakan ibadah kita sebagai muslim adalah Amal Jariyah. Amal Jariyah merupakan perbuatan baik yang mendatangkan pahala bagi orang yang menjalankannya. Walaupun mereka sudah berada di akhirat sekalipun, pahala yang didapat akan terus mengalir selama orang yang masih hidup mengikuti atau memanfaatkan hasil amal perbuataannya ketika masih hidup di dunia.

Nah berbicara mengenai amal jariyah, perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa jenis kategori amalan yang dapat dimasukkan sebagai amalan jariyah. Diantaranya adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya. Selain itu juga masih ada beberapa jenis amalan lain yang dapat dimasukkan sebagai salah satu amalan jariyah.

Mengenai amalan ini, sangat besar pahala yang akan kita dapat, maka tak heran jika banyak setiap muslim yang ingin melakukannya demi menyempurnakan ibadah mereka. Pahala yang didapat juga tentu akan sangat berlipat ganda, seperti kita sebutkan diatas bahwa pahala akan tetap mengalir walaupun yang bersangkutan sudah meninggal dunia.

Untuk itu kita sebagai muslim alangkah baiknya untuk berlomba-lomba dalam mengamalkan setiap amalan yang masuk dalam kategori amal jariyah agar kelak ibadah yang kita jalankan akan menjadi sempurna. Baiklah untuk mengetahui apa saja jenis amal jariyah, mari kita simak pembahasan menarik yang telah kami siapkan berikut ini

Jenis Amal Jariyah untuk Menyempurnakan Ibadah

Jenis Amal Jariyah

Jenis Amalan Jariyah

Ilmu yang Diajarkan

Ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu yang bermanfaat yang mana diajarkan kepada orang lain dan kemudian orang lain tersebut memanfaatkannya unutk kemaslahatan hidup baik secara individu maupun bersama. Selama ilmu yang diajarkan itu dimanfaat dengan baik oleh orang lain maka selam itu pula pahal akan terus mengalir kepada yang mengajarkannya di Akhirat kelak.

Baca :  6 Amalan Malam Nisfu Syaban 2020 : Doa & Keutamaannya

Sedekah Makan dan Minuman

Jenis amal jariyah yang kedua adalah dengan menyedekahkan makanan serta minuman kepada mereka yang membutuhkan. Seperti diriwayatkan dalam HR. Muslim:

“Sebaik-baik sedekah adalah memberi air minum.”

Pahala memberi makanan kepada orang lain juga disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW yang dicatat dalam Ash-Shahihain, yakni sebagai berikut:

“Engkau beri makan dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal maupun yang tidak kamu kenal.”

Membangun Panti Asuhan

Selanjutnya adalah dengan membangun panti asuhan. Disini karena anak yatim merupakan salah satu kaum yang difirmankan oleh Allah SWT hingga 23 kali dalam Al Qur’an. Merujuk dalam hal ini, membangun panti asuhan tentu akan menjadi ladang berkah bagi siapa saja yang berhasil mewujudkan niat baik tersebut.

Terlebih lagi kita tahu bahwa anak yatim muncul di urutan kedua setelah orang sebagai golongan yang wajib kita perhatikan. Hal ini tertuang dalam Q.S. An Nissa 4:36 sebagai berikut:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, …,”

Membuat/Menggali Sumur

Amal jariyah yang berikutnya adalah dengan menggali sumur atau menyediakan sumber air bersih yang dapat dialirkan dan digunakan oleh banyak warga masyarakat. Dalam kehidupan, air merupakan salah satu yang utama, maka usahakan untuk selalu berbagi dengan mereka yang lebih membutuhkan karena nantinya amalan ini akan menjadi ladang pahala bagi yang menjalankannya.

Sedekah Jariyah

Yang dimaksud disini adalah menyedekahkan harta atau bisa juga mewakafkan harta kita untuk kepentingan yang bermanfaat bagi banyak orang. Contohnya dengan kita menyedekahkan harta untuk pembangunan masjid, sekolah, jembatan dan lain sebagainya sehingga bermanfaat untuk banyak orang.

Mendidik Anak Menjadi Anak yang Sholeh/Sholehah

Jika kalian ingin mendapatkan pahala yang mengalir tiada henti, kalian harus dapat mendidik anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Hal ini karena setiap anak yang sholeh dan sholehah tentu akan senantiasa mendoakan orang tuanya, baik semasa hidupnya ataupun ketika sudah meninggal.

Mewariskan Mushaf Al Qur’an

Dan jenis amal jariyah yang terakhir adalah dengan mewariskan Al Qur’an ke masjid atau majelis-majelis taklim, sehingga dapat terus dimanfaatkan oleh kaum muslimin yang lain.

Nah itulah beberapa jenis amalan jariyah yang dapat kalian lakukan untuk menyempurnakan ibadah kalian sebagai muslim. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai jenis mati syahid dalam Islam yang telah niatpuasa.com sampaikan dipostingan sebelumnya.